Posted by: sopyanmk | 12/12/2010

Guru yang Disukai


Sebagai guru, memahami kehendak siswa adalah sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar lagi. Guru bukan sosok dari langit yang membawa sertifikat mengajar atau hanya berbekal keberanian terkait dengan keahlian bidang yang dikuasai saja. Guru adalah sebuah profesi yang secara sistemik terkait dengan berbagai elemen. Di Indonesia ada delapan elemen yang satu sama lain terkait dan saling mendukung untuk menciptakan kualitas pendidikan yang mumpuni sesuai dengan amanat UUD 1945 dan UU Sisdiknas Tahun 2003.

Guru dengan segala kelebihannya sebelum mendatangi kelas tidak bisa memaksakan kehendak dengan segala tindakan yang akan dilakukannya. Guru perlu memahami akan ke kelas mana ia datang? Akan bertemu dengan siapa saja ia di dalam kelas? Karakteristik murid yang seperti apa di dalam kelas itu? Materi apa yang akan disampaikan? Alat peraga dan pendekatan apa yang akan dilakukan? Suasana seperti apa yang akan diciptakan untuk keberhasilan proses pembelajarannya? Serta ribuan pertanyaan lain yang harus dikeluarkan demi terciptanya kondisi yang menyenangkan dan pemahaman maksimal dari materi yang disampaikan kepada murid-murid di kelas tersebut.

Sudah bukan jamannya lagi seorang guru mengajar di beberapa kelas tapi hanya menerapkan satu pendekatan saja. Hal itu disebabkan oleh keyakinan bahwa setiap karakteristik kelas memang berbeda sehingga memerlukan perlakukan yang berbeda pula.

Guru di sisi ini adalah guru yang mampu beradaptasi terhadap beragam suasana (situasi dan kondisi), tanpa itu semua menjadi mustahil adanya seorang guru dapat menjadi figur yang dapat menginspirasi siswanya menjadi siswa terbaik sesuai dengan kapasitas dan kualitas dirinya. Guru pasti akan menemukan siswa yang cerdas, cepat menguasai dan memahami, serta sangat kooperatif. Guru juga akan menemukan siswa yang sulit memperhatikan, susah mengerti, dan tidak paham materi yang disampaikan. Guru juga bisa menemukan berbagai variasi karakter murid yang ia ajar. Menjadi penting bagi guru untuk menyadari bahwa guru bukan sistem yang harus diterima siswa apa adanya tapi bagaimana menciptakan sistem agar siswa bisa bersinergi dan dapat menikmati segala sajian gurunya dengan senang hati.

Punya ide guru yang disukai seperti apa? Ikuti surveynya dengan click hyperlink di bawah ini:
Click here to take survey

Salam pendidikan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: