Dunia IKIP ku

Aku di terima di IKIP Bandung tahun 1993 jurusan PKn. Sederhana saja alasan memilih PKn, aku rada lemot untuk matematika. Bisa jadi karena cara guru mengajar atau memang kapasitas numeric saya tidak sebesar kemampuan lain dalam katagori multiple intelligence. Namun itu tak kusesali, aku menikmati bertemu orang-orang senior idealis seperti Kang Pupu (You are the best, man!!!! peace) dia slengekan tapi selalu akurat dan tajam dalam berdiskusi. Ngocol gak ada habisnya, sayangnya walau ganteng dia susah dapat pacar karena selalu dianggap bercanda jika dia serius mendekati wanita hahahaha. Ampun kang Pupu kalau baca ini maafkan adinda ;). Ada juga Cecep Darmawan dan Karim Suryadi, baru lulus calon dosen (sekarang sudah). Dua karakter berbeda, Cewan (kang Cecep biasa dipanggil) seorang organisatoris dan aktivis HMI sejati, Amazin!!! sedang kang Karim seorang kutu buku, akademisi sejati, pintar dan tampan. Sehingga banyak angkatan ’93 yang ngiler. Mau tahu siapa saja? yaitu…. rahasia ah….

Aku kost dengan anak garut yang ganteng dan percaya diri, agak minder lho saat itu. Mungkin kepercayaan diriku tidak seperti sekarang. Namanya Yuyus Kardiman atau biasa dipanggil Yus. Seorang visioner, ambisius dan kadang-kadang gokil juga setelah terpengaruh oleh obrolan seorang Sopyan 🙂 narsis nih. Ibu kost ku cukup baik, apalagi si teteh yang ramah dan mau ngerti jika ada temen2 datang dan bikin keributan dengan teriakan dan candaan. Sekarang Yuyus sudah punya momongan dua dan menikah dengan gadis idamannya dengan penuh perjuangan hahahahaha… unforgettable moment waktu sepakat ngerjain pacarnya…. hihihihi.

Ada Aum orang Sukabumi, Aleisa, Rizka, dan Mima yang begitu akrab di awal masuk. Tak lupa ada orang Sumedang yang bernama Prayoga (pak Idrus bilang Gajah Mada, Pak Suwarma bilang urang sunda beungeut Batak hahaha). Yoga, pejuang sejati yang ambisius dan pantang menyerah…

It’s unforgetable moment, bayangkan aku bisa begadang dengan gank cowok yang berjumlah 13 demi menonton liga champion atau liga inggris dan Italia. Rela bolos demi main bola dengan alasan, jangan sampai kuliah mengganggu main bolaku hehehe. Gini-gini penjaga gawang yang hebat dan berani akrobatik, sayangnya selalu kebobolan oleh bola-bola ringan huahahahaha.

Ingin tahu gimana kisah ajaib menjelang KKN (Kisah Kasih Nyata 🙂 ) saat itu ada diskusi di perpustakaan untuk tugas mata kuliah. Karena serunya debat dan adu argumen sehingga temenku menangis, maafin ya Ros… 😦 tapi selalu ada blessing indisguish. Aku malu dan nyesel bikin orang lain nangis, ketika Tuti berkata “Nyesel kan bikin orang nangis?”. Sontak ego dalam otak muncul, “Enggak tuh, orang lagi ngelihatin cewek cantik  ;)”. Eh Tuti (thanks God, I have a great friend like her). Tuti langsung nyolot, “itu kan temen SD ku!”. Nah, penasaran deh trus kutanya namanya. Tuti dengan polosnya berkata… “Juwita”.

Sekarang jadi anak dua, dan berkelana di negeri bogor dan depok tercinta.

sudah ah….ntar banyak rahasia negara terbongkar hehehe 🙂

Salam kangen buat sahabat, dimanapun kalian berada. You are the best and we have a great moment!!!

Responses

  1. Salam Kenal Kang! Ti Abdi Eriawan KS, pernah kuliah di jurusan yang sama dengan akang di UPI dulu mah IKIP ya , saya angkatan 99 angkatan IKIP terakhir sebelum berubah jadi UPI. mohon ijin kang untuk membaca dan menyebarkan ide – ide yang ada di Blog ini. wass

    • Ni eri yang KKN di wanasari bukan ya??

      • Rika, ini Sopyan hehehehe

  2. Salam kenal oge Eriawan, temen akang Pak Prayoga Bestari. Jika Eriawan ingin menyebarkan ini silahkan, mau manggil saya untuk sharing langsung juga ayoo. Kebetulan nih saya lagi seneng sharing… apalagi ke PPKn nan hehehe. Keep in touch ya, salam ka Pak Yoga kalau ketemu.

  3. Gitu dong ceritain temen kuliah, masa cuman temen sma sama kerjaan yang diceritain. Tapi masih ada yang kurang tuh…keluarganya mana?
    Wah, jangan cerita masa lalu atuh…dendamku kambuh nih! Kalian memang pada norrraaaak…ngerjain orang gak tanggung-tanggung. Tapi kalo gak gitu gak akan jadi anak dua ya…
    Lagi bikin blog juga nih, tapi gak di wordpress habis katanya rumit. Doain seminggu sudah publis ya…lagi ngumpulin bahan-bahannya sama nyiapin mental rahasia pribadi dibaca orang.

  4. ya sekarang kan the real world… dulu ya suka-suka alias having fun :). tapi cerita itu belum tamat… ntar tunggu edisi selanjutnya ya

  5. Ass Wr Wb.
    Semoga keberkahan Allah swt menyertai adinda sofyan dan keluarga. Kapan kuliah lagi s2 nya? skalian aktifkan alumni UPI (IKA UPI, Ketua Teten Masduki). Saya wakil ketuanya. Kalo ingin tahu seperti apa saya perjuangan saya sekarang, ketik “cecep darmawan” seperti itu di Google.

    Wass Wr Wb.
    Mantan Ketua HIma Civics Hukum
    Cewan

  6. Subhanalloh, berkah blog bisa silaturahim dengan orang-orang hebat. Swear kang I am so amazing and couldn’t believe that the favorite one come and see my blog. Just like the dream come true. Kuliah S-2? I have a plan but my budget is not enough yet kang. Saya lagi ngejar beasiswa ka Australia kalau ada rejeki mah.

    Tulisannya cukup banyak kang, kenapa tidak di comfile ke Blog, bila perlu dijadikan buku. Bisa jadi buku pengantar politik Indonesia. You are the best lah kang.

    Salam ka Dosen PKn

  7. Wah…wah asyik nih ada komunikasi antara alumni PKN, dosen and mahasiswa.
    Ikut nimbrung nih..

    Salam ka Pak Cecep, Pak Karim and Pak Syaefullah.

    he..he…

  8. katanya mau ada edisi lain, mana nih? ditunggu ya! mau bagi-badi resep ke adik tingkat cara dapetin cewe jurusan lain,ya?! Katanya minder tapi PD gitu, ada yang mau lagi. He..he…

  9. Sabar teh, lagi dikejar deadline euy… maklumlah kan kita harus usaha demi sesuap nasi uduk dan segenggam berlian. Atau seperti pepatah, sambil menyelam minum coca cola hehehe.

    Eh dia tuh pemalu banget awalnya… tapi jadi PD abis ngalahin temennya. tahu tuh, kejedot pintu kali ya… 🙂 but anyway he is my best friend… Nah yang saya aneh kenapa ada yang mau ya? heran saya juga

    Edisi selanjutnya cocok juga ya mencari pacar di jurusan lain hahahaha, kebetulan ngalamin nih. Atau bagaimana kalau buat workshop tips mencari pacar di jurusan lain.

    Siap gak jadi EO nya?

  10. Capeee..deh! bener-bener workshopman sejati…apa-apa di workshop-in!

  11. 😉 namanya juga usaha atuh Ceu!!! hehehehe maklum serasa reuni… jadi Sundanya kambuh lagi. Jadi inget masa muda hahahaha..

  12. btw..ketemu istri jadinya dimana? apa yang namanya Juwita itu?heheh..
    saya mah ya sama temen sekelas, se lab juga dan se penanggungan (sama prihatinnya Hahah). Berarti saya senior 1 taun dong?..saya masuk ITB th 92, dan sama juga punya geng dBodor, dari yang susah mandi, males nyatet, lupa trus bawa duit, sampe yang tukang nundutan dikelas, eitss lupa yang tukang ngeceng juga ada HEheh…(tp suami saya nggak masuk kriteria yg terakhir ini hehe)

  13. Ok…biar dikit infonya mengenai asal usul keluarga lumayan nambah!
    Salut….salut…atas usahanya berbagi ilmu. Teruskan perjuanganmu, nak!
    Eh…sudah pada baca Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Edensor belum? Bagus banget tuh…buat mereka yang butuh motivasi, atau guru yang banyak ngeluh atau yang lagi cari tauladan…aduh…rasanya jatuh cinta deh sama Ikal, sayang keburu punya anak dua. He…he…pokoknya direkomendasikan pisan buat dibaca.
    Wah…tuh Photo disensor dong! Ntar tulisan di depan yang bagus-bagus jadi mubazir!
    Wassalam…

  14. ketemunya ya disitu, selanjutnya berproses di KKN hehehe (kisah kasih nyata…. 😉 ya begitulah tanda keagungan Alloh. hehehehe

  15. Nepangkeun, abdi oge sami alumni ti PKn. kawit ti Cirebon.

  16. hatur nuhun, dupi Mohamad Alwi angkatan tahun sabaraha? Ayeuna ngajar dimana?

  17. halo Oyan. maaf diriku tamelar. katanya mu posting someting ke email ku
    salam buat “juwita”-nya

  18. ass. Kang soyan kmaha damang? nepangkeun abdi alumni angkatan 97 nu pamegetna mung tilu-tiluna….

  19. waalaikum salam Santi…
    Duh… asa wararaas abdimah. Gening guru PKn teh jarago tur akrab sareng internet. Kumaha mun urang bikin program cyber teaching for Civics Educaton… Asyik sapertosnamah…

    Tos gaduh putra? beberapa bulan lalu abdi tepang sareng Muni di Sukabumi.

    Salam ka si Aa plus putra atuh…

  20. wah ide yg bagus kang.alhamdulilah nembe gdh hiji tp insyaalloh ayeuna bklgaduh nukadua.muhun muni saurna ngajar di man islam cendikia…

  21. ass.kang santi perlu tulisan-tulisan akang yang pasti cukup dahsyat….minta dikirim ke tielize@yahoo.co.id.nuhun sateuacana

  22. angkatan 2001. ayeuna ngawulang di Ganesha Operation, di GO seueur alumni PKN, ti angkatan 1995 dugi 2003, jadi upami kumpul membahas PKn teh asa nuju Mumas atau LDKM, seru !

  23. Asyik nih jadi reuni… kalau boleh kita harus maju jangan merasa nyaman dengan keadaan. kenyamanan di GO akan jadi bumerang buat kita untuk maju. Hati-hati ya :), keep fighting and looking for the opportunity. Now you are employer and later on you will be gonna the owner. Is it possible? Salam ke Kang Yuyus ya

  24. muhun kang, insya allah saya tetap mengembangkan diri untuk mencapai hal yang lebih baik. Hatur nuhun

  25. sssssttt…yuyus gak ngajar di GO lagi sudah satu semester ini, yuyus males karena di suruh ngajar sosiologi, kebetulan di GO SMP-SMA tidak ada lagi Pkn. Alasannya tidak di UN-kan dan di SPMB pun menghilang.

  26. salam kenal

    http://www.vandha.co.cc
    or
    http://www.goodank.co.cc

  27. Salam kenal kembali Vanda, maaf tinggal atau bekerja dimana?

  28. Pasti banyak kisah yang ga bisa diceritain, tapi sekilas IKIP memang memberi pola yang kuat pada step kang Pian selanjutnya, SD SMP SMA kang Pian kan full di Cianjur, jadi khasanah benturan sitem nilai hidup mulai vulgar dan otonom di Bandung.

    Pasti ada sebuah spirit besar yang mungkin belum tepat kang Pian sampein, tapi saya yakin itulah energi yang selalu mendorong kang Pian untuk melakukan pencapaian demi pencapaian.

    Sesuatu yang tersembunyi itu sebenarnya yang ane pengen tau…

    Goodluck sohib

    Tedy Ruchiyat

  29. betul, di GO tuk SMP dan SMA sudah gak ada PKn, makanya kita ngajarnya PKn SD. Kordinator PKn dipegang oleh Teh Yelsi (95), dan alhamdulillah kita alumni PKn dipercaya memimpin di beberapa bagian GO, Dedi (2001) jadi Kepala Unit Buah Batu, dan saya juga Kordinator SD di Karawang. Mohon doanya aja kita pengen lanjutin S2….supaya bisa lebih berkembang lagi.

  30. Wah salam deh sama Yelsi, masih inget gak ya dia? Hahaha, Sukses deh… tapi kalau mau ikut seminar tanggal 31 di Jakarta daftar ya…. pengumumannya ada di blog lhoo

  31. Nuhun kang buat inspirasinya dan semoga blog ini bisa jadi obat kangen ke temen-temen lama CH ikip/upi Bdg yang sudah betebaran di seluruh penjuru negeri.

  32. Kang Sopyan Hadi kalau tak salah angkatan 89 ya? Wah saya inget karena namanya sama. Ngajar di mana Kang? Saya kangen nih! Kapan ya ada reunian anak2 alumni CH. sepertinya seru deh, tgl 21 Maret 2008 kemarin angkatan 93 kumpul juga dan wah gak berenti deh ngobrolnya 😉

  33. Maaf kang, saya sofian hadi angk. 2000, ternyata ada juga beberapa kesamaan nama sofian alumni CH yach. Saya dari Cirebon satu daerah sama mas alwi’01 sekarang ngabdi di sman9 cirebon. semoga medium ini dapat terus menjadi panyambung tali silaturahmi & FORKOM alumni CH IKIP/UPI bdg.

  34. O salah ya, ada temen seangkatan juga (angkatan 93) Namanya Kang Taryaman. Kalau gak salah di Gegesik atau Palimanan lupa tuh. Kalau ketemu salam dari Orang Cianjur, sekarang kerja di bogor dengan Guntur dan Roro gitu ya… kalau boleh saya minta no telpon kirim ke email saya : cecep_sopy@yahoo.com diantos ya. Salam buat teman-teman HMCH lain. Mereka boleh cari resource di sini.

  35. Pak Sopyan rupanya jurusan PKn juga di IKIP ya Pak,,,,Kebetulan saya dulu juga jurusan PMP-KN di IKIP Jakarta. Saya masuk tahun 86 lulus tahun 1991.

    Pak Sopyan ngajar di mana?

    http://ali2000.itgo.com

  36. Kang sopyan sudah lama ga ngirim komen di sini, mudah-mudahan Kang sopyan selalu sehat dan terus memberikan pencerahan buat saya selaku guru muda yang mencoba untuk mengajar dengan hati, meskipun saya tidak diakui oleh pemerintah sebagai seorang guru (non Pns). tapi saya ingin memberikan sebuah pencerahan bagi generasi bangsa(Eriawan Kamil Sanusi, Spd), alumni Pkn angkatan 1999

  37. Eri, Kesuksesan seseorang tidak diukur oleh pns atau tidak… Kita bisa berkarya dimanapun dan tidak perlu menuntut pengakuan. Lakukan yang terbaik dan biarkan dunia melihat. Jangan lupa sedikit narsis dan berkolaborasi dengan media. Ingat, Thomas Alfa Edison, Soekarno, Rendra, Munir, dan semua pejuang tidak meminta pengakuan. Tapi mereka menunjukkan dengan prestasi.

    Halah… jadi menggurui pak guru….

    Tetap semangat atuh… contak saya kalau ada apa-apa. Kita bisa share…

  38. wah-wah…Assalamualaikum kang,,,muni mah meni asa kesepaian di sukabumi teh, seueur katinggaleun zaman…bagi-bagi infonya…nuhun

  39. kang, ayeuan alhamdulillah saya katampi cpns guru pkn smp di kab.brebes perbatasan dg cirebon. sigana butuh bahan-bahan, janten abdi nuhunkeun izin ngedownload tulisan akang-nya. di GO oge ngawulang keneh, pkn SD. alhamdulillah, seuer rerencangan pkn di GO nu katampi cpns nu desember kamari.
    di brebes, kebanyakan lulusan UNNES, jadi saya membuktikan bahwa lulusan UPI adalah lulusan terbaik dan masih semangat untuk mengembangkan diri, melanjutkan studi lagi.

  40. salamm kenal kang. saya achmad jurusan PKN angkatan 2002 lulus tahun 2007. ayeuna nuju ngalanjutkeun studi di Program Pascasarjana UNPAD
    Bandung. Ngambil konsentrasi ADMINISTRASI, Maunya ke Hubungan Internasional. Supaya bisa jadi DIPLOMAT atau paling tidak kerja di Departmen Luar Negeri….Gaya-kan bisa ngangkat nama baik UPI

  41. Iraha ka bandung ath kang….
    salam kenal madroji suud

  42. Salam kenal kang, abdi dikdik ti pkn angkatan 2001, neraskeun ka prodi pkn taun 2006 alhamdulillah tos rengse….
    ayeuna masih ngiring2ka pa dasim di UPI
    mudah-mudahan tiasa teras silaturahmi.
    ku abdi blogna dijantenkeun tautan nya….

  43. salam kenal ….abdi Deutsch 91…senebg ketemu anak IKIP Bandung….walau cuma di blog…..

  44. Ass.
    Kumaha damang? Masih di cianjur? sekarang ker di mana nech? Apa activitasnya? lama gak ketemu asa tambah kasep wae..
    Nuhun Pisan ah tiasa tepang .

    Wass,

    Yogi Sugiri
    Penjual Buku

  45. Waalaikum salam, Pangesto Pak Yogi… sekarang kerja di SMPN 3 Bogor… waduh… gimana ya, 😉 bikin kembung nih atas pujiannya….
    ayeun area bisnisna dimana?

  46. Ass.
    Sukur jang tos senangmah (katingali gendut), kumaha ayeuna sehat? Mun aya Dadang cianjur titip salam nya! yan ari guntur tasikna di mana? Kumaha kabita ajakan kang Cecep? saya mah milih S cudo moal S2.

    Bilih lali (tim voly cihuk nu baheula rada jaya)
    Wass.

  47. […] kacida bungahna ningali adik tingkat, kamari kabeneran muka blog Sopyan ’93 pasti nu lainna oge sarua harade meureun, inyana mani sakitu ulet tur parigel dina ngalaksanakeun […]

  48. Salam kenal kang..

    bisa tau nomor kontak akang??

  49. oo…gitu ceritanya ketemu istri teh…mudah2an langgeng ya…amiin.btw kirain anaknya dah banyak heheh…,SUKSES SLALU!!!

  50. ass…

    ikutan ya pak…saya PKn 2008…
    you are ispiring me a lot…

  51. aswrb.nepangkeun kang abdi elis angkatan 2006, nuju milarian lowongan pengajar sekolah tinggi/PT tras nu kabuka gening blogna akang ternyata subahanallah…. ternyarta lis menemukan para senior2 CH..salam hormat abdi kasadyana senior almuni PKn…kang..pm aya info pengjar PT/ST sekitar bandungnya…margi hyong pisan ngamalkeun ilmu kekengingan kaleresan milari PT/ST teh padah nju S2 sareng panginten waktor\s na teu patos terikat margi tos gaduh baby n family mah gening 24 jam terasa tak cukup…haturnuhun sateuacana…

    • Bu Elis, alhamdulillaah… tiasa silaturahim. Mudah-mudahan atuh niat Bu Elis kesampaian. Cobian atuh kontak Pak Yuyus geura. Anjeuna di UNJ. Dupi ayeuna ngajar dimana?


Leave a comment