TUGAS PPKn SMP AL-FATAH

Anak-anakku kelas 8 SMP Al-Fatah yang berbahagia, semoga kalian sekeluarga tetap sehat dan optimis ketika menghadapi situasi yang berbeda dari biasanya yang disebabkan oleh penyebaran virus corona. Jangan takut dan resah, nikmati kebersamaan bersama keluarga dan ajak adik, kakak, atau orangtua untuk menyelesaikan kegiatan belajar PPKn ini bersama-sama. Sampaikan salam hormat buat orangtua dan keluarga kalian di rumah.

Berikut adalah petunjuk pengerjaan home learning untuk mata pelajaran PPKn kelas 8, yaitu:

Baca petunjuk dengan seksama
Ikuti semua petunjuk satu persatu
Tonton video yang sudah diberikan linknya dengan seksama, bila perludicatat di buku catatan untuk bahan pada waktu mengerjakan pertanyaan di googleform.
Pertanyaan berbentuk essay sehingga butuh tambahan referensi dan wawasan kalian. Ungkapkan segala ide kalian dalam jawaban sehingga menambah kualitas jawaban kalian.

Kejadian ini diawali dari merebaknya virus di kota Wuhan – Tiongkok yang ahirnya menyebar ke berbagai negara dengan jumlah korban yang terkena mencapai ratusan ribu orang. Update corona di seluruh dunia pada Senin (16/3/2020) pukul 18.42 WIB, angka infeksi Covid-19 mencapai 173.047 orang di 158 negara dan satu alat angkut internasional (kapal pesiar Diamond Princess berlabuh di Yokohama, Jepang). Angka kematian untuk pandemi Covid-19 adalah 6.664 dan pasien yang sudah dinyatakan sembuh menjadi 77.783 orang. (Sumber dari media daring https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/16/130100123/update-virus-corona-16-maret-77783-orang-di-158-negara-sembuh.)

Kondisi ini tentu memaksa para petinggi negara untuk melakukan kebijakan yang salahsatunya adalah sosialisasi kepada masyarakat berupa tata cara pencegahan dan pengobatan virus tersebut. Sebagai warga negara kita harus bersatupadu bekerjasama dalam menyelamatkan diri dan negara dari wabah yang menakutkan ini. Tidak ada permasalahan yang bisa diselesaikan tidak ada halangan yang bisa disingkirkan jika seluruh rakyat Indonesia mampu menyingkirkan ego sektoral dengan mengedepankan nilai-nilai empati, kasih sayang, tanggungjawab, rela berkorban, pantang menyerah, dan bekerja keras maka segala macam bentuk Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan (ATHG) dapat disingkirkan oleh segenap bangsa Indonesia. Merdeka!

Selanjutnya silahkan tonton video berikut mengenai upaya pencegahan virus corona.

Setelah menonton video di atas silahkan klik link berikut untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait rekaman video tersebut dalam kontek menguatkan nilai kerjasama dalam mencegah dan melawan virus corona di Indonesia tercinta.

Jika kesulitan menjawab, silahkan tonton ulang videonya dengan lebih seksama.

berikut adalah link untuk menjawab pertanyaan http://bit.ly/PPKn8AlFatah

Terimakasih, kalian sudah melaksanakan semua tahapan pembelajaran. Jaga terus kesehatan, tersenyumlah dan terus berbagi bahagia. Jangan lupa tuliskan komentarnya di bawah ya!