Posted by: sopyanmk | 13/05/2010

Developing Creative Curriculum Workshop


Tanggal 8 Mei 2010 saya diundang oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia) untuk menjadi pembicara pada program kerja workshop di Kandatel TELKOM Jakarta Selatan, walau akhirnya dengan alasan ronovasi dipindah ke Kandatel Jakarta Barat di depan Mal Ciputra. Perjalanan menuju lokasi cukup memakan waktu dan harus naik taksi karena medan yang tidak kenal dan jika naik angkutan umum (bis) pasti terlambat.

Saya sampai tepat pukul 8 dan peserta baru hadir 4 orang. Hmmmm dapat dimaklumi kalau yang datang baru empat orang karena sebagian besar peserta bisa jadi kadung datang ke Sisingamangaraja di Blok M. Acara pun dimulai pukul 9 dengan peserta sekitar 10 orang dan terus bertambah sampai jumlah yang datang berjumlah 20 orang. Acara yang cukup spesial karena peserta sangat antusias terutama pada waktu membuat email account epals. Sayang internet acces menjadi lemot, padahal speedy sudah beraik hati memberikan hotspot. Anehnya sinyal full tapi aksesnya lambat sekali. Akhirnya saya minta peserta pindah ke spot lain yang memang banyak sekali ada.

Guru-guru antusias ketika diminta mencari school partner atau teachers partner dari luar negeri. Mereka juga mendapatkan ilmu bagaimana membuat email yang aman karena di filter dalam epals.

Sesi selanjutnya adalah sharing bagaimana membuat RPP berbasis Project. Satu hal yang saya tekankan kepada peserta. Kalau penilaian berbasis project, tentu penilaian tidak menjadi relevan ketika menggunakan sistem multiple choice atau essay. Sistem evaluasi yang paling tepat tentu menggunakan rubrik. Peserta diajak merancang sendiri rubrik di rubi star. Itu bisa di search di google. Cari saja create project, dijamin tinggal memilih sistem evaluasi apa yang cocok untuk sistem evaluasinya.

Acara sampai jam 3 pun hampir tidak terasa dilalui. Walau peserta 20 orang, rasanya puasssssssssss bisa berbagi dan semoga para peserta bisa mengambil manfaatnya. Amin.


Responses

  1. hik.. sirik.. pengen.. nyesel waktu itu ada ajakan pelatihaan apaaa gitu tak direspon, saya bentrok waktu itu pak.. btw.. rubrik itu.. rubrik yg kotak apa ya?

  2. rubrik itu kalau di indonesia familiar mirip skala sikap tapi lebih detail… you can search di google dengan key words rubistar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: