Posted by: sopyanmk | 06/01/2015

MENJELAJAH INDONESIA (BAB IV KELAS 8)


Seperti apakah Indonesia menurut peserta didik?

Banggakah menjadi Indonesia?

Inilah opini-opini mereka tentang Indonesia, selamat menikmati!


Responses

  1. Menurut saya indonesia adalah negara yang luas,budayanya yang ragam, indonesia adalah negara yang kaya dengan flora dan fauna, flora itu adalah tumbuhan dan fauna itu hewan, indonesia memiliki 34 provinsi, lambang merah pada bendera indonesia adalah berani dan lambang putih pada bendera indonesia adalah suci, indonesia memiliki beberapa pulau antara lain: pulau sumatra, pulau jawa, pulau kalimantan , pulau sulawesi dan pulau papua, mayoritas penduduk indonesia adalah umat muslim, namun banyak juga agama lain diantaranya adalah kristen protestan,kristen katolik, hindu dan buddha ada juga agama konghuchu, ada banyak hal negatif dari indonesia yaitu: korupsi, orang – orang di indonesia rata rata pemalas, indonesia memiliki banyak sekali tarian salah satunya adalah tari kecak, tari kecak berasal dari bali,mayoritas di bali adalah umat hindu, indonesia pun memiliki banyak upacara adat salah satunya upacara ngaben, upacara ngaben dilaksanakan oleh umat hindu, upacara ngaben adalah upacara pembakaran mayat.

    Jagger 8D

    • Menurut saya,keanekaragaman budaya di indonesia dari Sabang sampai Meruke merupakan aset yang tidak ternilai haganya, sehingga harus tetap dipertahankan dan terus dilestarikan. Tetapi sayangnya, sebagai anak bangsa masih banyak yang tidak mengetahui ragam budaya daerah lain di indonesia, salah satuny bdaya tato di Mentawai, Sumatera Barat, tindik tanda kedewasaan dan masih banyak kebudayaan lain yang belum tereksplorasi.
      Banyak penyuka traveling ke berbagai daerah di Indonesia, khususnya yang rasa ingin tahunya cukup tinggi terhadap beragam budaya, tidak ada salahnya mampir ke Mentawai untuk melihat dari dekat budaya tato yang sudah menjadi kebudayaan masyarakat setempat, selain menikmati sajian pesona alam dan juga lautnya.

      Syifa Kamila Anisa D – 8E

  2. Menurut saya Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau, nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Jika dilihat dari sisi positif Indonesia kaya akan hasil laut Tetapi jika dilihat dari sisi negative Rawan terjadi bencana alam,Dapat membuat transportasi antar daerah menjadi susah disebabkan keadaan laut (jika gelombang tinggi atau angin kuat).
    Novie Fitriani Ishak
    VIII – D

  3. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah suatu negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. Indonesia juga memiliki beberapa suku bangsa. setiap suku pasti memiliki ciri khas kebudayaan tertentu sesuai dengan latar belakang daerah tersebut. Keberagaman budaya Indonesia adalah anugerah tuhan yang harus selalu kita lestarikan. Dengan keberagaman budaya inilah, hidup kita akan selalu menjadi indah. Tetapi keberagaman budaya itu akan hilang apabila antara suku, ras, dan agama di indonesia tidak bersatu dan tidak toleran. Persatuan dan sikap toleran akan membawa keberagaman bangsa menjadi lebih baik. Setiap suku pasti mempunyai adat dan keberagaman budaya masing-masing. Tetapi sayangnya, tidak sedikit orang yang telah meninggalkan adat – adat dari daerah asal mereka.
    Putri Alia N – 8D

  4. menurut saya indonesia itu hebat. hanya saja banyak sekali orang yang menghiraukan itu semua. keberagaman budaya di indonesia sangat amat banyak. selalu rukun dan gotong royong satu sama lain bisa membuat suatu persatuan di negara ini. selain itu sikap toleran antara suku, ras, dan agama pun menjadi sesuatu yang penting di negara ini. saya sangat bangga saat anak – anak penerus bangsa berhasil membuat sesuatu yang tidak terkira. saya yakin indonesia bisa menjadi negeri yang maju. tetapi sayangnya, masih ada yang tidak bisa memanfaatkan alam semesta ini dengan baik. seperti tawuran. seharusnya kita sebagai anak penerus bangsa harus bisa lebih memajukan indonesia. lagipula tawuran tidak ada manfaatnya. kita bisa menghabiskan waktu ini dengan yang lebih bermanfaat. contohnya belajar lebih giat dan sungguh – sungguh. dengan begitu kita bisa membawa indonesia menjadi lebih maju dan lebih baik lagi di masa yang akan datang

    M. Fajri Dj – 8D

  5. Negara indonesia:beribukota di Jakarta,anggota dari ASEAN,Indonesia adalah negara republik,lagu kebangsaannya adalah indonesia raya,Indonesia terkenal akan hasil rempah rempah dan pertanian,Indonesia juga termasuk sebagai negara kepulauan,sebagian besar wilayah di Indonesia adalah lautan,berada diantara 2 benua dan 2 samudera,Indonesia memiliki banyak situs wisata,Indonesia dikenal sebagai zamrud khatulistiwa.beberapa orang Indonesia pada saat ini bersikap kasar,tidak peduli,hanya memikirkan diri sendiri,senang merusak alam dan tidak mematuhi aturan,tapi ada juga beberapa rakyat Indonesia yang ramah dan peduli satu sama lain.agama mayoritas di Indonesia adalah muslim,Indonesia sangat terbuka bagi para wisatawan asing,Indonesia terkenal akan kain batiknya yang indah,masakan tradisionalnya,keindahan alamnya,juga keseniannya.indonesia memiliki iklim trops dan tanahnyapun subur
    Deira Nizahabila
    8D

  6. Menurut saya indonesia itu, merupakan negara kesatuan yang memiliki keanekaragaman budaya. Negara indonesia memiliki banyak suku, bahasa, adat, dan agama. Seperti suku sunda, suku jawa, suku betawi, dan masih banyak lagi. Dan bahasa, seperti bahasa sunda, jawa, padang, papua, dan yang lainnya. Di semua suku tadi dan yang lainnya, mereka mempunyai adat yang berbeda-beda dan mempunyai ciri khas tersendiri. Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang indah dan melimpah. Dan juga memiliki flora dan fauna yang beragam. Tetapi sayang, masih saja banyak orang yang merusak alam dan tidak perduli akan lingkungan. Dan masih banyak juga orang yang memburu dan memperjual belikan fauna yang dilindungi, dan terancam punah populasinya. Oleh karena itu kita harus menjaga lingkungan kita, agar tidak dirusak oleh manusia yang tidak bertanggung jawab.

    Rahmawati, 8D

  7. Menurut saya : Negara Indonesia merupakan potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. Saya sangat bangga dan bersyukur menjadi warga negara Indonesia. Tidak hanya memiliki budaya yang bervariasi Indonesia juga memiliki keberagaman norma dan adat ( kebiasaan ) di nusantara merupakan anugerah yang tak terhingga sebagai kekayaan Indonesia. Melihat banyaknya keberagaman yang kita miliki, kita harus menjaga kebersamaan antara suku bangsa, ras dan agama di Indonesia, dan memiliki sikap yang toleran. Jika sikap itu tidak ada atau tidak terpupuk dalam hidup masyarakat Indonesia, maka keberagaman Indonesia akan hilang dan punah begitu saja. Sangat banyak sekali dampak positif lainnya yang disebabkan oleh kekayaan Indonesia. Karena negara Indonesia merupakan negara tropis banyak sekali warga yang bermalas – malasan dikarenakan tidak ada tantangan yang terlalu berat untuk bekerja, sebab itu di negara Indonesia banyak sekali orang yang pengangguran atau tidak memiliki pekerjaan. Itu pendapat saya mengenai negara Indonesia, mohon maaf jika ada kesalahan. Terimakasih !

  8. Menurut saya negara republik indonesia adalah potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. Bangsa indonesia mempunyai bermacam-macam suku bangsa. Tetapi masyarakatnya masih belum perduli dengan budaya nya sendiri karna terpengaruh arus globalisasi, sehingga masyarakatnya masih menggunakan produk dari luar, dan masih menghiraukan produk dalam negeri. Sebenarnya bangsa indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti rempah-rempahnya yang tidak ada di luar negeri. Tetapi pemerintah di indonesia masih kurang sekali memperhatikanya banyak sekali di plosokan yang tidak terurus, sangat disayangkan sekali padahal bangsa indonesia mempunyai beraneka ragam budaya dan sumber daya alam ,nya saya berharap masyarakat indonesia lebih mencintai budaya nya sendiri.

  9. Indonesia menurut saya adalah sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang sangat bervariasi… Saya sangat bangga menjadi warga negara indonesia.. Indonesia adalah wilayah yang sangat luas.. Indonesia memiliki 5 pulau besar yaitu jawa, sumatra, kalimantan, sulawesi, papua.. Dan juga beribu pulau lainnya. Indonesia terdiri dari 34 provinsi.. Di indonesia juga terdapat berbagai agama yaitu islam, kristen, hindu, budha, konghucu.. Indonesia juga memiliki beragam suku dan ras..indonesia kaya akan flora dan fauna nya..
    Sisi negativ dari indonesia adalah masyarakatnya yang kadang tidak menghargai perbedaan, masyarakat yang memburu flora dan fauna langka.. Masyarakat yang tidak bisa menjaga lingkungannya sehingga terjadi bencana seperti banjir…
    Sebagai warga negara indonesia kita harus menjaga dan melindungi negara indonesia.

  10. Menurut saya, Indonesia adalah negara yang cukup luas dan sangat indah. Terdiri dari 33 provinsi yang sekarang menjadi 34 provinsi yang di dalamnya masih banyak sekali ras dan suku. Negara yang memiliki bahasa daerah yang sangat banyak dan cukup rumit ini juga memiliki laut, pantai, gunung, sungai, hutan, dan sumber daya alam yang sangat indah dan berlimpah. Tetapi semua itu sudah tidak berlimpah dan seindah dulu karna warga dan pengurus yang curang dan tidak bertanggung jawab. Rakyat yang kurang aktif, egois, keras kepala, dan selalu mementingkan diri sendiri ini masih sangat banyak kita jumpai disekitar kita ataupun tidak usah jauh-jauh kita sendiri pun pasti seperti itu. Tetapi pasti ada banyak juga yang aktif dan tidak mementingkan diri sendiri. Penduduknya yang sangat banyak sampai masuk urutan ke empat, Indonesia 253.609.643 jiwa.
    Jumlah Penduduk Indonesia yang tinggi bisa menjadi keuntungan karena tersedianya banyak tenaga kerja tetapi bisa menjadi bumerang jika tidak diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia yang tinggi. Tetapi Rakyatnya Indonesia masih sangat kurang pengetahuan. Demikian Indonesia menurut saya.
    Dewi Aulia, 8D.

  11. “Indonesia”
    Indonesia adalah negara kesatuan republik. Indonesia memiliki keragaman budaya yang bervariasi. Dinegara Indonesia ada bermacam-macam agama, ras, dan suku bangsa yang berbeda. Setiap suku bangsa memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Dengan keberagaman itu hidup bangsa Indonesia menjadi indah. Keberagaman Indonesia akan hilang jika masyarakat Indonesia tidak lagi bersatu dan saling toleran. Negara Indonesia juga adalah negara hukum. Norma dan adat dinusantara merupakan anugerah yang sangat berharga sebagai kekayaan bangsa Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan flora dan faunanya. Tempat wisata membuat wisatawan asing berdatangan untuk melihat tempat yang indah ini. Indonesia merupakan negara kesatuan, tapi terkadang masyarakat Indonesia membuat pecah kesatuan ini, banyak yang tidak toleran dan hanya memikirkan diri sendiri.
    “Ratu Alfitha Y.S.P. 8-D”

  12. Indonesia negara kaya, subur, nan makmur. Memiliki beribu pulau dan keaneka ragam budaya. Terdiri dari ratusan suku, bangsa, ras, dan agama , dan terdiri juga ratusan sejarah. Keanekaragaman merupakan anugrah yang membuat tanah air menjadi indah. Berbagai gunung, laut, hutan, sungai, sawah ada disini, di indonesia. Norma dan adat yang selalu ditonjolkan. Hewan langka nisa jadi penghuninya, tanaman langja juga bisa jadi penghiasnya. Tanah subur yang selalu kita pijak. Tapi sayangnya belum ada toleransi antar umat yang baik. Indonesia juga belum bisa memanfaatkan kekayaan alam nya, dan membangun daerah nya. Belum memiliki rasa persatuan keaatuan yang kuat. Masih banyak pemimpin yang belum bisa jujur dan amanah, dan juga belum bisa peduli dan sadar akan penduduk,kebersihan,dan pelestarian. Semoga kita bisa menjadi pembangun masa depan!!! . Syahla Nuramirah H.P 8D

  13. Menurut saya,Indonesia itu merupakan negara kepulauan dengaan pulau-pulaunya yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke.Indonesia juga kaya akan flora dan fauna.Tetapi,ada saja orang yang tidak mensyukuri kekayaan tersebut,seperti memburu hewan untuk diambil kulitnya,gadingnya,dll.Indonesia memiliki banyak gunung berapi.Indonesia dikenal sebagai negara agraris.Hal ini karena Indonesia mempunyai lahan yang sangat subur.Mayoritas orang yang tinggal di Indonesia beragama islam.Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan kebudayaannya.Maka,kita harus selalu menjaga dan melestarikan kebudayaan tersebut.Banyak pulau-pulau dan tempat wisata di Indonesia.Padatnya penduduk di Indonesia mengakibatkan banyaknya pengangguran,tindakan kriminalitas,dll.Sering terjadinya banjir di Indonesia,sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia yang masih suka membuang sampah tidak pada tempatnya.Padahal,hal itu sama saja dengan merusak lingkungan sendiri.Iklim tropis menyebabkan penduduk Indonesia dapat melakukan kegiatan jual beli sepanjang tahun.

    Devi Apriani
    8D

  14. Menurut saya, Negara Kesatuan Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. Bangsa Indonesia mempunyai bermacam-macam suku bangsa, dan setiap suku bangsa mempunyai ciri-ciri kebudayaannya sendiri sesuai dengan latar belakangnya masing-masing. Tiap daerah memiliki corak dan budaya masing-masing yang menjadi ciri khas masyarakat tersebut. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai bentuk kegiatan sehari-hari, misalnya upacara ritual, bentuk rumah, pakaian adat, bahasa, kesenian, dan tradisi lainnya. Contohnya adalah pemakaman daerah Toraja, mayat tidak dikubur dalam tanah tetapi diletakkan dalam goa. Di daerah Bali, mayat dibakar (ngaben). Pada umumnya, kebudayaan daerah merupakan budaya asli dan telah lama ada serta diwariskan terun-temurun kepada generasi berikutnya. Selain memiliki keragaman budaya, Indonesia juga kaya dengan hasil sumber daya alam,.contohnya batu bara dan kelapa sawit. (Salsabila Khairunisa, 8-D)

  15. Menurut saya : Negara kesatuan republik indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. Bangsa indonesia mempunyai bermacam-macam suku bangsa, dan setiap suku bangsa memiliki berbagai kerajinan. Tetapi ada juga hal posotif dan hal negatif.
    Hal positif : -banyak sumber daya alam
    -banyak rempah-rempah yang berlimpah.
    Hal negatif : banyak yang menggunakan produk luar.
    Hasil bumi di indonesia itu sangat bermanfaat bagi manusia, akan tetap sayang nya orang indonesia tidah menjaganya dengan baik, sumber daya alamnya sangat berlimpah sekali seperti minyak bumi dan rempah-rempahnya. Suku yg ada di indonesia sangat banyak sekali membuat kerajinan yang bermanfaat bagi rakyat indonesia.

  16. Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut saya adalah merupakan potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. Bangsa Indonesia mempunyai bermacam macam suku bangsa dan disetiap suku bangsanya mempunyai ciri kebudayaannya sendiri , Indonesia memiliki 34 provinsi dan beribu-ribu pulau. Indonesia memiliki beraneka ragam flora dan fauna. Keberagaman norma dan adat di nusantara juga merupakan anugrah yang tak terhingga sebagai kekayaan bangsa Indonesia. Negara indonesia juga kaya akan sumber daya alam. Indonesia memiliki corak dan budaya masing-masing di setiap daerahnya yang menjadi ciri khas masyarakat tersebut. Indonesia juga terdiri dari berbagai macam agama seperti; agama islam, agama kristen, agama katholik, agama hindu dan agama budha dan antara agama agama tersebut saling menghormati satu sama lain sehingga tetap terjalin persatuan dan kesatuan. Indonesia juga memiliki pulau wisata yang sudah mancanegara seperti; pulau dewata bali yang banyak dikunjungi oleh negara negara asing. Bali memiliki tradisi yang terkenal seperti upacara ngaben dimana jika seseorang meninggal mayatnya tidak dikubur dalam tanah tetapi dibakar. Itulah Indonesia yang memiliki beragam budaya, pulau-pulau, agama, tetapi dengan keragaman dan perbedaan tersebut Indonesia tetap satu menjadi satu persatuan Indonesia. Indonesia tetaplah jaya.

    Siti Ayu Sekarwangi G (VIII-D)

  17. Assallammualikum pa sopyan

    Menurut saya indonesia bagus dan kaya dengan flora&fauna ,, tapi sangat di sayangkan flora&fauna di indonesia sudah berkurang akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab !! ,, selain itu para pelajar di indonesia lebih mempedulikan tauran dibandingkan belajar ,,seharusnya mereka berfikir jika mereka tauran terus bagaimana masa depan bangsa ini !!! Selain itu indonesia jga memiliki sejarah,pulau dan provinsi ,, semoga generasi muda indonesia bisa membangun indonesia lebih bagus,maju dan makmur ,,

    Hanya itu saja comment dri saya maaf bila ada kata2 yang tidak enak di baca

    Assallammualaikum wr.wb.

    BAGAS NUR USMAN (8-D)

  18. Menurut saya indonesia itu : negara beribu pulau, beribu kebudayaan, beribu bahasa daerah, beribu adat, dan memiliki banyak jenis flora dan fauna. Di kelilingi laut, memiliki banyak gunung. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan dan petani. Memiliki 4-5 kepercayaan agama, mayoritas penduduk indonesia beragama muslim. Kebanyakan masyarakat yang ada di kota sudah terpengaruh oleh bangsa barat. Indonesia saat ini memiliki banyak kendaraan yang menyebabkan polusi udara, banyak masyarakaat indonesia yang suka membuang sampah sembarang, indonesia saat ini sedang dalam proses penghijauan tetapi masih ada saja masyarakat yang menebang pohon tanpa bertanggung jawab. Diampit oleh 2 samudra dan 2 benua yaitu samudra pasifik dan hindia, benua asia dan australia. Indonesia memiliki banyak hasil tambang contoh nya: batu bara, emas dan perak. Indonesia saat ini masih banyak masyarakaat yang kurang mampu yang dibantu dengan bpjs atau kartu sehat. Indonesia adalah negara hukum dan negara Republik. Indonesia memiliki lagu kebangsaan yang berjudul Indonesia Raya. Indonesia termasuk negara ASEAN. Candi borobudur yang ada dimagelang termasuk kedalam 7 keajaiban dunia. Banyak tempat wisata di Indonesia yang terkenal sampai luar negeri contohnya: danau toba di sumatra dan pantai kuta di bali.

  19. INDONESIA

    Indonesia merupakan negara yang berbentuk kesatuan republik.Yang memiliki keragaman budaya yang lengkap.Indonesia juga merupakan negara kepulauan,Bangsa Indonesia mempunyai bermacam-macam suku bangsa,dan setiap dengan latar belakang masing-masing.Keberagaman bangsa Indonesia merupakan anugerah,dengan keberagaman maka membuat hidup bangsa Indonesia menjadi indah.Masyarakat Indonesia mayoritas beragama islam,Indonesia juga kaya akan agama,bahasa,dan budaya.Di Indonesia juga banyak sekali satwa yang terancam punah,seperti:Harimau Sumatera,Badak Jawa,Komodo,dll.Curah hujan di Indonesia cukup tinggi,Indonesia di apit oleh 2 benua dan 2 samudera yaitu benua Asia dan Australia,samudera Hindia dan Pasifik,serta di lalui oleh jalur khatulistiwa.Ibu Kota Negara Indonesia adalah DKI Jakarta.

    Ryan Ardiyansyah(8-D)

  20. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. Dan bangsa Indonesia mempunyai bermacam-macam suku bangsa, dan dari suku bangsa itu memiliki kebudayaan yang berasal dari latar belakang suku itu sendiri. Dan dengan keberagamannya itu bangsa Indonesia menjadi lebih indah. Negara Indonesia juga disebut dengan negara hukum. Jadi semuanya beraturan dengan hukum yang telah dibuat. Dan para wisatawan sering mengunjungi Indonesia karena Indonesia memiliki tempat atau wilayah yang sangat indah, dan tidak kalah oleh tempat-tempat yang ada di luar negeri. Indonesia juga memiliki flora dan fauna yang sangat banyak. indonesia juga disebut negara demokrasi.

  21. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, indonesia memiliki berbagai macam suku bangsa yang berbeda-beda dari sabang sampai merauke. Indonesia memiliki banyak bahasa daerah dari 34 provinsi yang berbeda-beda. Indonesia juga memiliki ribuan pulau yang terletak di sepenjuru Indonesia. Indonesia kaya akan sumber daya alam juga berka tanahnya yang subur. Karena termasuk wilayah tropis banyak tanaman yang dapat tumbuh dengan subur disini. Kekayaan akan budaya juga terkenal dari indonesia, dan hal tersebut harusu terus dikembangkan agar negara kita semakin maju. Namun indahnya keberagaman bangsa Indonesia akan hilang apabila kita para bangsa Indonesia tidak bersatu untuk mengembangkan dan menjaga budaya bangsa. -Maudy 8D-

  22. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak kebudayaan dan berbagai macam suku. Maysarakat indonesia memproduksi bahan-bahan makanan, rumah, pakaian dll dengan sangat baik. Tapi bukan berarti indonesia itu negara yang terbaik dari negara-negara yang lain, indonesia merupakan negara yang bermasyarakat pantang menyerah dan pekerja keras, tetapi mereka menjadi malas karena hasil kerjanya di monopoli dengan pejabat-pejabat tinggi yang tidak benar, orang yang memonopoli uang hasil kerja masyarakat indonesia telah membuat pekerja menjadi bermalasan karena tenaga yang dikeluarkan untuk bekerja tidak sebanding dengan hasil yang telah tercapai.. Budaya indonesia juga sudah hampir punah karena banyak budaya-budaya asing yang telah masuk ke indonesia. Indonesia telah menjadi tak teratur karena berawal dari hal-hal kecil yang telah ditetapkan oleh pemerintah tetapi tetap saja dilanggar oleh masyarakatnya, hal kecil seperti dilarang membuang sampah sembarangan, dll.. dengan rakyat yang disiplin indonesia akan menjadi lebih baik dan lebih teratur.

  23. Menurut saya,indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alamnya,tetapi yang belum bisa mengolahnya dengan dengan sendiri dan dengan benar.Sebenarnya indonesia itu adalah negara yang sangat kaya dengan sumber daya alamnya,terutama pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Indonesia juga adalah negara maritim,karena sebagian besar negara indonesia adalah perairan dan juga negara agraris.Indonesia sebagai negara agraris karena sebagian warga indonesia bekerja sebagai petani.Politik di Indonesia masih sangat berantakan seperti salah satu contohnya dan masih jadi masalah hingga sekarang yaitu KORUPSI. Banyak rakyat indonesia menderita hanya karena pemerintahan indonesia banyak yang korupsi. Semoga suatu saat nanti indonesia menjadi negara yang MAJU dan MAKMUR.#yovita ardiana8B

  24. Indonesia itu adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki budaya yang banyak dan tersebar di berbagai pulau.dan juga kekayaan alam yang melimpah.tetapi saya menyesali karena sebagian aset berharga milik indonesia telah diambil alih oleh negara lain.dan pemerintah kita kurang respect dalam masalah ini,malah terkesan lelet.di indonesia juga ada beberapa masalah yang kurang diperhatikan,seperti masalah sosial berupa penduduk yang kurang mendapatkan kesejahteraan terutama penduduk di daerah terpencil,seperti papua.mereka tertinggal dalam segala bidang (contoh:pendidikan).Dan kehidupan disana lebih mahal karena ada beberapa kesulitan,seperti letak yang jauh dan sulit di jangkau.Harapan saya semoga masalah yang ada di indonesia bisa diatasi oleh pemerintah jokowi dan kawan kawan.kalau bukan kita siapa lagi,kalau bukan sekarang kapan lagi.

    Hajrian 8B

  25. menurut saya indonesia negara yang beragam dari khas,ras,agama,suku,dan budaya. contoh dari budaya banyak tarian daerah,tetapi dibalik semua itu ada kejelekannya juga seperti banyaknya anak muda yang lebih memilih barang impor,juga barang trend dan kegiatan yang menyenangkan yang lebih populer seperti banyak nya tarian tradisional tapi lebih banyak yang memilih modern dance yang lebih populer dan juga tidak adanya keiginan anak muda yang ingin melestarikan (meskipun ada hanya ada beberapa anak saja) kebudayaan nya sendiri malah lebih untuk memakai gadget,smartphone,dan barang canggih lainnya.gadget memang barang yang penting dan bagus, tetapi jika kita menggunakannya berlebihan itu akan membuat kita lupa diri tentang hal yang lebih menyenangkan dari kegiatan yang bersangkutpaut dengan budaya yang lebih menyenangkan dari pada gadget atau barang canggih di jaman globalisasi mungkin karena anak muda sekarang masih belum mengeti dengan kebudayaan dan negaranya sendiri

  26. Presepsi/pendapat tentang Indonesia:
    Menurut saya, Indonesia masih sangat kekurangan (minim) dalam hal ekonomi, karena masih banyak masyarakat indonesia yang terlantar, mengalami kemiskinan karena kurangnya ekonomi dan perhatian dari pemerintah. Dalam hal politik, di Indonesia masih banyak kasus korupsi, contohnya para pejabat di indonesia masih ada yang memakai uang negara yang berlebihan dan akibatnya membuat masalah ekonomi bermunculan kembali, dan itu merupakan perilaku yang sangat merugikan banyak orang. Tetapi, Indonesia juga kaya akan sumber daya alam, dan termasuk negara maritim karena sebagian besar wilayah indonesia merupakan wilayah perairan serta Indonesia juga merupakan negara agraris yang sebagian rakyatnya bermata pencaharian sebagai petani. Saya berharap suatu saat nanti, Indonesia dapat menjadi negara yang maju dan sejahtera tidak ada lagi kasus kasus yang merugikan masyarakat indonesia. Sekian dari saya, wassalamualaikum dan terimakasih.
    Rosa Peronika 8B

  27. Indonesia adalah negara yang kaya raya akan budaya karena indonesia memiliki 33 provinsi dan setiap provinsi itu memiliki budaya yang berbeda, selain itu Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang berlimpah tetapi indonesia belum bisa memanfaatkan sumber daya tersebut, karena masih ada banyak perusahaan di indonesia yang dimiliki oleh oleh bangsa asing misalnya dibidang pertambangab dll.
    Di Indonesia juga terdapat berbagai macam binatang, tapi sayangnya binatang burung cendrawasih jumlahnya semakin berkurang dan hampir punah, karena banyak orang yang memburu burung itu karena kecantikan, keindahan dan juga karena harganya sangat mahal.
    Selain itu didalam politik indonesia juga sering terjadi korupsi sehingga rakyat indonesia menjadi menderita.

    Rudi 8-A

  28. Menjelajah Masyarakat Indonesia
    Negara kesatuan Republik Indonesia merupakan potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi . Indonesia juga mempunyai keberagaman norma dan adat (kebiasaan) contoh adat istiadat
    -suku toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara sulawesi selatan Indonesia. Di wilayah Tana Toraja juga di gelar “Tondok Lili’na Lapongan Bulan Tana Matari’ollo” , arti harfiahnya, “Negeri yang bulat seperti bulan dan matahari”. Wilayah ini dihuni oleh satu etnis (Etnis Toraja).
    -Ngaben >Pembakaran jenazah di Bali
    Ngaben adalah upacara pembakaran mayat ,khususnya oleh mereka yang beragama Hindu
    -Suku dayak
    sejak abad ke17, suku dayak di kalimantan mengenal tradisi penandaan tubuh melalui tindik di daun telinga.
    Jadi ,dapat di simpulkan kebudayaan adalah pikiran, karya, teknologi dan rangkaian tindakan suatu kelompok masyarakat.

  29. Menurut pendapat saya, Indonesia adalah negara politik yang sangat aneh. Yang terkenlnya dengan KORUPSI. Banyak polit politikus Indonesia yang banyak melakukan korupsi tersebu. Hingga sampai saat ini masalah korupsi masih belum bisa diatasi dengan baik. Seolah olah Indonesia dijadikan mainan mereka yang melakukan koruptor. Maka dari itu Indonesia tidak bisa maju dan tertinggal oleh negara negara yang tadinya berada dibawah kita. Dulu memang Indonesia sangatlah banyak akan Sumber daya alamnya. Tapi dari hari ke hari para koruptorpun akhirnya dapat merampasnya. Akibatnya atau imbasnya ke rakyat yang saat ini menderita terus meneru. Mudah mudahan dimasa yang akan datang kata “KORUPSI” dapat dihapus dari negara Indonesia. Sehingga Indonesia menjadi negara yang dapat berkembang terus menerus.

    Fakhri Andika 8a

  30. Ass.
    Saya akan memberikan presepsi/pendapat saya tentang indonesia dari segi ekonomi,transportasi dan pendidikan.
    Ekonomi: Kita tahu bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang kaya akan SDA dan SDM nya.Indonesia dari segi ekonomi menurut saya harus ada yang diperbaiki contohnya pasar, pasar yang baik dimulai dari kebersihannya, pasar di indonesia masih banyak yang kotor, seandainya kita lihat pasar di indonesia itu rapi kita akan nyaman untuk membeli/menjual dipasar, kemanan nya pun perlu dijaga agar tidak terjadi kebakaran contohnya seperti pasar klewer.Sumber Daya Manusia nya pun perlu dilatih lagi agar memberikan pelayanan sebaik baiknya.
    2. Indonesia harus mengoptimalkan sumber daya alam nya, dan mengurangi kebutuhan impor dari luar negeriuntungnya pak jokowi sudah memberikan gagasannya untuk swasembada pangan seperti garam,gula,ikan dll dalam waktu 5 tahun kedepan.
    -Transportasi: Kita tahu Indonesia memiliki banyak penduduk hingga ratusan juta sehingga terjadinya macet dimana mana, menurut saya kendaraan umum perlu diperbanyak contohnya dijakarta kebersihannya dan keamanannya pun perlu dijaga agar nyaman, larangan motor di jakarta dibeberapa tempat ternyata efektif mengurangi kemacetan.
    -Pendidikan: Pendidikan di indonesia pun perlu ditingkatkan agar menjadi modal dasar pembangunan di Indonesia, sarana dan prasarana di sekolah pun perlu ditingkatkan. Sekian pendapat dari saya tentang indonesia dari segi ekonomi,transportasi dan pendidikan semoga kedepannya indonesia menjadi bangsa yang maju amin.

    Andrian Ramon Wirakusuma

  31. Ass.
    Saya akan memberikan presepsi/pendapat saya tentang indonesia dari segi ekonomi,transportasi dan pendidikan.
    Ekonomi: Kita tahu bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang kaya akan SDA dan SDM nya.Indonesia dari segi ekonomi menurut saya harus ada yang diperbaiki contohnya pasar, pasar yang baik dimulai dari kebersihannya, pasar di indonesia masih banyak yang kotor, seandainya kita lihat pasar di indonesia itu rapi kita akan nyaman untuk membeli/menjual dipasar, kemanan nya pun perlu dijaga agar tidak terjadi kebakaran contohnya seperti pasar klewer.Sumber Daya Manusia nya pun perlu dilatih lagi agar memberikan pelayanan sebaik baiknya.
    2. Indonesia harus mengoptimalkan sumber daya alam nya, dan mengurangi kebutuhan impor dari luar negeriuntungnya pak jokowi sudah memberikan gagasannya untuk swasembada pangan seperti garam,gula,ikan dll dalam waktu 5 tahun kedepan.
    -Transportasi: Kita tahu Indonesia memiliki banyak penduduk hingga ratusan juta sehingga terjadinya macet dimana mana, menurut saya kendaraan umum perlu diperbanyak contohnya dijakarta kebersihannya dan keamanannya pun perlu dijaga agar nyaman, larangan motor di jakarta dibeberapa tempat ternyata efektif mengurangi kemacetan.
    -Pendidikan: Pendidikan di indonesia pun perlu ditingkatkan agar menjadi modal dasar pembangunan di Indonesia, sarana dan prasarana di sekolah pun perlu ditingkatkan. Sekian pendapat dari saya tentang indonesia dari segi ekonomi,transportasi dan pendidikan semoga kedepannya indonesia menjadi bangsa yang maju amin.

    Andrian Ramon Wirakusuma 8b

  32. Persepsi Indonesia Menurut saya negara Indonesia adalah negara yg indah ,nyaman,dan sejuk ,Indonesia juga mempunyai pulau pulau yg indah diantaranya adalah pulau Bali ,pulau Lombok ,pulau seribu itu adalah pulau pulau yg indah selain pulaunya yang indah Indonesia juga mempunyai pantai pantai yg indah diantaranya adalah pantai kute,pantai pelabuhan ratu,pantai parang tritis dan Indonesia mempunyai keanekaragaman suku yg berbeda ada suku Toraja,suku Bugis ,suku Dayak ,suku Tengger dan Indonesia dijuluki sebagai negara yg penuh akan rempah rempah dan senjata tradisional di Indonesia pun bermacam macam ada keris ,kujang,mandau,cerulit,golok,dan Indonesia dijuluki sebagai negara api karena ada banyak Gunung yg masih aktif. Zhabi montella kelas 8-a

  33. Menurut saya Indonesia adalah negara yang indah, negara yang kaya akan keberagaman budaya,suku,adat,agama,dan bahasa tetapi disamping itu ada satu masalah yang ada di indonesia yaitu kurangnya mempunyai rasa kebersamaan antar masyarakat. Padahal itu penting untuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia, terbukti dari banyaknya tawuran atau bentrok antar suku, seharusnya mereka saling menghargai satu sama lain, dari situ terlihat bahwa masih banyak masyarakat indonesia yang kurang peduli akan pentingnya kebersamaan itu, jika terus seperti ini maka indahnya keberagaman bangsa indonesia akan hilang apabila diantara suku bangsa,ras dan agama di Indonesia tidak bersatu dan tidak toleran dengan kata lain Indonesia tidak mempunyai yang namanya Persatuan dan Kesatuan.

    Kebersamaan itu Indah

    Yusar I.R
    8-A

  34. Saya akan memberikan pendapat tentang Indonesia.
    Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan limpahan sumber daya alamnya oleh karena itu kita harus memanfaatkan sebaik mungkin, tapi sayangnya masih banyak yang merusaknya menurut saya ini perlu diawasi agar tidak terjadi kerusakan alam, contohnya menebang pohon sembarangan seharusnya dilakukan dengan tebang pilih dan melakukan reboisasi hutan gundul dan perlu diawasi di daerah perbatasan contohnya di laut arafura banyak terjadi illegal fishing untungnya sudah diatasi oleh pemerintah untuk melakukan patroli keamanan laut, daerah perbatasan pun harus diberikan fasilitas agar masyarakat tidak berpindah ke negara tetangga, pendidikan di daerah terpencil pun perlu diperbaiki contohnya dipapua sekolahnya banyak dibuat dari bambu, sarana dan prasarana nya pun harus diperbaiki, jalan jalan didaerah terpencil pun harus diperbaiki seperti jalan rusak,jembatan dll.Sumber Daya Manusianya pun harus dilatih lagi agar dapat memberikan pelayanan sebaik mungkin, semoga kedepannya indonesia maju.

    Aditya Mandala P 8b

  35. PREPOSISI TENTANG INDONESIA
    Indonesia adalah negara maritim yang 2/3 wilayahnya adalah lautan.Dengan wilayah laut yang begitu besar indonesia mempunyai tanggung jawab yang sangat besar untuk menjaga laut ini apalagi laut yang ada didekat perbatasan negara tetangga indonesia,mereka dengan seenaknya bisa mengambil kekayaan alam laut di indonesia.Dengan sangat berlimpah nya sumber daya negara kita sewajibnya kita juga harus menjaganya dari penangkap ikan ilegal yang dilakukan oleh nelayan negara lain.Selama ini negara kita telah dirugikan sebanyak 100 Triliyun per tahun karena ilegal fishing.Tetapi sekaraang dengan pemerintahan baru yang mewajibkan untuk membakar perahu/kapal yang menangkap ikan secara ilegal.Kita juga tahu pulau di perbatasan juga sedikit demi sedikit sudah diambil oleh negara tetangga yaitu Singapore dan Malaysia,ini disebabkan juga karena pemerintah Indonesia juga lalai tentang pulau pulau perbatasan.Masyarakat disana pun lebih senang tinggal di malaysia karena hidup nya terjamin,mereka pun juga bekerja disana karena lebih baanyak penghasilan yang didapat kannya.Bahkan pulau yang masih di NKRI,malaysia dilaporkan hendak membangun mercusuar di perairan tanjung datuk,Kecamatan paloh,Kabupaten Sambas,perbatasan Kalbar.Apalagi negara indonesia dan malaysia belum ada kesepakatan tentang patok wilayah perbatasan.Masyarakat disana pun bertansaksaksi dengan dua mata uang yaitu mata uang negara indonesia yaitu rupiah dan mata uang malaysia yaitu ringgit.Kita masih lemah dalam pertahanan nasional dan kurangnya rasa persatuan dan kesatuan .Dan menurut saya ekonomi di indonesia masih sangat lemah ini adalah faktor masyarakat di perbatasan lebih baik bekerja di luar negri/di negara tetangga terdekat karena disana masih banyak lahan yang bisa ditanami ,pemerintah harus bertindak dan harus mempedulikan dalam segi ekonomi contoh memperbanyak lapangan pekerja dan menyediakan lahan yang subur agar bisa ditanami.Dan kita tahu negara ini sudah merdeka tetapi menurut saya negara kita belum merdeka dalam bidang ekonomi,buktinya negara kita selalu menjual saham/aset negara kepada pihak swasta atau luar negri dan negara kita selalu di tipu oleh janji manis pihak luar negri yang akan membagi rata keuntungan dengan negara.Tetapi buktinya negara kita hanya bisa merugi karena menjual aset nya ke pihak swasta.Per ekonomian negara kita lebih banyak dikuasai oleh pihak luar negri.Padahal kita mempunyai sumber daya alam yang sangat berlimpah,kita tinggal memanfaatkan nya dengan baik.Negara ini pula masih banyaak yang masyarakatnya hidup tidak layak atau miskin karena mereka tidak dapat perhatian dari pemerintah contoh nya kurang nya lapangan pekerjaan.Tetapi pemerintah sudah membantu dengan subsidi tetapi, subsidi ini mungkin disalah gunakan oleh masyarakat yang masih mampu dalam ekonomi.Pendidikan pula pemerintah sudah membantu dengan sangat baik.Pemerintah sudah meng gratis kan biaya pendidikan SD sampai SMP,jadi kita tidak bisa hanya menyalah kan pemerintah kita harus sadar bahwa masyarakatnya juga harus lebih berusaha untuk hidup dengan layak dan kita juga harus lebih kreatif.Negara Indonesia seharusnya sudah lebih maju dari sekarang,tetapi karena banyak nya pejabat yang sudah melupakan tugas nya sebagai pelayan masyarakat.Contoh nya sekarang korupsi korupsi merajalela di indonesi pejabat pejabat negara ini lebih mementingkan urusan pribadinya daripada untuk kepentingan masyarakat.Apapun di negri ini bisa di korupsi contoh transportasi umum misal kan busway.Busway Transjakarta yang digunakan oleh jakarta,selama ini impor dari china yg ternyata barang itu bekas.Dan satu lagi yaitu proyek gedung olah raga hambalang yang di korupsi oleh MENPORA nya sendiri . Saya punya pesan untuk indonesia yaitu indonesia harus mempunyai solusi untuk menghadapi masalah ini,kita harus bersatu tidak seperti DPR yang bisanya ribut seperti anak TK.Semoga di bawah pemerintahan yang baru ini indonesia bisa menjadi negara yang lebih maju SOPYAN 8B

  36. Aldina novitasari 8-A.
    menurut saya indonesia itu sangat banyak budaya-budaya,suku,dan bangsa,alangkah baiknya budaya itu tidak boleh sampai punah,seharusnya kita melestarikannya sampai kapan pun juga.indonesia pun sqngat unik sekqli dengan budayanya dan adatistiadatnya dan sangat terampil,dan dari budayanya itu dapat sangat menarik bagi suku bangsa yang lain.
    karna kebudayaan itu yang sangat unik.dan ada juga bencana-bencana di indonesia seharusnya kita bisa peduli danbersikap empati pada yang merasakannya,dan begitu juga kita harus menghargai budaya-budaya bangsa dan kita harus menjaganya agar tidak punah,dan misalnya seperti tradisi dihjg bali,mereka mengadakan upacara seperti ngaben dan sampai sekarang pun masih terjaga dengan baik,karna di bali tradisi itu memang harus di pakai upacara adat di bali.
    di indonesia pun banyak sekali perkebunan tehnya dan sampai sekarang pun perkebunan teh itu masih di lestarikan

    • Aldina novitasari 8-A.
      menurut saya indonesia itu sangat banyak budaya-budayanya,suku,dan bangsa alangkah baiknya budaya itu tidak boleh sampai punah,seharusnya kita melestarikannya sampai kapan pun juga.indonesia pun sangat unik sekali dengan budaya dan adatistiadatnya dan sangat terampil,dan dari budayanya itu dapat sangat menarik bagi suku yang lain.
      karena kebudayaanya itu yang sangat unik.dan ada juaga bencana-bencana di indonesia seharusnya kita bisa peduli dan bersikap empati pada yang merasakannya,dan begitu juga kita harus menghargai budaya-budaya bangsa,dan kita harus menjaganya agar tidak punah,dan misalnya seperti tradisi di bali,mereka mengadakan upacara seperti ngaben dan smpai sekarang pun masih terjaga dengan baik,karna di bali tradisi itu memang harus dik
      pakai upacara adat di bali.
      Di indonesia pun banyak sekali perkebunan tehnya dan sampai sekarang pun perkebunan teh itu masih di lestarikan.dan sebagai budaya kita alangkah baiknya oleh kita di kembangkan lagi agar menjadi lebih maju lagi dan di lestarikannya lagi.

  37. Menurut saya, Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudera. Indonesia sebagai negara maritim karena sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Indonesia memiliki beragan satwa yang indah namun sering kali diburu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Indonesia juga memiliki tanah yang subur sehingga mudah ditanami tanaman yang beragam seperti: rempah- rempah, sayur-mayur, buah-buahan, dll. Sebenarnya Indonesia itu adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alam, akan tetapi banyak oknum yang mengeksploitasinya berlebihan. Tidak hanya sumber daya alam Indonesia juga memiliki sumber daya manusia yang juga banyak. Akan tetapi masih banyak saja masyarakat indonesia yang menganggur. Akibatnya banyak terdapat daerah kumuh, angka kriminalitas yang cukup tinggi, dll. Walaupun masih banyak kekurangan tetapi Saya tetap bangga dengan negara saya, negara Indonesia.
    From: Rayhan abi 8B

  38. Menurut saya Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan yang melimpah ruah tapi kenapa perekonomian perkapita pendududuk masih rendah , jawabannya pengelolaan kekayaan alam indonesia terlalu tergantung pada luar negeri dan seharusnya pemerintah indonesia berani mengelola kekayaan alamnya sendiri dan memperbaiki cara kelola dan Pemanfaatannya.Contoh yang terdekat adalah PT Freeport, PT Freeport menggerut banyak emas di papua, tapi penduduk dipapua sangat hidup kekurangan karena di sana harga bahan pokok sangat mahal dan bahkan Indonesia hanya mendapatkan 2,5% dari hasip freeport dan sisanya untuk luar negeri,bagaimana rakyat Indonesia mau hidup senang?kalau kekayaan alamnya banyak di curi luar negeri ,yuk pemerintah indonesia mulailah kita kelola kekayaan alam kita sendiri agar penduduk indonesia lebih makmur dan sejahtera dan 1 lagi untuk pemerintah indonesia kita jaga dan rawat kekayaan SDA kita untuk anak cucu kita nanti.

    Riky M 8b

  39. Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak pulau,beribu-ribu pulau ada di Indonesia,kekayaan alam yang berlimpah,ekonomi yang bermacam-macam,budaya yang beragam,tempat wisata yang indah,politik yang bermacam-macam,pemerintahan yang sudat tertata.Nah,itulah Indonesia. Kekurangan dan kelebihan Indonesia pun ada. Indonesia negara yang mempunyai banyak pulau. Ada 5 pulau besar di Indonesia.Jawa,Kalimantan,Sulawesi,Sumatera,Papua,itulah 5 pulau besar di Indonesia. Selain itu banyak juga pulau kecil yang tersebar di wilayah Indonesia. Dengan banyaknya pulau di Indonesia sampai banyak juga pulau yang tidak terurus di Indoensia,terutama pulau-pulau kecil. Jumlah pulau yang banyak menjadi sedikit karena banyak yang tidak terurus. Sebaiknya pemerintah tidak hanya sering memantau pulau besar saja tapi juga sering memantau pulau-pulau kecil agar tidak ada pulau yang terbuang begitu saja.
    dalam hal budaya.Menurut saya Indonesia punya banyak sekali budaya yang unik,suku yang unik. Tak kalah unik dari budaya negara asing. Misalnya Indonesia punya tariak-tarian yang begitu memukau dan sangat indah di berbagai suku atau daerah,seperti tari jaipong dari jawa barat,tari piring,tari saman dan masih banyak lagi. Sebenarnya sudah banyak tarian yang sudah diperlihatkan ke negara lain seperti tari saman. Sampai-sampai banyak warga negara lain yang ingin mempelajari tarian tersebut.Sungguh hebat. Tapi sayangnya warga Indoensia sendiri jarang yang ingin mempelajari budaya tari Indonesia. Padahal tarian-tarian daerah itulah yang dapat membuat warga Indoensia bangga terhadap negara nya sendiri karena memiliki budaya yang indah. Itu salah satu contoh dari kebudayaan.
    Dalam hal ekonomi dan sosial. Menurut saya ekonomi di Indoneisa itu kurang tertata. Masih banyak orang yang kekurangan kebutuhan hidup,banyak orang yang menganggur. Tapi banyak juga orang yang sudah tercukupi kebutuhannya. Untuk orang-orang yang masih pengangguran semestinya pemerintah memberikan atau memperbanyak lapangan kerja. Tapi sebenarnya tidak hanya pemerintah saja yang harus menyediakan lapangan kerja. Namun pola berfikir masyarakat Indoensia juga harus luas. Dengan keadaan yang tidak memiliki pekerjaan dapat membuat sesuatu yang dapat dijual,bisa membuka usaha kecil-kecilan,bisa saja dari usaha kecil-kecilan itu bisa berkembang menjadi besar. Tapi untuk menjadi maju dan sukses itu pasti harus melewati masa sulit,makanya itu tdiak boleh menyerah.Kekurangan masayarakat Indonesia itu juga gampang menyerah,makanya itu banyak orang yang pengangguran.
    Menurut saya itulah pendapat tentang Indoensia.Semoga pendapat saya tentang Indoensia dapat menginspirasi rakyat Indonesia. Terimakasih.

    Alsya Alifia Nurmayanti
    Kelas : VIII- B

  40. Menurut saya negara Indonesia adalah negara yang memiliki kepulauan yang banyak dan mempunyai bermacam-macam suku bangsa dan mempunyai kebudayaan tersendiri.Serta negara Indonesia itu kaya akan hasil Sumber Daya Alam dan kaya akan hasil rempah-rempahnya.Negara Indonesia adalah negara yang beriklim tropis dan keuntungan dari iklim tropis itu penduduk Indonesia bisa bekerja sepanjang tahun.Indonesia mempunyai adat istiadat yang asli,sehingga mempunyai banyak suku,yaitu:suku Toraja,suku Dayak,suku Bugis dan suku lainnya.Indahnya keberagaman bangsa Indonesia akan hilang apabila diantara suku bangsa,ras dan agama di Indonesia tidak lagi bersatu dan tidak toleran.

    Tiara Septiana D
    VIII-B

    • Menurut saya negara Indonesia adalah negara yang memiliki kepulauan yang banyak dan mempunyai bermacam-macam suku bangsa dan mempunyai kebudayaan tersendiri.Serta negara Indonesia itu kaya akan hasil Sumber Daya Alam (SDA) dan kaya akan hasil rempah-rempahnya.Negara Indonesia adalah negara yang beriklim tropis dan keuntungan dari iklim tropis itu penduduk Indonesia bisa bekerja sepanjang tahun.Indonesia mempunyai adat istiadat yang asli,sehingga mempunyai banyak suku,yaitu:suku Toraja,suku Dayak,suku Bugis dan Indonesia mempunyai banyak suku lainnya.Indahnya keberagaman bangsa Indonesia akan hilang apabila diantara suku bangsa,ras dan agama di Indonesia tidak lagi bersatu dan tidak toleran.

      Tiara Septiana D
      VIII-B

  41. menurut saya indonesia itu adalah negara yang kaya akan alam nya yang mempunyai beragam suku bangsa , agama, ras. dan bahasa daerah . dan juga memiliki banyak sumber daya alam yang dapat di manfaatkan oleh masyarakat indonesia namun sayang pemerintah kurang baik dalam mengelola sumber daya alam tersebut . indonesia juga mempunyai banyak pulau beribu pulau ada di indonesia . dalam bidang teknologi menurut saya teknologi di indonesia sudah berkembang pesat.dan berkembang nya teknologi di indonesia membuat masyarakat indonesia lebih memilih hal yg mudah di kerjakan contohnya saja seorang pelajar kebanyakan pelajar indonesia lebih memilih komputer untuk memudahkan nya mengerjakan tugas dari sekolah. dalam bidang hukum menurut saya indonesia kurang tegas dalam memberikan hukuman kepada tersangka. contoh nya begini. seorang yang korupsi di beri hukuman cuman 2-15 tahun penjara sedangkan seorang anak yang mencuri singkong untuk makan saja di beri hukuman nya lebih berat dari seorang korupsi yaitu 10-20 tahun penjara. seharusnya hukum di indonesia itu harus adil. kan di situ tercantum dalam pancasila “KEADILAN SOSIAL BAGI RAKYAT INDONESIA” berarti kan harus adil. dan menurut saya orang yg korupsi itu harus di hukum lebih berat dri seorang pencuri seperti anak itu. pendapat saya orang yg korupsi harus di hukum sampe 30-40 tahun penjara atau seumur hidup dan kalau bisa sih hukum mati saja seperti di negara lain

    Shahih Gulam M.
    8B
    SMPN 3 BOGOR

  42. Menurut saya Indonesia adalah Negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam, budaya, juga masyarakatnya yang ramah-tamah. Disini banyak hal-hal yang menarik contohnya tari jaipong dari suku sunda , masakan rendang dari Padang, monument nasional atau MONAS di Jakarta, atau keindahan pantai di Rajaampat Papua. Jika disebutkan satu persatu kekayaan dan keberagaman Bangsa & Negara Indonesia saya fikir tidak akan cukup untuk menuliskannya.

    Saya sangat bangga karena selain ini tanah kelahiran saya, Negara ini juga mempunyai banyak keragaman budaya yang jika saya berkesempatan pergi keluar negeri akan banyak hal yang dapat saya ceritakan dengan bangga kepada bangsa diluar sana bahwa Indonesia Negara saya ini adalah Negara yang kaya akan budaya, kuliner, dan tempat-tempat indah seperti Bali yang sudah tidak asing lagi di mata dunia.

  43. Menurut saya indonesia adalah negara yang indah , contoh yang indah yaitu budayanya , lingkungannya dan lain lain. Bangsa Indonesia mempunyai bermacam – macam suku bangsa juga dan setiap suku mempunyai ciri – ciri kebudayaannya sendiri dengan latar belakang masing – masing. Indahnya keberagaman bangsa Indonesia akan menghilang apabila terjadi perusuhan diantara suku bangsa, ras , dan agama. Oleh karena itu Indonesia akan terpecahkan persatuannya. Dampak negatifnya di Indonesia adalah banyaknya sumber bencana alam , di antaranya banyaknya gunung berapi. Oleh karena gunung berapi itu banyak polusi udara, tetapi lahar dari gunung tersebut bisa menyuburkan tanah. setiap daerah juga memiliki corak dan budaya masing – masing yang menjadi ciri khas masyarakat tersebut. Hal ini bisa dilihat dari berbagai bentuk kegiatan sehari – hari misalnya upacara ritual , pakaian adat , bentuk rumah , kesenian , bahasa dan tradisi lainnya. Inilah contoh yang saya suka di Indonesia. Contoh upacara ritual adalah upacara ngaben yaitu membakar jenazah. Begitu juga ada makanan dari daerah tertentu diantaranya yang saya suka adalah masakan padang. itulah beberapa pendapat saya tentang negara Indonesia.

  44. Presepsiku Tentang Indonesia, Kurang Lebih 100 Kata.

    1. Indonesia adalah negara yang indah.
    2. Indonesia merupakan bangsa yang memiliki banyak keberagaman, atas suku, ras, budaya dan agama yang saling bertoleran.
    3. Keindahan alam bawah laut di Indonesia menakjubkan yang menjadi salah satu daya tarik Indonesia.
    4. Hutan di Indonesia yang lebat harus lebih dijaga.
    5. Pulau-pulau kecil kurang diperhatikan oleh pemerintah, sehingga sudah banyak yang diambil alih oleh negara lain.
    6. Sarana dan tenaga kerja pendidikan belum sepenuhnya ada di pelosok-pelosok negara. Bahkan banyak anak-anak disana yang belum mengenal huruf.
    7. Kebijakan hukum di indonesia belum bisa dikatakan adil.
    8. Korupsi masih merajalela, dan itu dilakukan oleh pejabat pemerintahan.
    9. Bencana alam yang semakin banyak terjadi, membuat pemerintah harus cepat dalam membereskan fasilitas-fasilitasnya.
    10. Masih banyaknya perdebatan antar partai.

    DESYYANA RAHMAH
    VIII-B

  45. Assalamualaikum Pak Sopyan..
    Menurut saya,Indonesia jika dilihat dari sisi kependudukan..Indonesia termasuk ke dalam penduduk terbanyak ke empat di dunia dikarenakan banyaknya angka kelahiran yang sangat tinggi.Kepadatan penduduk yang makin lama makin padat karena tingginya pertumbuhan penduduk yang terus berjalan,dan meningkatnya jumlah pemukiman di daerah tersebut mengakibatkan kepadatan penduduk di daerah tertentu,Misalnya:DKI JAKARTA,Jawa Barat,Jawa Tengah,Jawa Timur sedangkan di luar pulau Jawa tidak sepadat di pulau Jawa sehingga diperlukan pemerataan penyebaran penduduk yaitu dengan melakukan transmigrasi ke luar pulau Jawa.Dengan padat nya penduduk sehingga tidak memperhatikan lagi kondisi lingkungan hidup..seperti contohnya lubang resapan itu sudah jarang kita temui di lingkungan yang padat penduduk.Tetapi masih ada orang yang peduli terhadap lingkungan dengan membuat banyak lubang resapan (untuk mencegah banjir),penanaman sejuta pohon untuk (mengurangi polusi udara).Dengan banyaknya penduduk Indonesia yang peduli terhaap lingkungan menjadikan berkurangnya bencana-bencana alam yang akhir-akhir ini banyak terjadi di Indonesia..#MuhammadAliefJukarna88
    Terima Kasih Pak Sopyan..
    Wassalamualaikum..

  46. Perspsi saya tentang Indonesia

    Indonesia adalah negara yang sangat besar karena Indonesia terdapat banyak pulau-pulau dan terdiri dari 34 provinsi. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Indonesia mempunyai banyak suku, agama, dan ras yang berbeda-beda tetapi Indonesia masih tetap bersatu. Oleh karena itu, Indonesia bisa merdeka.

    Indonesia berada di lokasi iklim tropis yang menyebabkan Indonesia hanya mempunyai 2 musim. Indonesia mempunyai flora dan fauna yang sangat banyak dan langka. Indonesia mempunyai tanah yang sangat subur karena Indonesia terletak di daerah vulkanis dan mempunyai curah hujan yang cukup. Indonesia juga mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat banyak seperti minyak bumi, gas alam, kayu, dll.

    Menurut saya, Indonesia adalah negara yang sangat Istimewa. Suku-suku yang berbeda-beda tetapi mereka tetap satu adalah sebabnya Indonesia bisa merdeka sampai sekarang. Warga Indonesia harus tetap bersatu karena jika tidak indahnya keberagaman bangsa Indonesia akan hilang. Kita harus terus menumbuhkan kebersamaan dalam keanekaragaman masyarakat Indonesia. Saya bangga menjadi warga Indonesia.

    Arina Diah Pitaloka
    8A

  47. Assalamualaikum wr.wb
    Pendapat saya tentang indonesia adalah? Negara Indonesia ini mempunyai banyak SDA kebanyakan orang diindonesia menggunakan SDA ini dengan menghambur-hamburkan nya dan jadi SDA di indonesia semakin menipis kita harus mencari alternatif untuk jalan keluarnya. Setelah itu perbedaan bukan suatu halangan untuk kita semua perbedaan suku,ras,dan budaya malah itu harus menjadi pendukung untuk bangsa indonesia itu sendiri dan perbedaan itu menjadi sebuah nilai bagi kita di mata dunia. bukan begitu tohh??dalam perbedaan itu bisa membuat kita bergotong royong supaya indonesia maju. Indonesia ini hijau sebab itu indonesia di sebut negara agraris dan indoneaia mempunya perairan yang luass sebab indoneaia disebut negara maritim . Agraris dan maritim itu lah yang patut kita syukuri dan manfaatkan sebik mungkin.benar ga pak?? Mohon maaf bila ada kesalahan makasih.

    Ghina n.f 8B

  48. menurut saya negara indonesia itu negara yang tentram damai dan adil di segala bidang
    menurut saya negara indonesia itu mempunyai sumber daya alam yang berlimpah karena di indonesia banyak lahan SDA
    menurut saya negara indonesia itu merupakan negara yang labil karena harga bbm dan harga bahan pokok kadang naik kadang turun
    menurut saya negara indonesia merupakan negara yang selalu banyak yang korupsi karena pemberantasan korupsi di indonesia belum terorganisir dengan baik dan pihak yang korupsinya tidak tanggung jawab dan tidak tahu malu
    menurut saya negara indonesia itu sistem pendidikannya belum baik karena bangunan dan sistem pendidikan di indonesia belum terorganisir dengan sangat baik
    menurut saya negara indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak provinsi karena jumlah provinsi di indonesia ada 34 provinsi
    selain itu juga negara indonesia itu mempunyai banyak suku dan beraga beragam agama namun negara indonesia saling menghargai satu sama lain

  49. Prespsi Saya Tentang Indonesia

    Indonesia adalah sebuah negara yang berbentuk republik. Indonesia juga merupakan negara yang kaya raya, namun memprihatinkan. Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Menurut saya dari segi ekonomi Indonesia belum bisa dikatakan merdeka. Karena masih banyak rakyat yang menderita dan yang tidak dapat pekerjaan. Banyak orang yang kurang mampu yang menderita penyakit yang tak kunjum henti, kelaparan, tidak memiliki pekerjaan dan tidak memiliki rumah. Namun yang sangat memprihatinkan adalah tentang kesehatan. “Sehat itu mahal, namun sakit lebih mahal.” Karena banyak orang yang kurang mampu datang ke rumah sakit namun di tolak oleh pihak rumah sakit. Ada juga pejabat yang hanya bisa menyengsarakan rakyat, seperti kasus korupsi. Ada lagi sumber daya alam Indonesia yang dikeruk habis oleh orang luar negeri. Kesimpulannya Indonesia masih dijajah namun tidak dengan gencatan senjata dan yang lebih buruknya lagi Indonesia dijajah oleh orang Indonesia itu sendiri seperti kasus korupsi. Semoga dengan pemerintahan yang baru akan membuat Indonesia ke yang lebih baik lagi. ZAKY RIZKILLAH – 8B

  50. menurut saya negara republik kesatuan indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman dari seni budaya,suku,bahasa dan adat istiadat dari segi wilayah indonesia indonesia terletak di garis katulistiwa dan indonesia juga dikelilingi gunung gunung vulkanik dan lempengan eurasia sehingga sering terjadi bencana alam gempa bumi dan gunung meletus.dari segi budaya indonesia memiliki beraneka ragam budaya,sukun dan adat istiadat setiap daerah pun memiliki adat dan sukunya masing masing,dan juga terdapat rumah adat dan lagu daerah yang memiliki ciri khas masing masing.Negara indonesia pun sangat erat dengan persatuan.bangsa bangsanya saling menghargai satu sama lain.Negara indonesia dipimpin oleh seorang presiden dan memiiki dasar negara pancasila.Tidak lupa dengan sumber daya alam yang melimpah,imdonesia merupakan nefara agraris dan maritim atau negara yang memiliki komoditi pertanian yang sangat meningkat dan negara indonesia merupakan negara dimana 2/3 wilayah kedaulatannya berupa perairan laut.

    Fera novita sari
    VIII-B

  51. Menurut saya indonesia itu terlalu banyak bencana alam seperti kemarin baru saja terjadi peristiwa jatuhnya pesawat Air Asia di Selat Karimata yang memakan korban lebih dari seratus orang.Kemudian masih banyak lagi bencana alam lainnya di indonesia.Kemudian di indoneaia iniasih banyak sekali pencurian,perampok,dan tawuran.Kemudian menurut saya banyak sekali budaya-budaya di indonesia yang populer seperti tari jaipong dan masih banyak lagi.Kemudian menurut saya di indonesia banyak sekali menteri-menteri yang korupsi dan artis selebriti yang melakukan miras,sabu-sabu,dan lain sebagainya.Saya senang sekali tinggal di negara Indonesia karena indonesia memiliki kekayaan alam yang banyak

  52. Bangsa Indonesia mempunyai bermacam – macam suku bangsa, dan setiap suku bangsa mempunyai ciri – ciri kebudayaannya sendiri sesuai dengan latar belakang masing – masing. Indonesia adalah negara yang mempunyai Sumber Daya Alam yang melimpah. Pemanfaatan sumber daya alam harus kita manfaatkan dengan baik.Hukum Indonesia masih belum bisa memberikan harapan yang baik kepada masyarakat. Setiap waktu penegakan hukum menunjukkan adanya kemunduran – kemunduran yang ditunjukkan oleh banyaknya fakta pelanggaran hukum bahkan oleh penegak hukum itu sendiri.Pendidikan di Indonesia belum merata, masih banyak orang yang belum mendapatkan pendidikan.Kebudayaan daerah Indonesia merupakan budaya asli yang telah lama ada serta diwariskan turun menurun kepada generasi berikutnya. Kebudayaan kita sekarang ini sebenarnya merupakan hasil pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan masa lampau

    Siti samirah 8B

  53. Indonesia merupakan negara yang sangat beruntung memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah ,Beribu Pulau dan beraneka ragam budaya,ras dan suku bangsa. Namun keberuntungan tersebut tidak digunakan dengan baik dan dikelola dengan cara yang baik, contohnya Jakarta pembangunan toko- toko dan perumahan tidak diimbangi dengan lahan hijau dan pembuatan saluran air(got) dan juga warga Jakarta dengan seenaknya membuang sampah di sungai dan ketika hujan Melanda Jakarta warga sangat panik namun ketika banjir Sudah Mereda masyarakat terus mengulai kembali perbuatan tersebut dan bahkan masyarakat tidak Sadar bahwa bencana tersebut merupakan peringatan untuk warga jakarta. Contoh kedua Indonesia memiliki banyak Sumber daya alam namun pemerintah Indonesia tidak tau bagaimana caranya mengolah sumber daya alam tersebut dan pemerintah Meminta Bantuan negara tetangga untuk mengolah SDA Indonesia ketika barangnya jadi ,setengah untuk negara tetangga dan setengahnya lagi untuk Indonesia
    Contoh ketiga Indonesia memiliki beraneka ragam budaya namun ketika budaya luar datang ke Indonesia masyarakat begitu terpengaruh dengan budaya tersebut dan ketika budaya Indonesia diakui sama negara lain masyarakat Barulah ada perbaikan yaitu dengan mengadakan hari hari nasional .
    Keberuntungan Indonesia Harus diimbangi dengan pengelolaan yang baik contohnya masalah di Jakarta pemerintah harus meningkatkan Lahan hijau dan pembuatan saluran air ( got) Contoh kedua penyelesaiannya dengan para generasi muda harus bisa mengelola sumber daya alam tersebut sebelum Indonesia rugi besar ,Contoh ketiga penyelesaiannya dengan mempertahankan budaya bangsa dan tidak terpengaruh dengan budaya negara asing .
    Saya sangat bangga menjadi warga Indonesia karena Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat beruntung bisa memiliki SDA yang berlimpah

  54. menurut saya indonesia itu merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam,sumber daya alam itupun berasal dri pulau pulau yang ada di indonesia sendiri akan tetepai bila kita terus mengambil sumber daya alam itu pasti akan habis dan tidak bisa di perbaharui kecuali air,tanah dan udara.selain kaya akan sumber daya alam,indonesia juga memiliki banyak suku adat di kepulauan kepulauan indonesia seperti suku dayak di kalimantan,suku bugis di sulawesi tengah,dan lain lain.selain suku adat,indonesiapun mempunyaiadat istiadat seperti upacara ngaben,upacara rambu tuka,tradisi perandaan tubuh melalui tindik di daun telinga.kita memiliki semuanya,tetapi kenapa kita tidak bisa menjaganya? jagalah semua kekayaan indonesia untuk masa depan yang akan mendatang.

  55. Menurut saya negara indonesia negara yang kaya dengan suku,pulau,kesenian dan masih banyak lagi.indonesia juga negara yang strategis,karena indonesia letaknaya sangat strategis memudahkan bangsa barat ke indonesia.indonesia mempunyai suku yang masih sangat kental contohnya:suku toraja,suku bugis,suku dayak dan masih ada lagi.indonesia juga termasuk negara maritim kerena memiliki wilayah lautan atau perairan yang luas serta mampu untuk menguasai wilayah tersebut.indonesia juga memiliki kesenian seperti tarian,musik, dan masih banyak lagi,akan tetapi masyarakat indonesia juga kurang memiliki rasa tanggung jawab dalam hal apapun karena masalah yang kecil menjadi di besar-besarkan

  56. Indonesia memiliki 34 Provinsi,diantara 34 Provinsi saya tinggal di Jawa Barat. Menurut saya Indonesia memiliki keindahan yang sangat luar biasaa, tetapi warga Indonesia juga yang merusak keindahan tersebutt. Menurut saya Indonesia merupakan negara yang labil,karena harga bbm dan penjualan sering turun naik dan tidak tentu.
    Menurut saya Indonesia negara yang sering terkena bencana alam dan negara yang selalu korupsi. Karena pemberantasan korupsi di Indonesia belum terorganisir. Para koruptor merajalela di Indonesia. Menurut saya rempah-rempah di Indonesia sangatt melimpah,karena mempunyai lahan SDA yang cukup.

  57. Nama : M Zidan Nurkahfi
    Kelas : VIII-D

    Indonesiaterdiri dari beberapadaerah dan beragam suku.Indonesia memiliki 34 provinsi. Indonesia kaya akan rempah-rempah. Terdiri dari banyak kota dan sosial budaya,tapi orang Indonesia itu kebanykan suka memaksakan kehendak sendiri, selain itu Indonesia memiliki adat yang banyak seperti upacara adat Ngaben yang ada di daerah Bali. Suku di Indonesia juga sangat banyak,selainitu hasil tambang di Indonesia yang paling banyak klo tidak salah di Papua. Negara Indonesia juga Mayoritas Beragama Islam,tetapi juga ada Agama-agama yang lain di Negara Indonesia seperti yang terkenal yaitu kristen dll. Selain itu Universitas di Indonesia yang terkenal ada UI ( Universitas Indonesia ), ITB ( Institut Teknologi Bandung ), itu menurut saya, tapi sebenarnya masih banyak Universitas yang terkenal di Indonesia.

  58. Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman budaya yang bermacam macam, ke budaya Indonesia Akan terus berkembang jika Kita me kaga persatuan dan kesatuan antar suku bangsa. Menjaga persatuan dan kesatuan sesama suku bangsa tanpa melihat suku,agama dan ras diantaranya ,per dean Norma ,suku , agama dan kebiasaan antar masyarakat bukan penghalang untuk menciptakan kebersamaan ,persatuan dan kesatuan.Menjadi masyarakat Indonesia merupakan kebanggaan tersendiri Karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah sumber daya manusia yang sangat banyak dengan Adanya SDA masyarakat lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya teteapi masyarakat harus menggunakannya dengan baik Karena masyarakat juga harus mementingkan generasi selanjutnya agar generasi selanjutnya tidak kekurangan SDA

  59. Menurut saya Negara kesatuan republik Indonesia merupakan potretan sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. negara yang paling kaya akan rempah-rempah dan memiliki kepulauan terbesar di dunia.Negara Indonesia kaya akan perikanan dan di Indonesia bayak sekali bencana alam contonya banji,gempa bumi,tsunami,gunung meletus.setiap suku bangsa mempuyai ciri-ciri kebudayaan sendiri sesuai dengan latar belakang masing-masing . indonesia bayak sekali suku contohya ;dayak ,madura ,jawa. letak wilayah Indonesia sanggat strategis bisa digunakan untuk jalur perdagangan di indonesia bayak sekali budaya dan memiliki laut yang sangat luas .dan memiliki danau yang sangat bayak.indahnya keberagaman bangsa Indonesia apabila di antara suku bangsa,ras dan agama tidak lagi bersatu dan tidak toleran

  60. Indonesia memiliki beragam-ragam atau bermacam-macam adat istiadat dari berbagai provinsi. Indonesia memiliki 33 provinsi dan memiliki banyak pulau sekitar 17.508 pulau. Memiliki juga tari-tarian dari setiap daerah, nyanyian daerah, baju dan suku bangsa.
    Dan di Indonesia juga banyak daerah yang sering dikunjungi oleh turis-turis. Misalnya seperti bali, Jakarta, bandung, dan bogor juga suka ada. Tetapi tidak sebanyak bali. Bali banyak dikunjungi turis karena pantai di bali itu sangat indah. Kalau Jakarta, karena Jakarta itu ibu kota Indonesia. Kalau bandung karena udara di sana itu sangat sejuk.
    Bogor juga tidak kalah, karena memiliki hitan di tengah-tengah kota yaitu kebun raya bogor. Indonesia juga memiliki kota hujan sedunia yaitu bogor.

    Muhammad Bagas Prastian
    VIII-A

  61. Menurut saya negara indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki keragamaan budaya yang sangat banyak dan lengkap.Bangsa indonesia mempunyai bermacam-macam suku bangsa dan setiap suku tersebut mempunyai ciri khas yang berbeda.
    Keberagamaan bangsa indonesia merupakan anugerah ,dengan keberagamaan maka membuat indonesia semakin indah.Keberagamaan indonesia akan hilang apa bila diantara suku bangsa,ras,dan agama tidak lagi bersatu dan tidak ada toleransi,jadi sebagai bangsa Indonesia tidak boleh membeda-bedakan suku bangsa,ras,dan agama
    Macam-macam adat istiadat yaitu:suku bangsa toraja yang menetap di pegunungan bagian utara sulawesi selatan,Indonesia.Nama toraja mulanya di berikan oleh suku bugis sidenring dan dari luwu.
    Ada juga adat ngaben dibali adat tersebut yaitu membakar mayat.DLL

    Sekian dari saya pa sopyan
    Langga Wildiawan

  62. Tanpa sengaja menonton berita telivisi tentang penembakan teroris dan bom bunuh diri di Poso. Berita berikutnya tentang kasus korupsi dan suap oleh para pejabat negara dan anggota dewan yang terhormat. Kemudian adalagi tayangan ILC TVOne tentang perdebatan apakah BBM harus dinaikkan ataukah tidak.
    Peta
    Pengalaman cerita di atas, adalah sebagian dari apa yang saat ini sedang terjadi di Indonesia: Terjadi di suatu Tempat, Orang Indonesia, Pejabat Negara Indonesia, Sistem, Moral, Politik, dll
    Jika anda ditanya tentang Indonesia saat ini, maka apakah kira-kira jawaban anda? Apakah anda akan memberikan jawaban singkat seperti tertulis di bawah ini:
    Indonesia adalah Negara Kaya: Yaitu negara yang kaya dengan sumber daya alamnya, namun sayang, masih banyak rakyatnya yang miskin.
    Indonesia adalah negara yang memiliki penduduk/rakyat yang ramah tamah, namun sayang, di antara rakyatnya ada yg memiliki sifat temperamental, suka merasa paling benar, menjamur organisasi yg mengatasnamakan kebenaran dan nama Tuhan namun kelakuan
    Indonesia adalah negara yang aman, namun sayang masih ditemukan sekolompok teroris dan kelompok garis keras yang acap kali membuat publik cemas dan merasa tidak aman.
    Indonesia adalah negara hukum, namun sayang masih banyak orang mulai dari rakyat biasa hingga pejabat negara telah melanggar hukum baik sengaja ataupun memang pura-pura tidak tahu.

  63. INDONESIA
    Menurut saya Indonesia adalah negeri yang kaya,kaya akan bahan tambangnya,kaya akan alamnya serta kaya akan keberagaman orang-orang yang ada didalamnya.
    Indonesia kaya akan bahan tambangnya seperti emas,batu bara,minyak bumi dan sebagainya,namun karena pemerintahan di Indonesia yang mungkin bisa disebut “kurang peduli” akan kekayaan alam di negeri kita maka pengelolaannya pun menjadi berhamburan dan semakin kacau.
    Indonesia juga kaya akan alamnya seperti lautannya yang membentang dari sabang sampai merauke,macam-macam fauna dan floranya dan juga hutan-hutannya yang “dulu” sempat dikategorikan sebagai “Paru-paru Dunia”,namun lagi-lagi karena pemerintahan yang memang tidak dapat mengurus negeri kita yang amat sangat kaya ini sedikit demi sedekit kekayaan alam di Indonesia ini menghilang begitu saja. Dari lautannya yang hilang karena diakui oleh negara tetangga,fauna dan floranya yang tidak terurus dan akhirnya musnah begitu saja dan juga hutan-hutannya yang lenyap menjadi hutan yang gersang dan tandus akibat kebakaran hutan dan sebagainya.
    Indonesia juga kaya akan keberagaman orang-orang yang terdapat didalamnya,seperti keberagaman ras,suku dan agamanya. Meskipun banyak perbedaan di Indonesia,Indonesia tetap “Bhineka Tunggal Ika” berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Ada juga istilah “Torang Samua Basudara” bukan untuk menyatukan perbedaan atau untuk menyamakan keberagaman,tetapi untuk dan memahami bahwa perbedaan adalah hal yang indah dan mengandung nilai kehidupan. Dari banyak perbedaan itulah yang membuat Indonesia sangat kaya. Jadi,bagi Indonesia perbedaan bukanlah masalah selama kita dapat menghargai perbedaan-perbedaan itu. Dan itulah INDONESIA negeri yang amat sangat kaya namun tidak dapat mengurus kekayaan itu sendiri.

    Khalza Izzati AW
    8B

    • (y)

  64. Menurut saya negara Indonesia adalah negara yang memiliki kepulauan yang banyak dan mempunyai bermacam-macam suku bangsa dan mempunyai kebudayaan tersendiri.Serta negara Indonesia itu kaya akan hasil Sumber Daya Alam (SDA) dan kaya akan hasil rempah-rempahnya.Negara Indonesia adalah negara yang beriklim tropis dan keuntungan dari iklim tropis itu penduduk Indonesia bisa bekerja sepanjang tahun.Indonesia mempunyai adat istiadat yang asli,sehingga mempunyai banyak suku,yaitu:suku Toraja,suku Dayak,suku Bugis dan Indonesia mempunyai banyak suku lainnya.Indahnya keberagaman bangsa Indonesia akan hilang apabila diantara suku bangsa,ras dan agama di Indonesia tidak lagi bersatu dan tidak toleransi

  65. *Menurut saya Indonesia di bidang pendidikannya masih rendah. Karena tidak sedikit penduduk Indonesia yang tidak sampai ke perguruan tinggi dan hanya lulus Sekolah Dasar atau SMP. Jadi pemerintah harus peduli kepada anak anak yang tidak mampu bersekolah agar masa depannya terselamatkan dan dapat sampai ke perguruan tinggi.
    *Lalu di bidang ekonominya masih rendah karena masih banyak penduduk yang tinggal di pemukiman kumuh.Dan juga banyak orang yang pengangguran.Ada juga yang berpendapatan rendah sehingga kebutuhan hidupnya tidak terpenuhi.
    *Menurut saya masalah besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah KORUPSI. Karena tidak sedikit masyarakat Indonesia yang ingin mencari keuntungan yang banyak. Di antara mereka, ada yang menggunakan cara tak lazim demi mendapat keuntungan,yakni KORUPSI. Hal ini perlu di basmi karena menghabiskan uang negara.

  66. Assalamualaikum wr wb.

    Menurut pendapat saya sebagai siswi SMP, saya merasakan bahwa negri saya Indonesia tercinta ini sangatlah indah dan pantas dibanggakan dan dapat pula disandingkan dengan negara-negara lainnya, karena bangsa kita Indonesia ini sangat amat beraneka ragam seni budaya serta beraneka ragam pula makanan dari tiap-tiap daerahnya dan juga beraneka ragam adat istiadatnya.
    Seperti yang kita ketahui ada berbagai tempat wisata kita yang masuk dalam “KEAJAIBAN DUNIA”…contoh kongkritnya adalah “CANDI BOROBUDUR” seluruh negara sudah hampir mengetahuinya serta gunung-gunung dan pantai-pantai di Indonesia yang begitu indahnya tak kalah dengan negara lain. Saya bangga jadi anak Indonesia karena negri Indonesia kita ini yang sangat diincar oleh negara-negara lain yang dikarenakan terkenal beraneka ragamnya seni budaya, rempah-rempahnya bahkan penduduknya…hahaa..mengapa saya menyebut “PENDUDUK” nya juga? Karena penduduk kita masih bisa dipecah belahkan seperti pada zaman dahulu kala seperti dalam sejarah kemerdekaan Indonesia…yang sebenarnya dikarenakan kecemburuan sosial dalam hal Ekonomi.
    Bila bicara mengenai Ekonomi otomatis bisa menyebar ke masalah Politik juga karena kedua masalah ini saling bersangkut-pautan.
    Terus terang saya yang hanya sebagai siswi SMP saja sudah dapat melihat dan menilai seperti apa para petinggi kita yang menduduki kepemimpinan negri ini, yang hanya mementingkan urusan pribadinya dibandingkan urusan rakyat-rakyatnya yang sebenarnya sudah jelas dalam UUD’45 dan dalam Dasar Negara kita PANCASILA.
    Kesejahteraan rakyat kita belum bisa dikatakan Merata…ya karena banyaknya pemotongan-pemotongan penghasilan dan bantuan dana dari negara untuk rakyat yang tidak sesuai dengan kinerja juga aturan negara, maka dari itu selalu saja ada Demonstrasi dari kalangan Mahasiswa, Buruh, bahkan para Ibu-ibu rumah tanggapun ikut berdemo atas ketidak puasan mereka dengan berbagai macam polemiknya…dan saya ataupun anak-anak lainnya yang mungkin sering juga melihat maupun membaca berita-berita dari berbagai media dinegri ini pasti bingung….Mengapa negara kita tercinta ini semakin terpuruk dalam hal Ekonomi yang serta merta menjadi beban rakyat yang sangat menderita karena keputusan yang dianggap tidak memihak pada rakyat kecil yang malah menambah Kemiskinan bagi rakyat yang kurang mampu, maka dari itulah sikap rakyat Indonesia sangat menurun dalam hal Kepercayaan…kepercayaan pada para anggota Parlemen yang duduk mewakili rakyat Indonesia tapi tidak bersikap sesuai dengan keinginan rakyatnya..Apalagi berita sekarang yang sangat meresahkan bagi kaum Muslim bahwa telah disetujuinya pekawinan dengan beda keyakinan…tidak usah aturan itu berlaku kesusilaan dinegri ini pun juga sudah bobrok!
    Banyak diberitakan anak-anak siswa siswi yang sudah tidak malu lagi untuk berbuat hal yang memalukan orang tuanya juga sekolahnya bahkan dirinya sendiri dengan melakukan tindakan kesusilaan yg tidak patut dipertontonkan pada masyarakat dimanapun berada….Hal ini disebabkan karena kecanggihan Tekhnologi yang sudah mendarah daging sedangkan hal ini menyangkut agama, orang tua, lingkungan, dan juga pemerintah, karena kami siswa siswi yang akan menjadi Generasi Muda bangsa ini…bila Pemuda-pemudinya bobrok akan hancurlah negri ini yang notabene sudah porak poranda dengan kelakuan bejad para petinggi pula…Tapi yang pasti saya tetap bangga menjadi anak Indonesia…karena bagi saya semua hal tadi diatas masih bisa ditanggulangi oleh semua pihak terutama Pemerintah yang mau Jujur, Adil, Bijaksana serta Kepedulian yang besar pada masalah Pendidikan.
    Dan saya yakin bila Pemerintah bisa melakukan apa yang seharusnya dilakukan sesuai aturan yang rakyat inginkan dan butuhkan maka negara kita Indonesia ini akan Jaya dan Sejahtera rakyatnya, saya hanya bisa berharap dan berdoa untuk kelangsungan negri ini.

    Sekian ulasan pendapat saya mengenai negri kita ini, terima kasih.

  67. Menurut pendapat saya Indonesia itu adalah negara yang sangat luas dan indah. Indonesia juga memiliki berbagai macam budaya dari sabang sampai merauke, dan indonesia juga selalu menjung-jung tinggi ikatan tali persaudaraan yang sangat kuat. Indonesia memiliki banyak pulau dari pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan papua. Salah satu pulau di indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa adalah pulau kalimantan. Indonesia juga di sebut negara kepulauan. indonesia juga memiliki kekayaan alam yang melimpah luas di berbagai macam pulau yang berada di indonesia. indonesia juga terdapat banyak macam-macam suku budaya,ras,dan agama yang berbeda-beda. mayoritas penduduk indonesia beragama islam. SDA di indonesia sangat berlimpah dan indonesia juga memiliki tanah yang subur karena di indonesia terdapat banyak gunung.

  68. Negara kesatuan republik indonesia menurut saya adalah merupakan potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap.bangsa indonesia mempunyai bermacam-macam suku bangsa,di setiap suku bangsanya mempunyai ciri kebudayaannya tersendiri,indonesia memiliki 34 provinsi dan beribu-ribu pulau.indonesia memiliki beraneka ragam tumbuh-tumbuhan dan hewan.keberagaman norma dan adat dinusantara juga merupakan anugrah yang tak terhingga sebagai kekayaan bangsa indonesia.ada beberapa pulau di indonesia antara lain: pulau seribu,pulau bali pulau komodo,dan masih banyak yang lainnya.indonesia juga memiliki kuliner-kuliner khas dari daerah masing-masing,antara lain: asinan bogor,tape bandung,gudeg yogya,kerak telor,dan masih banyak lagi.indonesia memiliki beraneka ragam adat istiadat antara lain: adat sunda,betawi,batak,padang dan masih banyak yang lainnya.

    Tiara Nur Fadilah
    VIII-B

  69. menurut saya negara republik indonesia banyak korupsi korupsi di daerah daerah lain,karena mau memenangkan diri nya sneidir dan mau untungnya sendiri,jadi indonesia hindarilah dari korupsi korupsi.
    menurut saya negara republik indonesia banyak membuang sampah sembarangan di daerah daerah lain,karena bisa menyebabkan kebanjiran kebanjiran besar seprti saat ini ,jadi sebaiknya membuang sampahlah pada tempatnya.
    menurut saya negara republik indonesia banyak siswa siswi yang berprestasi di dalam olah raga maupun di luar olah raga,karena orang yang berprestasi ingin memperjuangkan diri nya yang lebih baik.
    menurut saya negara indonesia merupakan potret sebuah negara yang memiliki kerayaman buadaya lengkap dan bervariasi.bangsa indonesia mempunyai macam macam suku bangsa,dan setiap suku bangsa mempunyai ciri ciri kebuadayaan sendiri sesuai dengan latar belakang masing masing.

    Hapid Maulana
    8A

  70. Indonesia adalah negara kepuluan yang terdiri dari bermacam-macam suku,budaya,ras.Contohnya Sulawesi utara dan ibu kotanya Manado.Mereka memiliki prinsip Torang Samua Basudara.Kebudayaan yang berasal dari suatu daerah disebut kebudayaan daerah,contohnya bali yang melakukan upacara adat untuk menghormati arwah yang meninggal dengan cara membakar mayat tersebut atau disebut dengan ngaben.Banyak orang indonesia yang percaya akan hal mistis dari nenek moyang kita.Positifnya kita dapat menemukan hal unik yg terjadi di indonesia.Negatifnya adalah terlalu percaya pada mitos menyebabkan ketakutan yg tidak wajar.Mereka beranggapan bahwa kita tidak boleh melanggar mitos karena takut akan terjadi hal yg tidak diinginkan.Percaya boleh saja,namun jangan sampai berlebihan

  71. Menurut presepsi saya,Indonesia itu mempunyai potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang bervariasi. Bangsa Indonesia mempunyai ciri-ciri kebudayaaan sendiri sesuai dengan latar belakangnya mulai dari bahasa,rumah adat,baju adat,dll. Bangsa Indonesia pun mempunyai wisata alam yang sangat indah. Suku Dayak termasuk suku yang menarik si Indonesia,suku Dayak di Kalimantan mengenal tradisi penandaan tubuh melalui tindik di daun telinga,menurut kepercayaan mereka semakin besar pelebaran lubang semakin cantik dan semakin tinggi status sosialnya di masyarakat. Belakangan ini di Indonesia banyak terjadi bencana alam mulai dari tanah longsor karena penebangan liar,banjir dimana-mana karena membuang sampah sembarangan dan seringnya hujan lebat,lumpur lapindo karena pengeboran minyak. Indonesia dikenal juga dengan negara agraris dan maritim. Selain itu,bangsa Indonesia juga memiliki pantai-pantai yang indah yang banyak dikunjungi touris dari luar negeri. Bangsa Indonesia mempunyai banyak ragam misalnya komodo dan Candi Borobudur yang termasuk tujuh keajaiban duniaa. Namun dibalik keindahaan itu,pemerintahan Indonesia sedikit berantakan karena banyak pemerintah yang memakan uang negara yang membuat negara Indonesia jatuh miskin padahal Indonesia mempunyai banyak SDA dan SDM.

  72. Menurut Saya
    Indonesia adalah sebuah negara yang di pimpin oleh 1 pemimpin yaitu presiden. Presiden adalah pemimpin sebuah negara dan yang mengatur segalanya di dalam suatu negara. Selain presiden ada juga pemimpin-pemimpin yang lain seperti walikota,bupati,dan gubernur. Indonesia sangat kaya dengan hasil alamnya. Dan Indonesia adalah negara ke-4 dengan penduduk terbanyak di dunia. Indonesia memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah. Indonesia juga memiliki pulau-pulau yang sangat indah contohnya pulau Raja Ampat yang berasa di provinsi papua. Selain pulau,Indonesia juga memiliki pantai-pantai yang sangat indah contohnya pantai Pangandaran. Indonesia juga memiliki masyarakat dengan bermacam sifatnya, ada yang pekerja keras,pemalas,dan berbagai macamnya lagi.
    (STEFANI FEBI-8D)

  73. Indonesia adalah negara yang memiliki beraneka ragam budaya ,Indonesia merupakan negara kesatuan republik,Dan setiap suku bangsa memiliki ciri-ciri kebudayaannya sendiri sesuai dengan latar belakang masing-masing,keberagaman membuat hidup bangsa Indonesia menjadi indah,keberagaman Norma dan adat di nusantara indonesia Indonesia memiliki banyak pulau ,Indonesia juga merupakan negara hukum,Indonesia negara yang sangat cocok unuk pertanian,Indonesia memiliki curah hujan yang cukup bagus,Dan memiliki flora Dan fauna. Yang dapat berkembang biak dengan baik ,orang asing banyak yang berwisata kenegara Indonesia karma cuacanya bagus ,meskipun Indonesia memiliki agama yang berbeda-beda tetapi tetap Satu.
    Nama:nur azizah mariani
    Kelas:VIII-D

  74. Pendapat saya tentang indonesia adalah, indonesia adalah negara yang aman, nyaman, dan makmur. Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang menarik touris dari mancanegara. Indonesia terkenal dengan pantai pantai yang indah dan kepulauannya. Indonesia juga memiliki banyak suku dan budaya. Tetapi masih banyak memiliki kendala, yaitu korupsi, kemacetan, dan banjir yang masih sering terjadi. Hal yang membuat indonesia tidak maju salah satunya adalah korupsi yang masih sering terjadi, korupsi adalah salah satu dampak yang sanget buruk bagi suatu negara. Mengapa korupsi masih sering terjadi di indonesia? Karena hukuman bagi para koruptor tidak terlalu membuat jera. Di negara maju seperti cina para pejabat yang tertangkap korupsi akan di hukum mati. Sebaiknya pemerintah di indonesia bertindak tegas dan memberi sanksi yang berat bagi para koruptor, agar membuat efek jera kepada para koruptor. sekian pendapat dan saran dari saya terimakasih assalamualaikum wr.wb

    RAZKA AIRA .S
    VIII-B
    SMPN 3 BOGOR

  75. Indonesia adalah negara yang penduduknya beragam suku,budaya,dan agama.
    Indonesia juga negara yang kaya sumber daya alam.
    Tentu bangga karena indonesia yang memiliki berbagai keragaman budaya

    -RaihanAdnanSolihin(8-D)

  76. Pendapat saya tentang indonesia yaitu,indonesia adalah negara yang mempunyai pulau sehingga di sebut negara kepulauan dan juga negara maritim karena sebagian wilayah indonesia adalah perairan dan indinesia memiliki orang orang yang sangat ramah walaupun banyak yang tidak begitu ramah dan karena indonesia juga sebagai negara dengan populasi muslimnya terbesar atau terbanyak di dunia itu memudahkan untuk hidup di indonesia sebagai seorang muslim(kembali ke atas)dan karena indonesia adalah negara yang pulaunya banyak atau disebut dengan negara kepulauan,penduduk indonesia sangatlah banyak sehingga di mana mana menjadi ramai dan bayak yang menggunakan kendaran sehingga macet terjadi di mana mana kecelakaan terjadi tali di indonesia banyak sekali tempat untuk berwisata

    Ajhy javas-8D
    Absen no 1

  77. “Indonesia”

    Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi.
    Indonesia mempunyai ciri-ciri kebudayaan sendiri sesuai dengan latar belakang masing-masing
    Indahnya keberagaman bangsa indonesia akan hilang apabila diantara suku bangsa, ras, dan agama di indonesia tidak lagi bersatu.
    Indonesia dari sisi positif.. mempunyai banyak ragam hias dari mana-mana
    Indonesia dari sisi negatif yaitu terlalu banyak orang yang korupsi.. karena itu banyak warga yang menderita kemiskinan.
    Indonesia mempunyai banyak pulau.. sebab itu indonesia menjadi negara kepulauan.
    Indonesia mempunyai masalah dalam transportasi.. terutama transportasi darat.. salah satunya adalah jakarta, jakarta adalah kota yang penuh dengan kemacetan.. mengapa Indonesia tidak mencari solusi untuk menanganinya? Karna umumnya rakyat Indonesia di kota-kota besar memakai kendaraan roda 4.. bahkan bukan rakyat saja.. perkerja pun memakai kendaraan roda 4
    Sekian menurut saya tentang Indonesia

    Rafly Af
    8D absen 26

  78. Negara Indonesia adalah negara yang ada di Asia, tepatnya di Asia Tenggara. Indonesia terdiri dari 34 provinsi dan memiliki macam-macam agama, bahasa, suku, dan budaya. Ibu kota negara Indonesia adalah jakarta disanalah yang menjadi pusat pemerintahan di Indonesia. Disana sangat banyak orang yang beraktivias seperti bekerja ada yang menjadi buruh, karyawan, pedagang dll. Teknologi di Indonesia yang mulai maju semakin membantu kegiatan tersebut agar lebih mudah. Tetapi di Indonesia sangat banyak pejabat negara yang terkena kasus korupsi, hal ini membuat negara Indonesia tercemar karena adanya kasus tersebut. Dari hal itu berarti pemerintah Indonesia sudah berhasil untuk membongkar kasus korupsi yang ada di Indonesia. Selain itu Indonesia juga sudah mulai memiliki peningkatan dibidang pendidikan dan teknologi.

  79. Dibanding dgn beberapa Negara, Indonesia memang masih agak tertinggal.
    Karena : Pemerintah tidak bisa mengarahkan masyarakat agar menjadi SDM yang berkualitas. Memang ada beberapa orang yg berkualitas & bisa berkarya bagi Negara, tetapi sayangnya pemerintah tidak mendukungnya.
    Di samping itu, pemerintah juga tidak bisa memanfaatkan SDA yg ada.
    Idonesia juga merupakan Negara agraris, tp sekarang tanah sawah, kebun, ladang semakin menyusut. Petani semakin menderita, bahkan alat-alat pertanian Indonesia masih tergolong sederhana. Tentu ini menyulitkan Indonesia untuk berkembang menjadi Negara agraris yg bermutu. Sampai2 saat ini Indonesia import beras, dan bahan pokok lainnya.
    Indonesia dijuluki Negara Maritim dan masyarakatnya banyak yg menjadi Nelayan, tp sekarang laut sudah tercemar. Nelayan sulit mendapatkan ikan dgn kualitas baik. Pencemaran laut diakibatkan oleh masyarakat yg tidak peduli lingkungan dan membuang limbah/sampah sembarangan.

  80. Menurut saya : Negara Indonesia merupakan potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. Saya sangat bangga dan bersyukur menjadi warga negara Indonesia. Tidak hanya memiliki budaya yang bervariasi Indonesia juga memiliki keberagaman norma dan adat ( kebiasaan ) di nusantara merupakan anugerah yang tak terhingga sebagai kekayaan Indonesia. Melihat banyaknya keberagaman yang kita miliki, kita harus menjaga kebersamaan antara suku bangsa, ras dan agama di Indonesia, dan memiliki sikap yang toleran. Jika sikap itu tidak ada atau tidak terpupuk dalam hidup masyarakat Indonesia, maka keberagaman Indonesia akan hilang dan punah begitu saja. Sangat banyak sekali dampak positif lainnya yang disebabkan oleh kekayaan Indonesia. Karena negara Indonesia merupakan negara tropis banyak sekali warga yang bermalas – malasan dikarenakan tidak ada tantangan yang terlalu berat untuk bekerja, sebab itu di negara Indonesia banyak sekali orang yang pengangguran atau tidak memiliki pekerjaan. Itu pendapat saya mengenai negara Indonesia.terima kasih .

  81. menurut saya Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. Indonesia memiliki bermacam-macam suku bangsa dan disetiap suku memiliki ciri khas kebudayaannya sendiri. hal itu membuat Indonesia memiliki perbedaan disetiap sukunya, perbedaan itu bisa membuat perselisihan antar suku yang dapat menyebabkan keributan dan indonesia akan mudah terpecah, maka dari itu semboyan Bhineka Tunggal Ika dan norma-norma harus dipahami dan dilaksanakan oleh semua warga negara Indonesia. kebersamaan dalam perbedaan itu lah yang akan menyelamatkan Indonesia dari perselisihan dan mudah terpecah.

    kita akan menemukan berbagai perbedaan adat dan kebiasaan disetiap daerah di Indonesia. tiap daerah memiliki corak dan budaya masing-masing yang menjadi ciri khas masyarakat tersebut. contohnya di sulawesi selatan ada suku toraja, jika ada yang meninggal mayat tidak dikubur dalam tanah tapi diletakan dalam goa. di daerah bali mayat akan dibakar (ngaben)
    kegiatan adat budaya ini dilakukan secara turun temurun dari zaman nenek moyang sampai saat ini.

    indonesia tidak hanya memiliki suku yang beragam dari setiap daerahnya. indonesia memiliki ras, agama, bahasa yang bermacam-macam dan kekayaan alam yang berlimpah. mayoritas masyarakat indonesia memeluk agama Islam, dan yang lainnya ada kristen (protestan, katolik), budha, hindu dan konghucu. perbedaan agama juga tak jarang menjadi awal dari perselisihan, saling mengolok satu sama lain. seharusnya masyarakat indonesia lebih saling menghargai perbedaan antar agama sehingga indonesia tetap bersatu tanpa adanya keributan-keributan yang diawali dengan perbedaan.

    kekayaan alam di indonesia yang berlimpah. membuat kebutuhan pangan masyarakat tercukupi dan masyarakat desa (maupun kota) bisa mencari uang dengan bekerja sebagai nelayan, petani, pedagang dsb. tapi seringkali orang memanfaatkan kekayaan alam dengan tidak bertanggung jawab. contohnya, menangkap ikan dengan cara di bom, itu menyebabkan ikan-ikan kecil mati dan terumbu karang hancur, penebangan pohon secara liar tanpa melakukan reboisasi lagi, menyebabkan hutan menjadi gundul dan udara menjadi tidak bersih, longsor, erosi.
    maka dari itu masyarakat indonesia harus menjadi warga yang bertanggung jawab atas semua yang telah mereka lakukan serta tidak membeda-bedakan keberagaman di indonesia mulai dari suku, adat istiadat, agama, ras, bahasa, antar golongan dan selalu menjaga, memanfaatkan dan melestarikan budaya indonesia yang berupa kekayaan alam, tarian, alat musik, batik, dan lain sebagainya yang asli milik indonesia, jangan sampai kebudayaan indonesia yang sangat berharga itu di klaim lagi oleh negara tetangga, atau tidak dipedulikan lagi dengan masyarakat indonesia.

    terimakasih~

    Ladita Artamella
    VIII-B

  82. Ini adalah opini saya terhadap indonesia
    .Indonesia itu adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki budaya yang banyak dan tersebar di berbagai pulau, Salinh menghormati antar kepercayaan.dan juga kekayaan alam yang melimpah., tetapi saya menyesali karena sebagian aset berharga milik indonesia telah diambil alih oleh negara lain.sehingga banyak yang diambil padahal itu sangat berguna.dan juga pemerintah kita kurang respect dalam masalah ini.malah terkesan didiamkan.dan ada juga yang kurang diperhatikan seperti masalah kesejahteraan masyarakat.terutama di daerah pelosok,seperti papua.mulai dari penerangan, akses jalan, pendidikan dan masih banyak lagi.mereka juga sulit untuk mendapatkan beberapa kebutuhan pokok seperti Gas Elpiji. Karena harga kebutuhan poko disana jauh lebih mahal dan juga stok yang terbatas.Harapan saya semoga masalah yang ada di indonesia bisa diatasi oleh bapak Jokowi dan kawan-kawan.Kalau bukan kita siapa lagi.kalau bukan sekarang kapan lagi.
    HAJRIAN 8B

  83. Menurut saya Indonesia merupakan potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan berfariasi.contohnya sebuah budaya dalam suku toraja,suku toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara sulawesi selatan.nama toraja mulainya di berikan oleh suku bugis sindereng dan suku luwu.suku bugis sindereng menamakan penduduk daerah ini dengan nama TO RIAJA yang berarti “orang yang berdiam di negeri atas/pegunungan”sedangkan suku luwu menyebutnya TORIAJANG.ada juga versi lain yaitu toraya To=tau(orang),Raya=maraya(besar),artinya orang2 besar,bangsawan..cara pemakaman di derah Tana Toraja bila ada penduduk yang meninggal hanya di letakan di batuan/dalam lubang

    #NGABEN DI BALI
    ngaben adalah suatu upacara pembakaran mayat,khususnya oleh mereka yang beragama hindu.makna upacara ngaben pada intinya adalah untuk mengembalikan roh leluhur(orang yang sudah meninggal)ke tempat asalnya.seorang pedanda mengatakan manusia memiliki bayu,sabda,dan idep.setelah meninggal bayu,sabda,dan idep dikembalikan kepada Brahma,Wisnu,dan Siwa

    Selain Indonesia memiliki budaya yang unik dan keren Indonesia pun banyak memiliki pantai yang sangat indah.pantai yang selalu banyak di kunjungi oleh warga negara Indonesia dan warga asing adalah pantai Kuta dan pantai Gili Trawangan indonesia pun memiliki pulau yang menjadi paru2 dunia yaitu pulau Papua

    #Shandika Pratama Ivanka Rangkuti

  84. PERSEPSI SAYA TENTANG INDONESIA

    Menurut saya, Indonesia adalah negara yang mempunyai keindahan yang sangat luar biasa. Indonesia memiliki berbagai macam keanekaragaman hayati dan budaya, Indonesia juga disebut negara agraris karena sebagian wilayah Indonesia adalah perairan.

    Indonesia adalah negara yang luas, salah satu pulau di Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa yaitu pulau Kalimantan, Indonesia memiliki banyak sekali pulau yaitu 17.508 pulau, salah satunya pulau Komodo. Salah satu pulau yang mempunyai keunikan tersendiri yaitu pasir pantainya yang berwarna pink dan pulau yang masih mempunyai peninggalan sejarah yang sudah hampir punah yaitu hewan Komodo. Wajar jika pulau Komodo selalu ramai dikunjungi wisatawan.

    Namun dibalik keindahan Indonesia yang luar biasa itu, pemerintahan Indonesia sangat berantakan. Banyak sekali para ‘KORUPTOR’ yang memakan uang negara tanpa merasa bersalah, karena itulah rakyat Indonesia menjadi jatuh miskin. Padahal Indonesia memiliki SDA dan SDM yang berlimpah.

    Ulima Nur W.
    8A

  85. Indonesia adalah Negara yang kaya dalam ragam, budaya, adat, suku, ras, agama, dan sumber daya alamnya. Disisi lain kekayaan Indonesia ini semakin lama semakin hilang karena rakyat Indonesia tidak menjaga dan mencintai kekayaan tersebut. Adat istiadat seperti upacara Ngaben di Bali menurut saya tidak pantas dilakukan karena itu sangat tidak manusiawi, lebih baik di tutup oleh tanah (kubur). Permainan tradisional di Indonesia sekarang sudah hampir punah karena mainan luar negeri lah yang jadi masyarakat Indonesia mainkan. Indonesia sebagian kekayaannya telah di rebut atau di akui oleh Negara lain, karena rakyat Indonesia tidak menjaganya. Pakaian adat Indonesia, alat musik, tarian adat di Indonesia sudah seperti tidak terpakai lagi karena masyarakat Indonesia lebih menyukai pakaian, alat musik dan tarian budaya luar. Kuliner Indonesia pun sudah langka untuk di konsumsi karena kini rakyat Indonesia lebih mengkonsumsi makanan luar negeri karena adanya restoran asing yang ada di Indonesia. Bahasa daerah Indonesia pun seperti Bahasa Sunda banyak tidak di sukai oleh generasi peneurus bangsa Indonesia karena faktor ke gengsian dalam menggunakan bahasa tersebut. Selain budaya, pemerintah Indonesia pun semakin lama semakin berubah akibatnya adalah tawuran, pergaulan yang tak tahu batas, kekerasan, dll. itu terjadi karena pemerintah Indonesia kurang ketat dalam menjaga Negara Indonesia. Ada pula pendidikan Indonesia yang kini harus lebih di tingkatlan kemanannya karena banyak guru di sekolah-sekolah Indonesia yang melakukan hal yang sangat tidak benar kepada muridnya.

  86. Menurut saya, Indonesia adalah negara yang sangat luas dibandingkan negara lain, baik dilihat dari wilayahnya maupun budayanya. Wilayah Indonesia yang sangat luas menjadi salah satu pengaruh banyaknya suku-suku dan budaya yang ada di Indonesia. Bahkan bahasa dan rumah adatnya pun beragam. Pemandangan-pemandangan yang indah juga terdapat di Indonesia, berhubung Indonesia adalah negara yang memiliki banyak pegunungan dan pantai. Selain itu semua, kuliner Indonesia pun beragam. Bahkan beberapa makanan khas Indonesia telah mencapai negara lain. Tanah yang subur juga dimiliki Indonesia, terutama tanah di Jawa Barat. Di Indonesia juga terdapat banyak permainan tradisional yang unik dan menarik, contohnya gasing dan kelereng. Lokasi Indonesia yang strategis memudahkan para turis untuk berlibur ke Indonesia, contohnya pada saat liburan, orang dalam maupin luar negeri sering berkunjung ke Bali karena pantainya yang indah dan kotanya yang bersih. Indonesia juga sering dikunjungi para pedagang dan sering juga menjadi tempat perdagangan internasional. Indonesia juga memiliki banyak sumber daya alam dan sumber daya manusia. Alat musik tradisional Indonesia juga beragam, contohnya tifa dari Papua dan angklung dari Jawa Barat. Selain itu adat serta upacara Indonesia juga beragam berdasarkan suku-suku di wilayah masing-masing.

    Isti Putri Nurilmi, VIII-C

  87. Menurut pendapat saya,Indonesia adalah suatu bangsa besar,dimana semua penduduknya saling menghargai satu sama lain,Dan semua penduduknya tidak membeda bedakan suku,agama,adat,dan lain lain.Semua warga Indonesia bersatu dalam keselarasan bhineka tunggal ika yaitu berbeda beda namun tetap satu jua.Namun pada masa ini menurut saya sudah mulai berkurang rasa berkebersamaan dan kekeluargaan yang ada di Indonesia karena sering terjadi tawuran dan aksi aksi yang menentang ada nya perbedaan.Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah yang sangat kaya,kita juga harus bisa mengelola dengan baik sumber daya alam yang kita miliki.jangan sampai kekayaan alam yang kita miliki direbut oleh pihak asing.Indonesia juga memiliki permasalahan sosial,politik,bencana alam dan lain lain.Masalah sosial di Indonesia banyak sekali tetapi yang paling sering kita lihat adalah kemiskinan.ya,kemiskinan merupakan masalah sosial terbesar Indonesia,Walaupun pemerintah sudah melakukan beberapa program bantuan,tapi sepertinya tidak berjalan lancar dan bantuan yang diberikan tidak tepat sasaran.Lalu masalah politik salah satu nya adalah korupsi.Korupsi sering kali terjadi di negara kita,Dan kitapun masih tergolong negara yang masih memiliki banyak kasus korupsi.Banyak sekali pejabat negara yang telah melakukan korupsi,memanipulasi,dan lain lain.Saya harap pemerintah dapat segera menyelesaikan permasalahan yang ada.Inilah Indonesia menurut pandangan saya,Dengan kebudayaan yang beragam,sumber daya alam yang berlimpah,dan segala permasalahan yang ada.Walau begitu saya tetap bangga menjadi warga negara Indonesia

    Tasya Esfandiary 8C

  88. menurut saya indonesia adalah negara yang cukup luas.Budaya yang banyak sumber daya alam yang melimpah adat istiadat yang beragam dan beraneka makanan khasnya menjadikan indonesia sebagai jantung dunia .Akan tetapi ada juga yang mengabaikan budaya,ras,sumber daya alam dan makanan nya yaitu orang yang tidak tahu jati dirinegara indonesia dahulu rakyat indonesia berjuang untuk mempersatukan negara indonesia namun sekarang rakyat indonesia membeda bedakan dirinya dengan rakyat lain misalnya membedakan rakyat miskin dan rakyat kaya,membedaka agama satu dan lain nya dan budaya satu dengan budaya yang lain dan begitu pun seterusnya.Sebaiknya indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya bukan sebalik nya.dan seharusnya indonesia berbagi masalah dan indonesia pun berbagi solusi untuk menjadikan indonesia yang lebih baik.

  89. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan sebuah potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. Bangsa Indonesia mempunyai bermacam macam suku bangsa dan setiap bangsa mempunyai ciri ciri kebudayaan sendiri sesuai dengan latar belakang masing masing.
    Seperti keberagaman norma dan adat (kebiasaan) di nusantara merupakan anugerah yang tak terhingga sebagai kekayaan bangsa Indonesia . Dan indahnya keberagaman bangsa Indonesia akan hilang apabila diantara suku bangsa , ras dan agama di Indonesia tidak lagi bersatu dan tidak toleran .
    Dan sebagai negara yang kaya akan kebudayaannya dan kekayaan alam seharusnya bisa menjaga kelestariannya tersebut dengan cara patuh terhadap norma norma yang ada si Indonesia dan itu adalah salah satu cara agar kebudayaan di Indonesia bisa terjaga kelestarian nya tersebut .
    Tania Aulia D
    VIII-E

  90. Indonesia adalah negara yang luar biasa hebat ada lebih dari puluhan ribu suku dan adat dengan sikap, norma, bahasa dan kebiasaan berbeda – beda tetapi bisa bersatu. Tetapi dengan keserakahannya pemerintah tidak bertanggung jawab dengan mengambil hak rakyat atau yang disebut korupsi dan pihak asing yang tidak bertanggung jawab yang menggambil sumber daya alam hak milik negara indonesia ini dengan tidak mempedulikan rakyat indonesia. Tetapi walaupun begitu indonesia negara yang lebih maju asalkan dengan mehukum orang – orang yang bersalah dengan hukuman setimpal. Tetapi tidak sedikit juga orang yang mau berusaha untuk indonesia lebih baik seperti dengan memeperbaiki pemerintahannya dan dengan menmanfaatkan sumber daya alam sebaik – baiknya dan mencari orang – orang yang rajin, mau berkerja keras dan berbakat pada bidang sesuatu untuk memajukan indonesia, Tapi dengan keberagaman suku adat bahasa dan sumber daya alam yang melimpah indonesia bisa membuktikan kepada dunia bahwa indonesia dapat menjadi negara yang luar biasa hebatnya asal dengan mengelola semua yang terdapat di indonesia dengan sebaik – baiknya dan dengan pemimpin atau pemerintah yang lebih baik, jujur, dan mau bertanggung jawab atas tindakannya dan pasti indonesia akan menjadi negara yang luar biasa.

    Muhamad Satria Putra Negarawan
    VIII – C ( 8 – C )

  91. “Keaneka Ragaman Indonesia”

    Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki bermacam-macam budaya dan bahasa.
    Disetiap daerahnya terdapat masing-masing kebudayaan dan suku.

    Misalnya suku Toraja di Sulawesi Selatan, suku Toraja memiliki budaya yang unik, misalnya tradisi upacara pemakaman yang disebut “Rambu Tuka”.Pada upacara pemakaman ini mayat tidak dikubur melainkan diletakan di “Tongkongan”untuk beberapa waktu.
    Setelah upacara, mayat tersebut dibawa ke tempat peristirahatan terakhir didalam gua atau dinding gunung.

    Ada pula suku sunda yang terkenal akan wayang goleknya.Wayang golek adalah seni khas sunda yang memakai boneka dari kayu sebagai alat bantunya.
    Cerita wayang golek biasanya adalah cerita kerajaan-kerajaan dimasa lampau.

    Tidak berhenti disitu, ada makanan Indonesiapun yang sudah dikenal didunia contohnya adalah sate. Makanan yang satu ini terbuat dari daging sapi maupun ayam yang dibakar dengan bermacam macam bumbu dari setiap daerah yang berasal dari rempah rempah khas dari Indonesia

    Keindahan Flora dan Faunanya pun tidak kalah dengan yang ada di luar sana. Banyak turis yang datang keIndonesia untuk menikmati alam di Indonesia. Yang terkenal adalah pantai kuta di Bali, sudah banyak turis asing yang berkunjung kesana karena tempatnya yang sangat indah

    Tapi karena banyaknya Suku-suku di Indonesia, sangat rentan bagi Indonesia untuk terpecah belah.Tetapi ada semboyan yang mempersatukan suku-suku di Indonesia yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang mempunyai arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan ini memperkuat ikatan diantara suku-suku diIndonesia yang membuat Indonesia tidak mudah terpecah belah oleh budaya asing yang masuk ke Indonesia.

    Muhammad Sony Sastraantara

    8E

  92. Indonesia memiliki berbagai hidangan seperti makan sunda seperti ikan bakar,nasi timbel,ayam goreng, sambal,tempe,dan tahu goreng. Masakan Indonesia merupakan pencerminan ragam budaya dan tradisi yang berasal dari kepulauan Nusantara. Indonesia juga kaya akan rempah – rempah seperti kemiri,cabai,lengkuas,kencur,kunyit,jahe. Nasi sudah menjadi makanan pokok disebagian besar Indonesia dan makanan pokok lainnya seperti jagung (dikawasan Madura) , sagu (dikawasan Indonesia Timur), singkong (disebut juga dengan tiwul makanan pokok dikawasan Gunung Kidul dan Wanagiri), ketela serta umbi umbian. Indonesia juga terkenal dengan minumannya yang paling terkenal adalah teh dan kopi. minuman yang termasuk minuman pencuci mulut antara lain seperti es kelapa muda,es cincau,,es cendol,es blewah,dan es rumput laut. Itu adalah Budaya makanan dan minuman diIndonesia
    Audrey Aprillia
    8E

  93. Indonesia merupakan negara yang mempunyai bermacam-macam suku bangsa dan mempunyai kebudayaan. negara indonesia di bangun oleh persatuan seluruh rakyat indonesia tanpa melihat dari perbedaannya seperti, suku,agama,ras.
    Setiap daerah di indonesia memiliki upacara ritual,pakaian adat,bentuk rumah,kesenian,bahasa,dan tradisi lainnya yang berbeda-beda.seperti :tari merak dari Jawa Barat ,rumah honai dari di papua ,upacara adat ngaben di Bali ,dan lain – lain.
    Indonesia juga merupakan negara yang banyak permasalahan yang meliputi tawuran antar pelajar ,kasus korupsi, pencurian ,dan lain. -lain.
    Permasalahan lainnya di indonesia yaitu: banyak dilanda bencana alam ,seperti: terjadinya tanah longsor,banjir ,gunung meletus, tsunami, dan lain-lain

  94. Menurut saya negara Indonesia merupakan suatu negara dengan keberagaman suku,budaya,agama dan karya kerajinan tangannya.

    Di setiap provinsi di Indonesia terdapat masing-masing kebudayaan dan suku. Walaupun berbeda suku dan budaya, negara Indonesia memiliki satu bahasa yang tetap yaitu Bahasa Indonesia. Indonesia merupakan negara yang jumlah kepadatan penduduk terbanyak di dunia. Indonesia juga mempunyai tempat wisata yang indah seperti di Pulau Bali. Pulau Bali merupakan tempat favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan asing maupun dalam negeri. Selain tempat wisata, Indonesia juga memiliki karya kerajinan. Contohnya : Batik. Batik merupakan karya kerajinan tangan sederhana yang dibuat di Indonesia. Pakaian ini memiliki warna dan corak tersendiri sehingga wisatawan luar negeri maupun dalam negeri menyukai ini. Pakaian ini banyak disenangi oleh warga negara America. Karena itu, kita harus menjaga dan melestarikan karya kerajinan dalam negeri.
    Suku di Indonesia juga beragam. Di berbagai provinsi pastinya berbeda. Contohnya : di Bali. Ada suku di Bali yaitu Anak Bali. Selain itu, Ada 6 macam agama yang di akui di Indonesia. Yaitu : Islam,Protestan,katholik,hindu,budha dan konghuchu. Sumber Daya Alamnya pun berlimpah. Contohnya : Sumber Daya Alam Laut. Indonesia memiliki wilayah laut yang luas dan ikan yang berlimpah. Nelayan di Indonesia juga dapat memanen ikan 5 ton atau lebih / tahun. Dengan ikan-ikan ini nelayan dapat menjualnya di berbagai pasar atau pun negara. Sumber Daya Alam hutan pun berlimpah. Seperti Kayu. Kayu merupakan bahan yang dapat dibuat berbagai macam bentuk. Contoh: Bingkai foto, miniatur kapal kayu, dll. Indonesia diapit oleh 2 benua dan 2 samudra. Ini dapat memudahkan negara Indonesia untuk menjual hasil karyanya ke negara tetangga. Contohnya: Tolak Angin. Ini merupakan suatu produk Indonesia yang laris di America karena produk ini dapat menghangatkan badan, menghilangkan pusing dan sebagai obat batuk.

    😃M.Haekal Salim😃
    VIII -E

  95. Assalamualaikum wr wb.
    menurut saya indonesia merupakan negara yang sangat beruntung,karena indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah dan juga memiliki berbagai keragaman yang sangat bervariasi.Di indonesia banyak sekali perbedaan seperti agama,agama di indonesia ada berbagai macam seperti:islam,kristen,hindu,budha,katolik, dan konghucu.
    meskipun di indonesia banyak sekali perbedaanya tetapi indonesia tetap satu dan tidak ada perpecahan antara agama.Di indonesia juga terdapat baerbagai macam norma seperti:norma agama,norma adat,norma kesusilaan dan norma kesopanan.indonesia di kenal juga sebagai negara yang kental sekali kebersaamaanya .Di indonesia juga banyak sekali adat isti adatnya yang masih dilaksanakan dan dilestarikan contohnya:1.suku toraja, di toraja ada tradisi upacara pemakaman yaitu”rambu tuka”.Disana toraja mayat tidak dikuburkan melainkan diletakan di “tongkonan’untuk beberapa waktu.2.ngaben-pembakaran jenazah di bali.3.suku dayak,di suku dayak ada trradisi yaitu penandaan tubuh melalui tindik daun telinga.itulah berbagai adat istiadat yang masih dilaksanakan di daerah setempat kita harus menghargai semua isti adat di indonesia.
    di indonesia juga banyak sekali peristwa-peristiwa yang sangat menghebohkan seperti;1.menteri yang merokok di depan wartawan menteri ini di Bidang Kelautan dan Perikanan yang bernama Susi Pudjiastuti,2.para pemimpin indonesia yang melakukan berbagai kasus seperti korupsi dan narkoba ,harusnya pemimpin itu mengayomi suatu bangsa tanpa memandang kepuasan pribadi .

    itulah cerita tentang indonesia ada kekurangan dan ada kelebihan sekian dari saya Wassalamualaikum wr wb.

    Anti Dwi Daryanti
    VIII-C

  96. Ass…

    INDONESIA…
    Negeri ini terdiri dari beribu-ribu pulau, suku, budaya, dan bahasa… Negeri yg mempunyai kekayaan alam yg berlimpah, negeri yg memiliki keindahan alam yg juga sangat indah tidak kalah dengan negeri luaran…

    Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak pulau… begitupula dengan budayanya, sukunya dan bahasanya… seperti pulau Jawa dengan provinsi Banten, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa timur yg memiliki budayanya masing-masing…
    Bahasa yg berbeda-beda, tradisi yg berbeda-beda, makanan atau minuman khas yg berbeda-beda antar daerah dan masih banyak lagi… dan dalam bidang olahraga… Indonesia juga memiliki begitu banyak klub olahraga di masing-masing kota…
    Dengan hal tsb saya sangat merasa bangga dan sangat senang bisa terlahir di Indonesia, bisa menjadi bagian dari Bangsa Indonesia tanpa pernah merasa bosan atau benci kepada negeri ini yg mempunyai begitu banyak budaya, bahasa, tradisi d.l.l….. memiliki banyak budaya, bahasa, pulau, tradisi d.l.l. berarti juga memiliki begitu banyak perbedaan antar sesama daerah, antar pulau, kota, kecamatan, dan antar sesama…

    Tapi dengan adanya perbedaan tsb membuat negeri ini serasa akan berpecah belah… tingkat sifat rasis antar orang, kelompok dan daerah membuat negeri ini pecah belah… sifat apatis para ra’yat Indonesia juga membuat negeri ini hancur… bagaimana tidak?! Jika seseorang bersifat apatis demi keuntungannya tetapi merugikan orang lain bahkan mahluk hidup lainnya…
    Orang-orang yg tidak bertanggung jawab yg mengeksploitasi hutan secara liar sehingga membuat hutan menjadi gundul untuk kepentingan bisnisnya…
    Orang-orang yg mennebang atau membakar pohon dihutan secara liar demi mendapat sebuah bidang tanah demi usahanya dan mungkin untuk dijadikan sebuah perumahan, gedung-gedung, pabrik-pabrik dan lain-lain sehingga disana terasa panas, mudah terkena banjir atau longsor..
    Orang-orang yg melakukan penggalian dan penambangan tanpa tanggung jawab yg sehingga membuat sebuah lubang yang menganga bekas penambangan tsb…
    dan Orang-orang yg membuang limbah hasil industri, rumah tangga, d.l.l. ke sungai sehingga membuat sungai tsb rusak dan trsmbat…

    Masih banyak orang-orang yg tidak mempunyai tanggung jawab di Indonesia… Orang-orang yg tidak peduli terhadap lingkungan… orang-orang yg tidak menghargai alam… padahal alam yg memberikan mereka semua sumber energi, memberikan mereka semua tempat tinggal d.l.l.

    Disini dapat dilihat jika postingan saya ini mengarah kepada rakyat Indonesia karena saya menginginkan negara ini, bangsa ini menjadi negara, bangsa yg baik… Dahulu kita mendapat gelar sebagai negara ter-ramah didunia… tetapi sekarang itu semua sidah mulai pudar… mungkin masih banyak orang yg ramah terhadap sesama… tetapi banyak juga diantara seluruh warga Indonesia yg tidak ramah dan masih mempunyai sifat apatis dan rasis pada diri mereka… dengan mempunyai sifat jelek seperti itu membuat negeri ini pecah belah… misalnya seperti sifat rasis para pelajar yg menjunjung tinggi nama baik sekolahnya… mereka melakukan tauran dengan para pelajar sekolah lain hanya karena hal sepele seperti saling mengejek dan membeda”kan… dan alasan mereka tairan adalah tentang nama baik sekolah…
    malah dengan hal seperti itu yg malah merusak nama baik sekolahnya.. dengan menghargai sekolah lain, menerima dengan sabar ejekan atau hinaan sekolah lain itu yg malah membuat nama baik sekolah yg menjadi korban hinaan d.l.l. itu menjadi lebih baik… hanya orang-orang bodoh, dungu saja yg tidak mengakui kehebatan itu… yg malah membuat kehebatan itu menjadi kelemahan dan menjadi bahan-bahan olokan yg memancing amarah sekolah tsb… para pelajar bodoh menjadikan kesabaran sekolah tsb menjadi kelemahan sekolah tersebut… seperti misalnya sekolah lain mengolok-olok sekolah tsb sebagai sekolah yg lemah, penakut… padahal mereka sekolah” yg dianggap penakut dan lemah tsb itu bukan seperti itu melainkan mereka bersabar diri dan mereka berpikir tauran itu merugikan… Begitu pula dengan daerah-daerah yg melakukan hal tsb… sekarang juga banyak daerah dan agama yg saling mengejek atau menghina hingga membuat suatu bentrokan dan pertumpahan darah… berbeda lagi dengan masalah penindasan yg berujung pada penjajahan… kita harus melawan para penjajah itu agar keluar dari bangsa kita ini…
    Banyak juga orang-orang yg bersifat apatis lainnya selain contoh hal diatas… misalnya kasus korupsi yang banyak sekali terjadi di negeri ini… mulai dari seorang anak yg meminta uang buat kepentingan sekolah tetapi ia melebihkannya, supir angkot yg melebihkan standar tarif, hingga pejabat” yg korupsi uang ra’yat…

    Banyak ra’yat Indonesia yg menginginkan kasus korupsi dihilangkan dan diselesaikan hingga habis… tapi jangan hanya menuntut hal seperti itu kepada lembaga yg berwenang tapi juga melakukan usaha menstop tindakan korupsi… misalnya ya jangan korupsi, jika anda benar” menginginkan kasus korupsi di Indonsia hilang dan ta’ ada lagi cobalah anda tegur mulai dari supir angkot yg korupsi… berbeda halnya dengan guru yg korupsi waktu… jujur saya juga senang dengan aksi korupsi yg dilakukan sang guru :D…

    Jika saya dikatakan menyindir dan menyinggung seseorang yg membaca teks ini… YA SAYA MENYINGGUNG DAN MENYINDIR ANDA AGAR ANDA MENJADI ORANG YG LEBIH BAIK… AGAR MENYADARKAN ANDA AKAN BAHAYANYA SIKAP APATIS DAN SIKAP RASIS YG ANDA PUNYA!!!. APA SALAHNYA JIKA KITA SALING MENGHARGAI DAN MENGHORMATI ANTAR SESAMA?! DISINI SAYA MENGECAM BERAT ORANG” YG BERSIFAT APATIS DAN RASIS!!!… *kecuali para guru dan untuk para guru kembangkanlah kasus kalian hahhahaha damai pisss :D*

    Menghilangkan sifat apatis tidak semudah menghilangkan sifat rasis… tapi mulailah dengan menghormati dan menghargai orang lain… tetapi di balik kekurangan bangsa Indonesia tersebut banyak hal yg baik dari Bangsa Indonesia ini… seperti misalnya masih ada orang yg masih peduli sesama, peduli alam tidak membeda-bedakan… disini juga masih banyak daerah yg masih kental tradisi dan budayanya… banyak juga orang dan lembaga” yg peduli dengan kelestarian budaya kita… misalnya seperti pelajaran bahasa daerah d.l.l… terus juga orang” yg membuat perusahaan pembuatan batik secara tradisiobal maupun secara modern… selain batik juga masih banyak budaya kita yg terkenal hingga manca negara.. misalnya seperti keris, senjata tradisional bangsa ini.. gamelan alat musik jawa d.l.l.. dan banyak pula para pelajar yg menonjol dalam kecerdasannya seperti pelajar yg membiat mobil, knalpot ramah lingkungan, bahan bakar ramah lingkungan, helm SNI, robot” canggih dan lain”… tetapi negeri ini belum bisa mengelola atau mengolah hasil bumi dengan baik di Indonesia ini sehingga kita masih membeli barang dari negara lain padahal di Indonesia sangat melimpah akan barang yg dibeli tsb

    Jadi dapat disimpulkan bahwa pendapat saya mengenai bangsa ini adalah warga Indonesia masih banyak yg bersifat tidak peduli dan bersifat rasis… tetapi banyak pula warga Indonesia yg mengharumkan bangsa Indonesia seperti Bambang Pamungkas, Susi Susanti d.l.l. di bidang olahraga dan masih banyak lagi dan masih banyak lagi di bidang yg lainnya… walaupun negeri kita ini memiliki banyak sekali pulau, budaya, bahasa, adat istiadat, agama dan lain” tetapi itu bukan suatu alasan untuk membuat negara kesatuan ini yg telah dibangun sekian ratus tahun dan dengan pengorbanan yg amat besar nepi ka ditindas, disiksa, ditipu ini pecah belah… menurut saya kesadaran akan hal baik dan taat pada peraturan pada ra’yat Indonesia masih kurang.. karena masih banyak orang yg melangga peraturan seperti tidak memakai helm saat menggunakan motor, membuang sampah sembarangan, melakukan pandalisme, melakukan seks bebas atau pornografi, melakulan pembullyan kepada orang lain dan masih banyak lagi… dan juga menurut saya… ini juga masih menjadi suatu kelemahan dari bangsa yg besar ini
    “BANGSA INDONESIA”…

    maaf jika saya tadi menyinggung… saya melakukan itu karena saya ingin menghilangkan sifat tsb yg juga merugikan diri saya sendiri… maaf jika selama ini saya juga seperti itu dan maaf jika ada kata” yg tidak berkenan

    ~terima kasih~

    Raffelrio E.F. 8E

  97. Menurut saya indonesi adalah negara republik indonesia yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi, mempunyai bermacam-macam suku bangsa,adat istiadat,budaya. Indonesia juga mempunyai keragaman flora dan fauna,indonesia mempunyai sumber daya alam hayati dan non hayati. Indonesia juga terdiri dari berbagai macam agama seperti islam,kristen, kristen katolik,hindu, budha. Indonesia juga memiliki rempah-rempah yang berlimpah selain itu memiliki pulau-pulau besar dan memiliki 34 provinsi. Indonesia juga memiliki corak dan budaya masing-masing disetiap daerahnya ada juga upacara ngaben yang dilaksanakan di bali dimana jika ada seseorang yang meninggal mayatnya tidak dikubur tetapi dibakar. Itulah indonesia menurut saya

    Helmalia Anggar Kusuma(mio)-8E

  98. Mengapa kita harus bangga menjadi WNI? Republik Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau dan ada 3 dari 6 pulau terbesar di dunia yaitu : Kalimantan,Sumatera dan Papua.Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km dan panjang pantai sekitar 81 ribu km atau hampir 25% panjang pantai di dunia. Indonesia merupakan negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia.Terdapat lebih dari 740 suku,dengan bahasa daerah terbanyak yaitu 583 bahasa.Indonesia juga adalah negara muslim terbesar di dunia,jumlah pemeluk agama islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Aku bangga menjadi anak Indonesia karena masih banyak catatan-catatan yang belum bisa saya catat dalam catatanku ini dari sabang sanpai merauke. Hidup NKRI!

  99. Menurut saya indonesia adalah sebuah negara yang memiliki keragaman budaya. Indonesia terdiri dari 34 provinsi dan beribu-ribu pulau ada juga 5 pulau besar diantaranya jawa,sumatera,sulawesi,kalimantan,papua. Indonesia juga terdapat berbagai macam agama yaitu islam,kristen,budha,hindu,katolik,khonghucu. Indonesia juga memiliki flora dan fauna yanf bervariatif. Setiap suku bangsanya memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Misalnya upacara ritual,bentuk rumah,pakaian adat,bahasa kesenian,dan lainnya. Indonesia memiliki berbagai macam ragam budaya seperti bahan tambang emas dan memiliki berbagai macam suku daerah. Disetiap daerah memiliki ciri makanan,adat,kebudayaan dan tradisinya serta seperti baju adat dan alat musiknya.

    Kirzia Annasia Damar Wulan
    VIII-E

  100. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi.Bangsa Indonesia mempunyai bermacam-macam suku bangsa,dan setiap suku bangsa mempunyai ciri-ciri kebudayaannya sendiri sesuai dengan latar belakang masing-masing.
    Keberagaman norma dan adat (kebiasaan) di nusantara meruppakamnanugerah yang tak terhingga sebagai kekayaan bangsa Indonesia.
    Tiap daerah memiliki corak dan budaya masing-masing yang menjadi ciri khas masyarakat tersebut.Misalnya upacara ritual,pakaian adat,bentuk rumah,kesenian,bahasa,dan tradisi.
    Kegiatan adat budaya di indonesia secara turun temurun dari zaman nenek moyang,sehingga seni menjadi perekam dan penyambung sejarah.
    Perbedaan norma dan kebiasan antara masyarakat bukanlah penghalang dalam menciptakan kebersamaan.Bangsa Indonesia juga kaya akan Sumber Daya Alamnya seperti flora dan fauna.
    Contoh adat istiadat di Indonesia :Suku Toraja di Sulawesi Selatan, Suku Dayak di Kalimantan,Suku Bugis di Sulawesi Selatan.Di Indonesia juga memiliki banyak pulau yang berjumlah 17.000.

    Syifa Noor Rohim
    8 E

  101. Menurut saya Indonesia merupakan negara hukum yang memiliki pandangan hidup bagi rakyatnya yg tercantum pada Pancasila/Dasar negara.Indonesia pun memiliki norma norma yang berlaku bagi masyarakat dengan kekayaan hasil bahan tambang,flora&fauna yg sangat berlimpah.Indonesia pun memiliki suku,Adat istiadat,bahasa,lagu daerah yg beragam.Adapun masyarakatnya yg memiliki agama yg berbeda-beda tetapi mereka dapat bertoleransi satu Sama lain,Indonesia pun memiliki nilai kemanusian yg tinggi dan sailing membantu dengan negara-negara tetangga dan juga keindahan Alamnya yg menjadi daya tarik tersendiri bagi Indonesia.Jadi saya sangat bangga menjadi rakyat Indonesia😊😊.

    Safna 8E

  102. Indonesia menurut saya adalah negara republik indonesia yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi,mempunyai bermacam-macam suku bangsa,adat istiadat,budaya. Indonesia juga mempunyai keragaman flora dan fauna. Indonesia mempunyai sumber daya alam hayati dan non hayati. Indonesia juga terdiri dari berbagai macam agama seperti islam,kristen,kristen katolik,hindu,budha. Indonesia juga memiliki rempah-rempah yang berlimpah selain itu memiliki pulau-pulau besar dan memiliki 34 provinsi. Indonesi juga memiliki corak dan budaya masing-masing disetiap daerahnya ada juga upacara ngaben yang dilaksanakan diBali dimana jika ada seseorang yang meninggal mayatnya tidak dikubur tetapi dibakar. Itulah indonesia menurut saya

    Helmalia Anggar Kusuma
    8-E

  103. Menurut saya,Indonesia itu memiliki banyak macam ragam budaya seperti bahan tambang emas,dan berbagai macam flora dan fauna.Indonesia juga memiliki berbagai macam ragam suku daerah dan ragam macam budaya dan berbagai macam agama seperti contoh nya agama yang berada di Indonesia yaitu agama Hindu,Islam,Kristen,Katholik,Budha dan Kongwucu.Setiap suku dan daerahnya masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri.Di setiap daerah memiliki ciri makanan,adat,kebudayaan,dan tradisi,baju adat,dan alat musik nya.contoh nya seperti suku toraja yang berada di Sulawesi Selatan,karena suku toraja menetap di pegunungan bagian utara.Toraja mulanya diberika oleh suku bugis sidenreng dan dari luwu.Di tempat pemukiman suku toraja dikenal kemudian dengan Tana Toraja.apabila ada tradisi upacara pemakaman basa disebut “Rambu Tuka”.mayat tidak dikubur tetapi ditaruh di “Tongkonan”,apabila telah dilakukan upacara akhirnya mayat di taruh di goa atau dinding gunung.sementara di Bali mayat d kremasi dan setelah itu abu nya d arung atau di buang kelaut,dan akhirnya dilakukan yang namanya upacara ngaben.Tapi,kendala yang dimiliki d Indonesia yaitu warga sudah tidak peduli terhadap adat istiadat,kebersihan,dan para pemerintah yang seharus nya menjadi contoh baik untuk Indonesia tetapi malah sebalik nya yaitu pemerintah melakuka korupsi dan rakyat pun sudah tidak peduli terhadap kenyamanan,kesehatan untuk diri nya sendiri dan orang lain,seperti contoh nya masyarakat dengan seenak nya membuang sampah kesungai yang padahal bisa mengakibatkan kebanjiran.dan para pemerintah yang melakukan korupsi tidak merasa bersalah sama sekali dengan perbuatan mereka itu yang buruk untuk di contoh.

    DARA LUTHFIYAH.S
    VIII-E

  104. 100 kata tentang indonesia,
    Negara indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki keragaman budaya dan ciri khas bangsa yang bervariasi dan lengkap.Negara republik indonesia mempunyai banyak Ras,Suku,dan bahasa dan setiap suku mempunyai budayanya masing-masing.Hal ini membuat indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dan menjadikan negara yang Bhineka Tunggal Ika.Tetapi semua ini Tidak akan bertahan lama jika tidak di landasi persatuan antar suku yang tak saling bermusuhan.Norma dan kebiasaan dalam suatu masyarakat tumbuh dan didasari oleh pancasila.indonesia mempunyai kebudayaan yang beragam,contohnya:Tari jaipong dari jawa barat,dan pembakaran mayat di bali (ngaben),hal ini mengangkata daya tarik masyarakat sekitar indonesia maupun masyarakat luar negeri.Indonesia mempunyai daerah seluruhnya 2/3=2 persen daratan dan 3persen lautan,maka dengan ini indonesia dijuluki sebagai negara maritim,jadi jagalah wilayah indonesia dengan sepenuh hati agar indonesia menjadi negara yang bersih,nhaman dan tentram.
    Ditulis oleh:R.ANDHIKA CHANDRA PRATAMA

  105. 100 kata tentang indonesia
    Negara Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki keragaman,budaya dan ciri khas bangsa yang bervariasi dan lengkap.Negara republik indonesia mempunyai banyak ras,suku dan bahasa dan setiap suku memiliki budayanya masing-masing.Hal ini membuat indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dan menjadikan negara yang bhineka tunggal ika.Tetapi semua ini tidak akan bertahan lama jika tidak dilandasi persatuan antar suku yang tak saling bermusuhan. Norma dan kebiasaan dalam melakukan kegiatan sehari-hari dilan dasi oleh pancasila.Dengan banyak nya keragaman budaya di indonesia,menjadikan negara indonesia sebagai negara yang paling banyak budaya nya dan dapat menarik wisatawan datang,baik dari dalam negeri walaupun luar negeri,maka dengan ini kita warga indonesia harus menjaga tanah air kita agar budaya dii dalam nya tidak hilang dan tersingkir oleh budaya orang barat.
    Ditulis:R.ANDHIKA CHANDRA PRATAMA

  106. Indonesia indonesia sangat banyak memiliki budayanya dari budaya yang membanggakan hingga budaya yang mengecewakan yaitu korupsi . banyak orang yang mengatakan bahwa korupsi itu sudah menjadi budaya benarkah itu ?. korupsi sangat sering terjadi di indonesia dari mulai tingkatan rendah hingga tingkatan elit seperti yang terjadi di DRP . jumlah dana yang dikorupsi pun tidak tanggung tanggung dapat mencapai miliaran rupiah seperti kasus Hambalang, kasus Suap , dan korupsi dana haji SDM . Korupsi tingkat rendah pun sering terjadi dalam pendanaan perbaikan/pembangunan jalan,jembatan dan bangunan , sebagian uang yang diberikan dikorupsi dan sisa nya dibelikan bahan bahan pembuat sarana tersebut dengan dana yang sedikit itu tidak dapat membeli bahan bangunan yang bagus jadi mereka membeli bahan yang murah dengan sisa uang itu . jadilah suatu sarana masyarakat yang sering rusak akibat bahan bahan yang kurang . selain membahas korupsi saya akan membahas budaya budaya indonesia yang lainnya .
    1.suku dayak = sukudayak berada di kalimantan sejak abad 17 suku dayak telah mengenal tradisi penandaan tubuh dengan anting pada telinganya , untuk para wanita jika semakin besar anting nya maka semakin cantik lah dia
    2.suku toraja = berada di sulawesi selatan nama toraja sendiri diberikan oleh suku bugis yaitu To Raija yang artinya orang yang berdiam diatas pegunungan . ditoraja ada tradisi upacara pemakaman mayat yaitu Rambu Tuka , dimana mayat seseorang tidak dikubur dalam tanah melainkan diletakan di tangkang atau didalam gua. dan sepertinya sekarang indonesia mulai muncul sikap membeda bedakan antar ras, agama , dan suku . Dibutuhkan semangan persatuan untuk menjaga indonesia tetap utuh , selain itu saya akan membahas budaya budaya yang lain antara lainnya batik . Batik adalah kain yang pembuatannya khusus menggunakan tangan batik sendiri ada beberapa jenis dari penjuruh indonesia diantaranya
    – Batik Megamendung = asal Cirebon berpola awan awan
    – Batik Pekalongan = asal pekalongan pola jlamprang
    – Batik Indramayu = asal indramayu pola dermayan
    Dan lain lain lagi
    tetapi sayangnya perngerajin batik yang dibuat dengan tangan asli itu sendiri sudah mulai jarang peminat nya yang sekarang banyak hanyalah batik dengan buatan mesing , lalu dimanakah anak anak generasi sekarang yang seharus nya menerus kan budaya pembuat batik itu ?. jika terus seperti ini budaya budaya indonesia yang sudah tidak diminanti oleh generasi sekarang akan punah atau dapat di KLAIM oleh negara lain , benar saja ada beberapa budaya aseli indonesi yang sudah mau di klaim oleh malaysia diantaranya
    -Batik
    – Lagu Rasa sayang sayange
    – Reog ponorogo
    – Angklung
    – Wayang kulit
    dan lainnya

    Soo Jadi gimana apa kita biarkan saja mereka mengambilnya ? tentu tidak dong jadi sebaiknya kita rawat dan kita lestarikan kembali agar tidak punah atau di klaim negara lain . mulai sekarang sadarlah akan budaya budaya indonesia itu mari lestarikan budaya budaya indonesia tapi jangan budaya korupsi sih itu mah urusan nya KPK yang nangkepin hihihi

    Oke itu saja dari saya semoga bermanfaat bagi pembacanya amin
    wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    NAMA ; MUHAMMAD ADHI ANUGRAH FIRDAUS
    KELAS 8-E

  107. “INDONESIA”
    Menurut saya Indonesia adalah negara yang penuh dengan unsur kebudayaan. Keberagaman budaya Indonesia tentunya tidak luput dari tradisi nenek moyang. Pada zaman dahulu, tradisi nenek moyang masih sangat erat digenggam dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, di zaman sekarang tradisi-tradisi itu sudah mulai terlupakan akibat munculnya budaya asing ke Indonesia. Selain itu, di zaman sekarang lebih banyak orang asing yang ingin mengetahui atau mengenal tentang kebudayaan Indonesia dibandingkan masyarakat Indonesia sendiri. Seharusnya, kita harus lebih menjaga dan tidak melupakan budaya Indonesia agar selamanya akan tetap menjadi budaya milik Indonesia, tidak akan pernah jatuh ke tangan negara asing. Semoga dimasa mendatang Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi.
    Anis Fitria Nandani
    8-E

  108. menurut saya, Indonesia itu merupakan sebuah negara yang memiliki banyak keberagaman budaya yang bervariasi. Akan tetapi keragaman budaya tersebut akan hilang apabila diantara suku,ras, agama di Indonesia tidak lagi bersatu.
    Tiap daerah di Indonesia memiliki corak budaya yang berbeda- beda yang menjadi ciri khas tiap daerah tersebut,seperti : suku Baduy di Jawa Barat, tari Jaipong dari Jawa Barat, upacara pembakaran mayat (Ngaben) di Bali dan lain sebagainya.
    Indonesia selain memilki banyak keberagaman juga memiliki banyak masalah , seperti : kasus korupsi, penipuan, tawuran antar pelajar dan lain-lain. Selain masalah-masalah seperti itu, Indonesia juga termasuk negara yang sering dilanda bencana (bencana alam), seperti; 11 tahun yang lalu, terjadinya tsunami di Aceh, yang menelan beberapa ribu orang, pada tanggal 26 Desember 2004.

    Erni. R.
    VIII-C

  109. Negara kesatuan republik indonesia, adalah negara yang memiliki bermacam- macam adat istiadat yang bervariasi membuat indonesia kaya akan kebudauaanya dan indonesia pun mempunyai sda yang berlimpah. Setiap daerah mempunyai adat istiadat yang di lakukan secara turun temurun,seperti: upacara ngaben Bali yang pada intinya adalah untuk mengembalikan roh leluhur ketempat asalnya.selain itu kita juga kaya akan suku bangsa seperti: suku dayak dari kalimantan,suku bugis dari sulawesi selatan,suku baduy di banten. Dan kita juga memiliki rumah adat yang bervariasi, contohnya: rumah joglo dari yogyakarta,rumah kebaya dari jakarta. Dan kita pun harus menjaga dan melestaraikan budaya kita sendiri, yaitu Indonesia.

    Alvie rachmayanti
    VIII-C

  110. Assalamualaikum wr wb
    1001 Kataku untuk Indonesia.Bhineka tunggal ika
    mungkin kata tersebutyang ada di dalam lambang garuda pancasila yang berarti( berbeda beda tetapi tetap satu)dan bhineka tunggal ika sebagai gambaran terhadap kehidupan masyarakat indonesia.
    mungkin ada turis dari negara asing yang masih heran dan bertanya (bagai mana bisa indonesia menjalankan kehidupa dengan memiliki bahasa terbanyak,suku terbanyak,tradisi terbanyak dan budaya terbanyak ?) Indonesia bisa menjalankan itu karena ada nya BHINEKA TUNGGAL IKA !
    berbeda beda tetapi tetap satu.dari kitab sutasoma yang di buat oleh Mpu Tantular.Satu hal dari saya ! jangan lah mengatakan bahwa Negara indonesia negara yang BODOH ! jika ada orang di sekitar yang bilang kalo negara indonesia negara yang bodoh maka yang berbicara itu lah yang BODOH dan orang tersebut yang gak punya tujuan hidup di negara yang sangat kaya akan seni dan budaya serta keistimewaan yang lain yang di berika oleh ALLAH S.W.T
    INGAT INDONESIA ADALAH SURGA NYA DUNIA DAN SEBAGAI HARTAKARUN KENIKMATAN YANG TERMURNI DAN TERINDAH !
    assalamualaikum wr wb

  111. 1001 kataku untuk indonesia (Hadi Winarno VIII-E 8E )

  112. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki keberagaman budaya yang bervariasi. Setiap budayanya memiliki keberagaman tersendiri sesuai dengan latar belakang masing masing daerah. Agar keberagaman di Indonesia tidak punah, maka kita harus menumbuhkan kebersamaan dalam keanekaragaman Indonesia. Sebuah ungkapan yang artinya segala aturan, ketentuan, tindakan yang menjadi kebiasaan di suatu masyarakat yang biasa disebut adat istiadat. Sebagai warga negara Indonesia, kita tidak boleh membeda bedakan suku bangsa karena kita adalah NKRI. Contoh suku bangsa Indonesia adalah suku Toraja, suku Sunda, suku dayak, suku Jawa dan lain lain. Selain mempunyai keberagaman suku, Indonesia juga memiliki keberagaman agama. Agama di Indonesia antara lain Islam, Kristen, Protestan, Budha, Hindu dan Konghucu. Indonesia juga dijuluki sebagai negara seribu pulau dan negara maritim. Namun hal tersebut tidak membuat Indonesia menjadi terpecah. Budaya dan suku bangsa Indonesia juga sangat banyak. Indonesia juga memiliki penduduk terpadat ke-4 di dunia. Maka dari itu, kita tidak boleh berpecah belah, kita harus tetap bersatu kerena semboyan kita adalah Bhinneka Tunggal Ika (bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh). Kita tetap harus bersatu membela dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia

  113. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki bermacam-macam suku bangsa, budaya, dan adat istiadat. Keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi membuat Indonesia semakin indah dan kaya akan budaya. Kita semua bersyukur atas anugerah yang telah Tuhan berikan kepada bangsa Indonesia sehingga kita kaya akan budaya serta sumber daya alam nya. Dan kita pun wajib melestarikan dan menjaga nya, agar budaya kita sendiri tidak diakui oleh negara lain. Kita harus menghargai perbedaan bangsa, ras, dan agama yang berbeda, kita juga harus saling tolong-menolong dan bersatu, serta toleransi kepada orang yang berbeda budaya. Karena walaupun berbeda suku, budaya, dan agama, dll. tetapi kita tetap berbangsa satu, bangsa Indonesia.

    Dhia Rifhila A. VIII-C

  114. Menurut saya, Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi.
    Bagi bangsa Indonesia perbedaan norma dan kebiasaan antar masyarakat bukanlah penghalang dalam menciptakan kebersamaan yang erat dan utuh.
    Setiap daerah di Indonesia memiliki corak dan budaya masing-masing yang menjadi ciri khas masyarakat tersebut.
    Di Indonesia tidak memandang suku,agama,dan ras tertentu, tapi semua orang tidak dilihat oleh suku,agama,dan ras, tetapi mempunyai hak dan kewajiban yang sama.
    Di Indonesia banyak sekali macam flora dan fauna yang sangat terkenal dan langka.
    Kepercayaan rakyat Indonesia terlahir dari Dasar Negara yaitu PANCASILA dan semboyan nya yaitu ‘BHINEKA TUNGGAL IKA’ yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu
    Di Indonesia pun sudah banyak budaya-budaya yang negatif seperti para pejabat yang korupsi, tetapi Indonesia sudah bisa melawan budaya-budaya negatif itu.
    sekian dari saya
    Ika Anisa Al Hana
    8-C

  115. menurut presepsi saya, negara kesatuan republik indonesia, adalah negara yang memiliki bermacam-macam suku,agama,dan adat istiadat yang bervariasi membuat indonesia kaya akan kebudayaanya dan indonesia mempunyai SDA yang berlimpah. setiap daerah mempunyai adat istiadat yang di lakukan secara turun temurun, misalnya: upacara adat ngaben (bali) yang pada intinya bertujuan untuk mengembalikan roh leluhur ketempat asalnya. selain itu indonesia juga kaya akan suku bangsanya, seperti: suku dayak dari kalimantan, suku bugis dari sulawesi selatan, suku baduy dari banten. indonesia juga memiliki bermacam-macam rumah adat, contohnya: rumah joglo dari Yogyakarta, rumah kebaya dari Jakarta,dan rumah gadang dari Padang. dan kita juga harus menjaga dan melestarikan budaya kita, yaitu budaya indonesia

  116. Menurut saya indonesia adalah negara yg telah diberi rahmat atau anugrah yang banyak sekali oleh Allah contoh nya indonesia mempunyai banyak sekali suku bangsa,ras dan bahasa nya pun berbeda -beda.Seperti di Sulawesi di sana banyak sekali suku bangsa dan ras nyapun berbeda beda ,tetapi mereka tetap bisa bersatu tidak saling mengancam satu sama lain beda sekali dengan di pulau Jawa.Di Jawa banyak sekali terjadi aksi tawuran maupun antar kampung,sekolah entah itu SD,SMP,SMA dan geng ada juga kerusuhan di bidang politik seperti korupsi,pelanggaran HAM yg dilakukan oleh pejabat,pejabat yg beraksi koboi,tetapi ada juga pejabat yang menentang keras aksi korupsi dan aksi tawuran seperti gubernur DKI Jakarta yaitu pak Ahok beliau sangat menentang keras aksi tawuran jika beliau tau ada siswa sekolah Jakarta yang terlibat tawuran beliau akan mengeluarkan siswa itu dari kota Jakarta.Jadi sekarang menurut saya indonesia harus meningkatkan mutu pendidikan dan etika di indonesia karena jika sudah ditingkatkan indonesia akan menjadi negara yang mempunyai perekonomian yang maju karna indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah.

  117. INDONESIA

    Menurut presepsi saya,negara Indonesia adalah negara yang sangat indah karena mempunyai kekayaan alam yang sangat beragam dan mempunyai keragaman budaya yang sangat bervariasi contohnya seperti upacara ngaben di Bali, upacara dugderan di Semarang dan atraksi debus di Banten. Selain itu Indonesia juga mempunya beragam suku bangsa seperti suku badui di Banten,suku anak dalam di Jambi dan suku ambon di kota Ambon. Kebudayaan-kebudayaan tersebut saat ini masih di percayai oleh masyarakat dalam atau di daerah yang jauh dari daerah perkotaan. Rasa kekeluargaan,kebersamaan dan gotong royong sudah mulai berkurang di daerah perkotaan karena kesibukan masyarakat Indonesia dan pengaruh dari budaya luar. Masyarakat Indonesia menjadi terpecah belah dan lupa dengan negaranya sendiri. Akibatnya, kebudayaan- kebudayaan dareah di Indonesia sudah mulai hilang karena tidak ada yang melestarikannya dan kebudayaan itu bisa saja di ambil oleh negara lain. Jadi, agar negara Indonesia menjadi negara yang maju dan kita sebagai warga negara yang baik harus melestarikan berbagai kebudayaan daerah di indonesia.

    Siti Mutia Kurnia
    VIII-C
    no absen 34

  118. “Kebudayaan Indonesia”
    Budaya indonesia merupakan suatu kebiasaan yang mengandung nilai-nilai penting dan fundamental yang diwariskan dari generasi. Warisan tersebut harus dijaga agar tidak luntur atau hilang, sehingga dapat dipelajari dan dilestarikan oleh generasi berikutnya. Tanpa adanya kebudayaan. Negara tidak dapat mempunyai ciri khas dimata dunia.Namun yang menjadi kegelisahan para seniman dan tokoh masyarakat yang sudah bergaul dengan kebudayaan alami indonesia adalah tidak adanya pengakuan atau pengukuhan atas berbagai macam suku, budaya, adat dan kekayaan alam indonesia pleh pemerintah.Ini beberapa contoh adat istiadat yang masih dilaksanakan dan dilestarikan dibeberapa daerah di Indonesia: Suku toraja, ngaben- pembakaran jenazah dibali, suku dayak,kampungadat naga-jawa barat, suku bugis-sulawesi selatan

    Rizkia nuramelia p.s
    8-E

  119. menurut pendapat saya, negara indonesia adalah negara yang menarik. karena negara indonesia memiliki banyak sekali aneka ragam suku,adat istiadat, ras, golonga, dan ragam ciri khas lainnya. salah satu keindahan di indonesia adalah laut dan hutannya. Negara indonesia memiliki banyak laut-laut dan hutan yang banyak yang dapat dijadikan tempat wisata yang indah dan menarik banyak wisatawan. tetapi,sayangnya banyak laut dan hutan yang kurang diperhatikan dan dilestarikan oleh masyarakat, sehingga banyak tempat yang kotor dan kurang menarik. para wisatawan juga harus lebih disiplin agar tidak membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungann untuk menjaga kelestarian disekitar lingkungannya.lalu dibidang politik, pemerintah negara indonesia masih banyak yang sering melakukan korupsi dan kurang memerhatikan rakyatnya.pemerintah harus lebih memerhatikan rakyatnya,apalagi teradap rakyat yang tidak mampu dan pengagguran.rakyat indonesia juga masih dalam kondosi ekonomi yang sedikit. pemerintah harus lebih memadaidan dan bijak dalam melakukan keputusan agar dapat membuat negara indonesia menjadi lebih baik.

    salsabila ( 8-B)

  120. Indonesia adalah Negara yang kaya Akan rempah-rempah Dan memiliki ke puluhan Terbesar di dunia Dan memiliki Budaya yang Cukup Bagus Dan Banyak,Indonesia juga sangat Bagus dalam perikanan Dan juga memiliki kekayaan alam yang melimpah,tetapi Indonesia juga mendapatkan Kerugian dikarenakan Negara asing yang mengambil hasil laut Dari Indonesia,Pmerintah Indonesia pun Tidak peduli Akan itu,Menurut saya Indonesia harus lebih hati” Akan Negara lain,Indonesia pun mempunyai suku-suku yang sangat unit Dan kreatif,karena itu saya menyukai Indonesia,tetapi Indonesia Tidak terlalu Bagus dalam olahraga contohnya sepak bola,tetapi Menurut saya Sekarang Indonesia Sudah lumayan Bagus dalam Bilang olahraga contohnya Indonesia hampir semua olahraga dimenangkan di ajang sea games karena itu saya mencintai Indonesia.

  121. Menurut saya, Indonesia adalah negara yang sangat luas dan sangat indah jika dibandingkan dengan negara-negara lain, dilihat dari wilayah maupun budaya-budayanya yang ada. Wilayah Indonesia yang sangat luas menjadi salah satu pengaruh mengapa suku, budaya, dan bahasa yang ada di Indonesia bisa menjadi sangat beragam. Pemandangan atau panorama yang indah juga banyak terdapat di Indonesia, contohnya Puncak sebagai pemandangan pegunungan yang indah dan juga Bali sebagai pemandangan pantai yang indah. Selain itu semua, kuliner Indonesia juga sangat beragam, bahkan beberapa makanan khas Indonesia telah memasuki negara lain dan menjadi terkenal. Tanah yang subur juga dimiliki Indonesia sebagai pengaruh dari iklim tropis,terutama tanah di Pulau Jawa. Masih bicara soal budaya, Indonesia juga mempunyai mainan/permainan tradisional yang khas, unik, dan menarik, misalnya gasing dan kelereng. Serta Indonesia memiliki banyak upacara dan rumah adat yang khas sesuai dengan daerah masing-masing. Alat musik tradisional khas Indonesia juga banyak, contohnya tifa dari Papua dan angklung dari Jawa Barat. Lalu, lokasi Indonesia yang strategis menjadikan Indonesia sebagai pusat perdagangan dan lalu lintas perdagangan internasional. Selain sebagai lalu lintas perdagangan nasional, Indonesia juga sering didatangi oleh para turis karena lokasinya yang strategis itu serta karena Indonesia memiliki banyak tempat berlibur dan pemandangan yang indah dan menarik. Para pedagang juga tertarik dengan Indonesia karena Indonesia memiliki Sumber Daya Alam(SDA) dan Sumber Daya Manusia(SDM) yang banyak dan dibutuhkan oleh para pedagang.

    Isti Putri Nurilmi
    VIII-C

  122. menurut pendapat saya Indonesia adalah bangsa yang besar , dimanasemua penduduknya saling menghargai satu sama lain dan semua penduduknya tidak membeda bedakan suku,agama,ras,dan lain lain semua warga Indonesia bersatu dalam keselarasan bhineka tunggal ika yaitu berbeda beda tapi tetap satu jua.namun pada masa ini sudah mulai berkurang rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang ada di indonesa karna seing terjadi tawuran dan aksi aksi yang menentang adanya perbedaan Indonesia juga memilki sumber daya alam yang sangat melimpah ,yang sangat kaya ,kita juga harus bisa mengelola dengan baik sumber daya alam yang kita miliki jangan sampai kekayaan alam yang kita miliki direbut oleh oihak asing.Indonesia juga memiliki permasalhan yang banyak seperti masalah sosial,maslah politik,bencana alam dan lain sebagiannya.masalah sosial sering terjadi di negara kita dan yang paling sering kita lihat adalah masalah kemisinan ya,kemiskinan di Indonesia masih tergolong tinggi tingkatannya.program program yang diberikan oleh pemerintah seakan tak berjalan lancar,karna banyak terjadi penyelewengan dana,dan bantuan yang diberikan tidak tepat sasaran .saya harap pemerintah lebih fokus memberikan bantuan pada warga miskin dan menghilangkan ketergantungan masyarakat pada program yang diberikan.Ini adalah Indonesia menurut padangan saya,dengan segala kekurangan dan kelebihan yang Indonesia miliki dan sya tetap bangga menjadi warga negara Indonesia.

    TasyaEsfandiary.8C

  123. menurut saya indonesia letaknya strategis, karena diapit oleh dua benua benua asia dan australia dan dua samudera samudera hindia dan samudera pasifik. indonesia kaya akan sumber daya alamnya yang berlimpah, contohnya rempah – rempah, sumber daya hutan, emas, pasir, batu bara, besi, minyak bumi dan masih banyak yang lainnya.
    indonesia juga kaya akan lautan, karena lautan juga bermanfaat untuk negara indonesia lautan bisa di pakai untuk alat transportasi laut salah satunnya kapal laut, lautan juga bisa di ambil ikannya untuk di makan, lautan juga memiliki keindahan bawah laut yang bisa menarik perhatian orang, selain itu lautan juga bisa menghasilkan minyak bumi untuk bahan bakar alat transportasi.
    sekian dari saya Suci fujihasanah
    8-C

  124. Indonesia adalah negara yang kaya akan dan beragam.Mulai dari Sumber Daya Alam yang berlimpah,suku,agama,bahasa,kuliner,adat istiadat,dan masih banyak lagi.Semua kekayaan itu,hadir secara lengkap dalam negara Indonesia.Oleh karena itu,kita sebagai rakyat yang tinggal di Indonesia sepatutnya selalu mensyukuri semua nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan YME.Sebelum semua kekayaan itu di curi oleh negara lain.
    Selain negara yang kaya dan beragam,Indonesia juga merupakan negara yang letaknya sangat strategis.Indonesia dikatakan strategis karena negara Indonesia diapit oleh negara-negara maju.Dengan begitu,rakyat Indobnesia dapat melakukan kegiatan ekspor import dengan sangat mudah.Tetapi dibalik semua kekayaan dan keberagaman yang dimiliki Indonesia,masih banyak rakyat Indonesia yang hidup dalam serba kekurangan,masih banyak pejabat-pejabat yang melakukan korupsi,masih banyak kekerasan yang terjadi pada anak-anak dan masih banyak lagi kasus-kasus yang menimpa rakyat Indonesia.Saya berharap di tahun 2015 ini,negara Indonesia bisa menjadi negara yang lebih baik lagi,dan semua kasus-kasus yang terjadi di Indonesia bisa berkurang.Amin…

    Sekian dari saya :
    Siti Nurfachria
    8-C

  125. menurut saya indonesia itu adalah surga alam.Banyak kekayaan alam indonesia yang banyak sekali dan tidak ada di negara negara lain.Sejak jaman dahulu indonesia adalah negara yang sering diincar bangsa bangsa lain.di indonesia juga ada hutan yang diakui dunia sebagai paru paru dunia.banyak bangsa asing yang datang ke indonesia untuk berlibur dan menikmati panas nya sinar matahari tropis.indonesia adalah negara kepulauan banyak pulau di indonesia yang indah sekali seperti Bali,lombok,kepulauan seribu,dll.banyak orang asing yang datang ketempat itu untuk berwisata.indonesia juga adalah negara yang memiliki tim penyelamat yang baik didunia seperti basarnas.negara yang memiliki penyelamat terbaik didunia seperti rusia,amerika,indonesia,australia,dan jepang.indonesia diakui dunia sebagai penyelamat terbaik di asia.indonesia juga memiliki karya anak bangsa seperti 4G yang dibuat oleh anak bangsa lalu sepeda motor bertenaga helikopter,kompor bertenaga surya,dll.seharusnya kita menjaga dan mensyukuri apa yang kita miliki dan menjaganya jangan sampai jatuh kepada negara lain.Dan terus bekaraya menciptakan hal baru yang dapat ,mengharumkan nama bangsa INDONESIA.

  126. menurut saya ; Negara Kesatuan Republik Indonesia itu merupakan sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi.
    Sejarah bangsa Indonesia dibangun oleh persatuan seluruh anak bangsa tanpa melihat suku,agama dan ras. Di Indonesia mempunyai Sumber Daya Alam yang tak terhingga baik sumber daya alam hayati maupun sumber daya alam non hayati. Di Indonesia juga memiliki keragaman norma dan adat (kebiasaan). Norma dan kebiasaan ini tumbuh didasarkan oleh jiwa masyarakat itu sendiri. Perbedan norma dan kebiasaan antar masyarakat bukanlah penghalang dalam menciptakan kebersamaan.
    Di Indonesi tiap daerah memiliki corak dan budaya masing-masing yang menjadi ciri khas masyarakat tersebut. Misalnya upacara ritual,pakaian adat,bentuk rumah, kesenian, bahasa dan tradisi lainnya.
    Di Indonesia memiliki bermacam-macam suku,misalnya :
    1. Suku Toraja ( Dipegunungan bagian utara Sulawesi Selatan Indonesia )
    2. Suku Dayak ( Kalimantan )
    3. Suku Bugis ( Sulawesi Selatan )
    Negara Indonesia juga banyak sekali pualu-pulau dan Indonesia juga memiliki provinsi yang berjumlah 34 provinsi.
    Sekian dari saya Suci Mulyanti
    8-E

  127. Kebudayaan Indonesia, Budaya merupakan suatu kebiasaan yang mengandung nilai nilai penting dan fundamental yang diwariskan dari generasi ke generasi. Warisan tersebut harus dijaga agar tidak luntur atau hilang. Sehingga dapat dipelajari dan dilestarikan oleh generasi berikutnya. Tanpa adanya kebudayaan, suatu negara tidak dapat mempunyai ciri khas dimata dunia. Namun yang menjadi kegelisahan para seniman dan tokoh masyarakat yang sudah bergaul dengan kebudayaan alami Indonesia adalah tidak adanya pengakuan atau pengukuhan atas berbagai macam suku, budaya, adat dan kekayaan alam Indonesia oleh pemerintah. Ini beberapa contoh adat istiadat yang masih dilaksanakan dan dilestarikan dibeberapa daerah di Indonesia : Suku Toraja, Ngaben, Suku Dayak, Kampung adat Naga, Suku Bugis *Sopyan 8e

  128. Menurut saya, Kebudayaan Indonesia, Budaya merupakan suatu kebiasaan yang mengandung nilai nilai penting dan fundamental yang diwariskan dari generasi ke generasi. Warisan tersebut harus dijaga agar tidak luntur atau hilang. Sehingga dapat dipelajari dan dilestarikan oleh generasi berikutnya. Tanpa adanya kebudayaan, suatu negara tidak dapat mempunyai ciri khas dimata dunia. Namun yang menjadi kegelisahan para seniman dan tokoh masyarakat yang sudah bergaul dengan kebudayaan alami Indonesia adalah tidak adanya pengakuan atau pengukuhan atas berbagai macam suku, budaya, adat dan kekayaan alam Indonesia oleh pemerintah. Ini beberapa contoh adat istiadat yang masih dilaksanakan dan dilestarikan dibeberapa daerah di Indonesia : Suku Toraja, Ngaben, Suku Dayak, Kampung adat Naga, Suku Bugis
    #Adelia 8E

  129. menurut saya indonesia terletak di dua benua yaitu asia dan australia indonesia sangat kaya dengan rempah rempah dan lain lain karna rempah rempah negara lain ingin menjajah indonesia seperti jepang,belanda,portugis,sekutudan lain lain. indonesia beragam dengan suku bangsa,alat musik,makanan tradisional,baju adat, dan agama lokasi indonesia letaknya strategis makannya menjadi jalur perdagangan. indonesia memiliki banyak sekali keindahan sepeti,danau toba,pantai parangteritis,gunung semeru,paintai lombok dan lain lain warga indonesia memiliki murah senyum ketiga dari seluruh dunia.karna banyak gunung gunung yg aktif di indonesia tanah indonesia menjadi subur banyak tanaman bisa tumbuh subur seperti teh,jahe,lengkuas dan lain lain. sekian dari saya firgian afinta 8-e

  130. Negara kesatuan republik indonesia memiliki beragam pulau, kebudayaan, serta bahasa yang bermaca-macam. Salah satu budaya yang menarik adalah ngaben, ngaben adlah upacara pembakaran mayat, kususnya yang beragama hindu.makna upacara ngaben intinya adalah, untuk mengembalikan roh leluhur(orang yang sudah meninggal)ketempat asalnya. Lalu salah satu suku yang menarik adalah suku toraja.sulu toraja adlah suku yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan.nama toraja mulanya .diberikan oleh suku bugis sidenreng dan dari luwu. Lalu suku yang menarik lainya adalah suku toraja. Sejak abad ke 17. Suku dayak di kalimantan mengenal tradisi penandaan tubuh melalui tindik di daun telinga. Tak sembarangan orang yang bisa di tindik. Hanya kepala suku atau panglima perang yang oleh di tindik.sedangkan wanita menggunakan anting pemberat untuk membesar kuping mereka agar terlihat lebih cantik.

    Rifat 8-E

  131. Negara kesatuan Republik Indonesia merupakan potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi bangsa indonesia memiliki bermacam-macam suku bangsa budaya dan ras setiap suku bangsa mempunyai ciri-ciri kebudayaan sesuai latar belakang masing-masing. Sejarah bangasa Indonesia dibangun oleh persatuan seluruh anak bangasa tanpa melihat suku, agama, dan ras kebersamaan dan keanekaragaman yang harus kita pupuh. Keberagaman agama norma dan adat (kebiasaan) di nusantara merupakan anugerah yang tak terhingga sebagai kekayaan bangsa indonesia norma dan kebiasaan dalam suatu masyarakat tumbuh di dasarkan oleh jiwa masyarakat itu sendiri dalam pelaksanaannya. Kita akan menemukan berbagai perbedaan adat dan kebiasaan antar daerah, adat istiadat artinya segala aturan, ketentuan tindakan yang menjadi kebiasaan suatu masyarakat secara turun temurun tiap daerah memiliki corak dan budaya masing- masing

    Aji wibowo permana putra -8-E

  132. Menurut saya,Indonesia itu merupakan negara hukum yang besar,yang terdiri dari berbagai macam adat istiadat,budaya,dan bahasa.Arti adat istiadat itu sendiri adalah sebuah ungkapan yang artinya segala aturan,ketentuan,tindakan yang menjadi kebiasaan suatu masyarakat secara turun temurun.Selain beragamnya adat istiadat,Indonesia juga memiliki beberapa tempat berpemandangan yang indah,makanan-makanan khas di setiap daerah,tempat-tempat wisata yang kaya akan sejarah,dan kekayaan alam yang tidak dimiliki negara lain.Sayangnya,walaupun Indonesia itu banyak kelebihannya ada juga kekurangannya.Seperti banyaknya masalah-masalah yang terus berdatangan.contoh dari beberapa masalahnya : Kemiskinan,Korupsi,dan Kesehatan.Tapi jangan cuma pandang Indonesia dari masalahnya saja,.Indonesia itu hebat,karena menjadi negara terpadat ke-4 di dunia,dan beberapa title hebat lainnya.Kita hanya perlu menjadikan negara Indonesia ini sebagai inspirasi dari negara-negara diluar sana… Sekian dari saya Ibnu Jati,mohon maaf bila ada salah ketik,kalimat,atau ketidak tahuannya saya!

  133. Menurut saya,
    Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kebudayaan yang beraneka ragam, misalnya tari-tarian.Tari pendet dari daerah Bali,tari jaipong dari daerah Jawa Barat. Bangsa Indonesia juga memiliki macam-macam suku bangsa, dan setiap suku bangsa mempunyai ciri-ciri tersendiri sesuai dengan latar belakang masing-masing. Selain mempunyai suku bangsa yang beragam, bangsa Indonesia pun memiliki adat istiadat seperti upacara ngaben di Bali.
    Bangsa Indonesia sangatlah kaya akan kebudayaan, selain itu juga Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam. Tetapi di balik kelebihan itu, bangsa Indonesia juga mempunyai kekurangan yaitu bangsa Indonesia menjadi tingkat kedua korupsi di ASEAN dan bangsa Indonesia telah terpengaruhi oleh budaya dari luar seperti pakaian, makanan dan teknologi.
    Bangsa Indonesia pun mempunyai wilayah yang sangat luas dan juga memiliki berbagai lagu daerah, tarian daerah dan pakaian daerah. Selain itu Indonesia juga memiliki agama yang bermacam-macam, seperti : Islam, Katolik, Kristen Protestan, Khonghucu, Budha dan Hindu.
    Dengan semua kelebihan dan kekurangan tersebut, saya sangat bangga dengan bangsa Indonesia karena bangsa Indonesia memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya. Semoga masalah yang belum terselesaikan akan cepat diatasi dan lebih baik lagi di masa mendatang.

    Reisyavitani Adelia Rahma
    VIII-E

  134. Assalamualaikum wr wb.
    Menurut saya Indonesia mempunyai kekayaan alam yang sangat berlimpah.Tetapi bukan hanya kekayaan alam saja yang dimiliki Indonesia.Dari segi kuliner Indonesia paling nomor 1. Apalagi budayanya ,budaya Indonesia itu banyak sekali seperti makepung dari Bali,Upacara Tabuik dari Sumatera Barat,Debus dari Banten dll. Bahasa ? Indonesia itu negara yang mempunyai banyak sekali ragam bahasa.Keindahan alam pun banyak bahkan tak kalah dengan negara luar.Kita mempunyai hutan ,gunung,danau,lauttan,yang sangat indah . Sebenarnya apa yang kurang dari Indonesia ? batu bara punya,emas,perak,minyak bumi punya .Tinggal kita saja yang mengelolanya dengan baik .Banyak SDA dan SDM yang tak kalah dengan negara lain .Tetapi kenapa belum dimanfaatkan ?contohnya FREEPORT yang dikelola oleh orang asing .Mengapa harus dikelola oleh orang asing.apa pesan Soekarno “Biarlah hasil bumi kita terpendam sampai anak cucu kita bisa mengelolanya”
    Kembali ke masalah budaya saya sekarang bingung dengan anak muda zaman sekarang mereka terlalu ingin mengikuti budaya luar . Seharusnya anak muda zaman sekarang harus lebih lagi ditanamkan KECINTAANYA terhadap Indonesia .
    Kadang saya juga sedih melihat anak” yang pulang sekolah ada yang bawa rokok ,bonceng pacar ,nongkrong dan pergaulan yang tidaj jelas.Emang apasih untungnya ? kan gaada juga. Saya yakin apabila kita ditanamkan rasa takut kepada allah .Maka insyaallah tidak akan terjadi seperti ini .
    Jadi intinya Moral yang buruk sangat berpengaruh dengan kemajuan Indonesia.Sekian dari saya Indah Rahmadani VIII – C.

  135. Menjelajah Indonesia

    menurut saya….
    Indonesia merupakan negara yang kaya akan budayanya dan mempunyai bermacam- macam suku bangsa,bahasa,ras dan agama.Di setiap daerahnya Indonesia memiliki ciri khasnya masing – masing.Misalnya seperti upacara adatnya,pakaian adatnya,tarian daerahnya,keseniannya dan sebagainya.Contohnya di suku Toraja yang terdapat di pegunungan bagian uata Sulawesi Selatan.Suku Toraja ini memiliki kekhasan dan keunikan yaitu dalam tradisi upacara pemakamannya.Disana mayat tidak dikubur melainkan disimpan di “Tongkonan” untuk beberapa waktu sampai keluarganya memiliki cukup uang untuk melaksanakan upacara yang pantas bagi si mayat.Sama halnya di Bali,ada keunikan dalam upacara pemakamannya,yaitu ngaben.Ngaben adalah upacara pembakaran mayat,khususnya untuk yang beragama hindu.Pada saat melakukan upacara ini ,sikeluarga tidak boleh ada yang menangis,karena di bali ada suatu keyakinan bahwa,kita tidak boleh menangisi orang yang sudah meninggal karena itu dapat menghambat perjalanan sang arwah emnuju tempatnya.selain itu,Indonesia memiliki tarian – taria dari berbagai daerah misalnya di daerah jawa barat ada tari jaipong,di daerah sumatera Barat ada tari piring,di daerah bali ada tarai kecak dan pendet.Indonesia juga mempunyai tempat – tempat yang indah untuk di kunjungi.Diantaranya ada pulau Komodo di Nusa Tenggara,Raja ampat,tamn laut Bunaken,danau Sentani,dan masih banyak lagi tempat – tempat Indah di Indonesia.jadi,kita sebagai anak indonesia harus bangga dengan negerinya sendiri dibanding negeri seberang.

    Mira Rosanti 8e

  136. Menurut saya indonesia memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi , indonesia juga kaya akan SDA yang melimpah dan terbagi rata di seluruh wilayah indonesia , indonesia juga memiliki keberagaman suku bangsa , agama, dan ras yang berbeda beda. Masing masing wilayah indonesia memiliki budaya dan adat yang berbeda beda yang menjadikan ciri khas pada daerah tersebut , indonesia juga memiliki banyak suku diantaranya , suku toraja, bugis, tengger, dayak ,dan masih banyak lagi .Tapi kekurangan pada bangsa indonesia adalah terjadi berbagai macam masalah politik, sosial, budaya.Terlebih lagi banyak terjadi tauran antar pelajar dan mahasiswa, pergaulan bebas tampa batas, dan gerakan masal yang mengakibatkan keributan dimana mana ,belum lagi banyak terjadi perbedaan pendapat yang mengakibatkan perslisihan. Sumber daya alam yang melimpah di indonesia tidak dimanfaatkan sebaik baiknya ,contohnya banyak terjadi penambangan emas & perak yang ilegal, dan banyak juga terjadi penggalian minyak bumi yang ilegal ,yang dilakukan oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

    Erna Rizqia Mahardhany
    8C

  137. menurut saya kebudayaan di indonesia yaitu keanekaragaman budaya di indonesia dari sabang sampai merauke merupakan aset yang tidak ternilai harganya sehingga harus tetap di pertahankan dan terus di lestarikan. tetapi sayangnya sebagai anak bangsa indonesia masih banyak yang tidak mengetahui ragam budaya daerah lain di indonesia , salah satunya budaya tato di mentawai , sumatra barat , tindik sebagai tanda kedewasaan dan masih banyak kebudayaan lain yang belum terekdplorasi . bagi penyuka traveling ke berbagai daerah di indonesia, khususnya yang rasa ingin tahunya cukup tinggi terhadap beragam budaya , tidak ada salahnya mampir ke mentawai untuk melihat dari dekat budaya tato yang sudah menjadi kebudayaan masyarakat setempat , selain menikmati sajian pesona alam dan juga keindahan lautnya
    salwa luthfi 8-e

  138. Jika kita berbicara tentang Indonesia, tentu tidak akan ada habisnya. Indonesia adalah negara kesatuan yg memiliki keragaman budaya yg lengkap dan bervariasi. Bangsa Indonesia juga mempunyai ciri-ciri kebudayaannya sendiri, sesuai dengan latar belakang masing-masing. Indonesia terkenal dengan adat istiadatnya. Adat istiadat adalah sebuah ungkapan yg artinya segala aturan, ketentuan, tindakan, yg menjadi suatu kebiasaan suatu masyarakat secara turun temurun. Misalnya suku Toraja yg memiliki keunikan dalam tradisi upacara pemakaman yg disebut ‘rambu tuka’ dan contoh lain adalah ‘ngaben’ (upacara pembakaran jenazah) di Bali.
    Indonesia juga terkenal dengan makanannya. Contohnya ‘rendang’. Makanan ini termasuk dalam kategori makanan paling lezat di dunia. Disusul dengan nasi goreng dan sate.
    Tidak hanya adat istiadat dan makanannya. Flora dan fauna Indonesia juga terkenal. Bahkan Indonesia juga terkenal dengan korupsi, kepadatan penduduk, dan polusinya. Namun saya tetap bangga menjadi warga negara Indonesia.

    -Santy Marshanda 8E

  139. Menurut saya
    Negara kesatuan republik indonesia merupakan potret sebuah negara yang memiliki keragaman budaya yang lengkap dan bervariasi. Indonesia kaya akan ragam seni budaya sudah semestinya indonesia berbangga maka sudah selayaknya bagi bangsa dan masyarakat negeri ini untuk melestarikan dan menajaga ragam senibudaya yang ada di indonesia ini jadi tidak mustahil banyak hasil cipta rasa dan karya dalam berbagai adat dan ragam senibudaya yang dimiliki oleh bangsa indonesia ini selalu di lirik oleh bangsa lain. Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional.
    Pengertian budaya berasal dari bahasa sansekerta budaya yang berarti akal.
    Budaya adalah segala sesuatu yang dipelajari dan diwariskan bersama secara sosial yang melahirkan pandangan hidup yang akan mempengaruhi sikap sosialisasi.

  140. Menurut saya, Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan yang luhur keanekaragaman budaya merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Salah satu kebudayaan adalah upacara adat. Upacara adat merupakan suatu bentuk tradisi yang bersifat turun-temurun yang dilaksanakan secara teratur dan tertib menurut adat kebiasaan masyarakat dalam bentuk suatu rangkaian aktivitas permohonan sebagai ungkapan rasa terima kasih. Selain itu, upacara adat merupakan perwujudan dari sistem kepercayaan masyarakat yang mempunyai nilai-nilai universal, bernilai sakral, suci, religius, dilakukan secara turun-temurun serta menjadi kekayaan kebudayaan nasional. Unsur-unsur dalam upacara adat meliputi: tempat upacara, waktu pelaksanaan, benda-benda/peralatan, dan pelaku upacara yang meliputi pemimpin dan peserta upacara, Jenis-jenis upacara adat di Indonesia antara lain: upacara kelahiran, perkawinan, kematian, penguburan, pemujaan, pengukuhan kepala suku, dan sebagainya.
    Beberapa upacara adat tradisional yang dilaksanakan masyarakat daerah tertentu antara lain: Rambu Tuka di Tana Toraja, Sulawesi Selatan dan Ngaben di Bali. Upacara adat, sebagai kekayaan budaya bangsa Indonesia wajib kita lestarikan dan kembangkan. Sekian dari saya.. (Monica Sekar 8e)

  141. menurut saya memang indonesia memiliki banyak keragaman di berbagai bidang misal agama, kebudayaan, suku dll. namun dari keanekaragaman tersebut itulah indonesia ini menjadi berwarna, namun tetap satu yaitu indonesia. Bhineka tunggal ika dan juga Indonesia memiliki banyak sekali keberagaman, seperti keberagaman budaya, suku, agama, dll.
    sudah sepatutnya sebagai bangsa Indonesia kita harus bangga dengan keberagaman tersebut, karena meskipun berbeda-beda tetapi kita tetap satu.
    dan kita wajib menjaga serta melesatrikan keberagaman tersebut dengan cara saling menghormati, saling mengasihi dan saling mengayomi #aria wirata 8A

  142. Menurut saya ,Indonesia itu kaya akan baudayanya,adat-istiadatnya,suku-suku bangsanya,keberagaman flora dan faunanya,kaya akan hasil tambangnya,dan masih banyak lagi.
    Indonesia terletak di daerah yang tropis,dan banyak gunung gunung berapi yang aktif,sehingga daerah di indonesia relatif subur.Indonesia hanya memiliki dua musim yaitu musim hujan dan kemarau,dengan jangka waktu 6 bulan sekali.keberagaman flora dan fauna di Indonesia juga mempengaruhi wisatatawan wisatawan asing datang ke indonesia.hasil tambang di Indonesia juga tidak kalah dengan negara negara tetangga.hasil hasil pertanian di indonesia juga cukup melimpah.
    maka dari itu dulu bangsa bangsa asing memjajah kita untuk mengambil rempah rempah yang ada di indonesia,seperti jahe,kayumanis,dan cengkeh.
    karena rempah rempah tersebut hanya tumbuh di daerah tropis.
    jadi kita harus bangga menjadi warga negara indonesia .sekian apabila ada salah kata mohon maaf.Muhammad Rizqi Yunianto 8-E

  143. Menurut saya, indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, dan sejarah. Perjuangan yang ditempuh oleh para pejuang indonesia telah membuat bangsa indonesia menjadi bangsa yang hebat, walaupun di indonesia sampah belum terkelola dengan baik, pemberian bantuan buku dan fasilitas internet di pelosok-pelosok negeri belum terlalu memadai, tapi pemerintah dapat membenah sistem tata negaranya dengan cukup baik. Dibandung, saya suka dengan cara pemerintah bandung dengan kreatifitasnya membuat bandung menjadi lebih baik, bersih, indah dan nyaman untuk para pendatang, ataupun warga dibandung. Saya berharap jakarta, bogor, palembang, dan kota-kota lainnya bisa mencontoh kota bandung agar indonesia bisa lebih maju, dan lebih baik lagi dikancah internasional, maupun di dalam negeri. Dan, jangan lupa cintailah produk buatan negeri mu sendiri. Jika lebih dikembangkan lagi, produk indonesia juga tidak kalah dengan produk internasional. Seperti batik lombok, wayang kulit dan lainnya. Itu merupakan sebuah anugrah dari nenek moyang kita. Tak lupa, berterima kasih kepada tuhan yang maha esa karena sudah memberikan karunia kepada indonesia, dengan tanah yang subur, orang-orang yang ramah dan budaya yang beragam. Saya bangga menjadi bangsa indonesia. maju terus, Indonesiaku!

    Nadia, 8E

  144. INDONESIA
    Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan sebuah Negara yang memiliki keragaman budaya yang bervariasi. Bangsa Indonesia mempunyai bemacam-macam suku bangsa,dan setiap suku mempunyai kebudayaan sendiri. Tetapi seiiring perkembangan zaman, kebudayaan Indonesia semakin rusak dan tidak ada yang melestarikannya, karena sudah di jajah oleh bangsa lain dengan bermain gadged yang dapat membuang-buang waktu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: