Posted by: sopyanmk | 22/05/2010

Seminar Penggunaan ICT dalam Pembelajaran


19 Mei 2010 menjadi hari spesial buat saya. Hari ini kami pagi-pagi kebingungan karena di hotel tidak ada fasilitas sikat gigi. Sehingga kami berencana membeli di hotel sambil sarapan. Tapi ada yang lupa diantara kami, karena kami masih memakai jam WIB. Sehingga, pada waktu baru saja selesai makan Pak Satria sudah mau menjemput, padahal kami belum juga mandi pagi. Wah pontang-panting jadinya… Sampai-sampai Pak Satria menyusul ke kamar.

Jam 8 lebih kami sampai di Gedung Telkom Balikpapan. Dahsyat sekali melihat luasnya lahan yang dimiliki TELKOM setelah sekian lama hanya melihat lahan-lahan sempit dan penuh dengan tembok dan cor dimana-mana. Ruangan yang nyaman karena mesin pendinginnya juga skala besar. Sehingga tidak berasa panas yang sedikit menyengat kalau ada di luar sana.

Acara dimulai pukul 8.30 dengan sambutan dari Mas Putu (ACER), Ketua Dewan Pendidikan Balikpapan, dan tentunya Pak Satria selaku Ketua IGI. Acara berikutnya adalah presentasi dari para pembicara. Sebetulnya acara pertama adalah bagian saya namun mengingat Mas Mampu harus pulang lebih dulu karena jadwal penerbangan yang hanya ada satu pesawat maka kami sepakat tukar tempat.

Pak Mampu memulai demo dengan tampilan template powerpoint yang siap pakai sekaligus kegunaan-kegunaannya. Sehingga dengan mudah guru-guru dapat menduplikasi dan menggunakannya dalam pemebelajaran. Demo video, cara membuat soal, link, dan masih banyak inovasi dari Pak Mampu yang betul-betul mempermudah. Antusiasme peserta untuk bertanya sangat luar biasa. Banyak sekali peserta yang mau bertanya namun karena keterbatasan waktu hanya beberapa orang saja yang bisa dilayani dan tidak lupa para penanya mendapatkan hadiah doorprize.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan presentasi Ndoro Kakung. Beliau menjelaskan banyak hal mengenai keuntungan, kelebihan, dan kerugian dan dampak lainnya dari internet. Ndoro Kakung ini sangat detail berdasarkan fakta-fakta dan data-data bahkan presentasenya lengkap sekali. Sehingga guru-guru menjadi antusias apalagi ketika Ndoro Kakung menjelaskan tentang dampak iseng dari penggunaan internet (Blog, FB dll…). Para pesertapun bersemangat ketika sesi tanya jwab, maklum doorprizenya semakin meningkat.

Bagian saya untuk tampilpun sampai. Melihat peserta yang sudah mulai jenih, saya mulai dengan permainan “Hujan rintik-rintik, Hujan Deras, dan Hujan Badai”. Guru-guru menjadi bergairah dan keluarlah candaan yang sebelumnya hening. Muka-muka yang ceria semakin terlihat. Tantangan berikutnya adalah saya meminta mereka untuk menulis “SAYA ADALAH GURU PROFESIONAL” yang disusul dengan pergantian tangan untuk menulis kata-kata yang sama. Bisa ditebak, keluhan dan suara-suara bermunculan. Ketika ditanya bisa, mereka menjawab bisa tapi…… perlu waktu tambahan, sulit, berat, capai, stress, dll. Saya pun menekankan bahwa semua orang bisa berubah asalkan mau melakukan sesuatu untuk perubahan itu.

Kejutan lain yang saya sampaikan adalah photo Obama dan Video Reporter. Mereka senyum-senyum dan tertawa melihat video dan photo saya. Selanjutnya saya ajak guru-guru untuk tantangan mengenal filosofis Ki Hajar Dewantara. Sepertinya kebanyakan peserta tidak tahu filosofis Bapak Pendidikan kita. Celakanya bisa jadi semua guru tidak tahu akan hal itu. Mudah-mudahan saja firasat saya tidak tepat. Amin…

Selanjutnya, materi tentang kegiatan yang saya lakukan dengan ICT sehingga berkesempatan bisa jalan-jalan ke Yunani, ke Amrik, dan ke Malaysia “gratis”. Saya hanya menekankan bahwa apa yang saya sampaikan ini nyata dan bisa dilakukan oleh setiap guru. Sangat sederhana, namun memang pasti sulit untuk dilakukan.

Setelah sesi tanya jawab (sepertinya saya bicara kepanjangan dan tidak melihat kode MC) ada 3 orang yang diberi kesempatan bertanya dan 3 orang quiz.

Selanjutnya, kami diantar ke Bandara oleh Pak Satria dan Ibu sambil mampir ke Resto kepunyaan orang Bugis di samping Mesjid al-BMG hehehe (kata Pak Satria) yang betnuknya seperti mesjid. Ikan Bakarnya… maknyusss.

Maaf sedikit terlambat reportasenya, maklum dikejar deadline lainnya.

Salam,
Sopyan


Leave a Reply

Categories

