Posted by: sopyanmk | 14/01/2010

Dahsyatnya kreatifitas murid-muridku…


Mengajar sudah lebih dari satu dasawarsa, hampir setiap hari bergulat dengan segala tetek bengek proses KBM dan rutinitas. Walau dalam 5 tahun terakhir ada banyak hal yang menjandi inspirasi dan menantang untuk melakkan segala macam eksperimen. Sederhana saja, mengajar hanya itu-itu saja walau dalam tensi tinggi dan fasilitas lengkap, ternyata juga tetap membuat bosan dan jemu. Maka, mulailah muncul kegilaan untuk memberikan kebebasan dan kepercayaan kepada murid-muridku. Tidak selalu berhasil, kadang-kadang banyak gagalnya. Namun, ketika siswa sudah bisa melewati itu… dahsyat. Mereka seolah menemukan dunia mereka yang baru. Yang belum berhasil? Memang mereka harus didampingi.

Waktu mengajar English, aku lakukan eksperimen untuk tema conversation dengan tugas membuat film sederhana dengan Mobile Phone mereka. Hasilnya, ada yang sekedar tugas ngumpul, ada juga yang total membuatnya. Ini benar-benar luar biasa. Ketika mereka diminta menyanyikan lagu in English, banyak dari mereka bawa perlengkapan layaknya mau nge-band. Hasilnya dahsyat…

Ketika mereka diminta menulis diary, dengan bahasa Inggris yang terbata-bata dan banyak tertukar… mereka bisa menyelesaikannya. Bahkan ada yang menulis lebih bagus lagi.

Belum lama, aku nantangin “The Bambang’s Band” anak-anak kelas 8 plus untuk buat lagu supaya siap rekaman. Target mereka bulan Februari 6 lagu, bulan ini sudah tuntas semuanya. Malahan kemarin mereka bilang sudah ada 7 lagu.

Anak-anak Dwiwarna kelas XI saya mintakan mind map untuk materi budaya politik, dapat mereka selesaikan. Bahkan dengan powerpoint… bagus sekali.

Asumsi saya ternyata benar, mereka butuh kepercayaan dari guru. Wawasan bahakan kemampuan mereka sudah luar biasa dan memang tidak layak dianggap anak kecil yang gak tahu apa-apa.

Aku jadi berpikir bahwa mulai saat ini kita harus mengedepankan anak-anak untuk lebih maju lagi tanpa harus terus menggurui. Bimbingan, perhatian, dan senyum tulus adalah energi besar buat mereka.

So, thanks my lovelies students…
You can do everything as you want…
I’m beside you


Responses

  1. Luar biasa pak!sekalian mohon izinnya aku pengen buat tautan ke blog bapak!

  2. Makasih kiriman Anda. Luar biasa. Anda guru yang kreatif, maka siswa Anda juga akan menjadi kreatif. Hasil akhir pendidikan mencerdaskan kehidupan siswa. Di dalamnya ada kemandirian di samping kerjasama, inovasi dan kreativitas. And so on.
    Salam,
    http://www.suparlan. com

  3. BRAVO kang Sopyan, jalan terus. Ada kritis saya dan anjuran: Jangan gunakan lagi kata MENGGURUI yg jelas2 berkonotasi negatif. Bukankah bisa dipakai kata MENDIKTE, MEMAKSAKAN KEHENDAK dlsb.
    Jika masih terus dipakai kata negatif itu, kerangkeng budaya bahwa Guru berperilaku buruk akan terus terjadi, itu pendapatku.
    Tx
    email: nanang60@yahoo. com
    http://ahmadrizali. com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: