Posted by: sopyanmk | 08/12/2009

Trip to Surabaya

Setelah di kontak sama Mas Yasin dari KGI Jawa Timur akhirnya saya dihubungi oleh panitia diminta untuk presentasi pada kegiatan Seminar Nasional Social Network …. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2009. Sungguh sebuah kegiatan yang sulit ditolak walau pada saat bersamaan schedule minggu ini sungguh dahsyat. Dimulai hari Senin tanggal 30 November 2009 – 5 Desember 2009 ada workshop Developing Junior Scientist dengan tema “Basic Science Curriculum Workshop” oleh Pak Agung S. Wibowo. Tanggal 6 Desember ada “Science Experiment Workshop” oleh Pak Muzi. Lain kegiatan, tanggal 1 Desember 2009 ada Seminar Nasional Gerakan Anti Korupsi, dan hari Kamis, tanggal 3 Desember 2009 ada workshop ASPNet di Diknas. Waduh… luar biasa.

Tanggal 5 jam 8 sudah ditelpon oleh Mbak Adis (Project Officer LAPIS) untuk menanyakan beberapa hal. Sudah selesai sih ditulis eh belum sempet ke kirim juga. Jam 9 lebih saya pergi baik bis menuju Botani Square halte bus Bandara. Berangkat dari Botani Square jam 11 tepat dan sampai di Bandari jam 1 siang. Setelah boarding pass saya masih harus menunggu delay 20 menit dikarenakan pesawat dating terlambat (mampir kemana dulu ya? Minum kopi dulu kali ya pilotnya hahahaha).

Pesawat mendarat di Bandara Juanda sekitar pukul 15.50 dan masih harus menunggu sopir yang menjemput sekitar 10 – 15 menit. Lumayan cukup waktu untuk melihat keramahan sopir-sopir dan orang-orang yang berada di sekitar pintu keluar bandara. Lebih ramah dibandingkan dengan di Soekarno Hatta. Suasana yang berbeda memang mulai terasa. Sambil ngobrol dengan sopir, saya baru sadar kalau di sekitar bandara itu adalah tambak-tambak ikan air payau sepertinya. Karena bandara terletak dekat laut. Hebatnya jalan tol Waru itu dibuat diatas tambak-tambak karena memang tidak memungkinkan dilakukan pemadatan. Dahsyat deh, jalan yang lurus serta lebih adem kalau dibandingkan dengan sopir-sopir di Jakarta. Sopirnya ramah dan banyak bercerita, dari mulai yang lucu-lucu pengalaman dia sampai yang “seram-seram” hahahaha. Sepertinya sopir memancing sesuatu, dia baru berhenti mancing setelah dia tahu kalau penumpang yang dibawanya adalah guru… guru PKN lagi hahaha.

Karena perut keroncongan, maklum dari pagi hanya terisi nasi uduk, saya pun mampir ke tempat yang direkomendasikan teman saya Ibu Via. Dia bilang ada tempat namanya Rawon Setan di Embung Malang. Langsung ke sasaran ternyata hanya warung sederhana namun mejanya cukup banyak. Sayang…. ternyata rawonnya sudah habis dan baru ada pukul 6.30 malam. Waduh….. akhirnya saya mampir ke Dapur Desa Resto, hmmm maknyusssssss bener-bener nuansa desa dan rasa yang benar-benar mengundang seleras. Serasa Back to rumah nenek…

Sesampai di Hotel Bumi Surabaya atau dulu dikenal dengan nama Hotel Hyatt, Pak Satria, Mas James, Mas Ihsan, Mas Arya (dari Intel), dan Mas Yasin sudah menunggu untuk makan malam. Waw… sungguh kombinasi yang luar biasa pesanan Mas James ini. Walau saya masih jet lag namun suasana ini membuat saya begitu menikmati Surabaya. Seperti apa ya Surabaya? Menurutku, suasananya mirip-mirip waktu saya di Yunani. Entahlah, namun situs-situs dan bangunan yang ada seolah mengingatkan saya dengan Negeri Dewa tersebut.

Setelah kembali ke hotel, saya pun berendam di hotel untuk merasakan kenikmatan gaya hidup orang-orang yang sudah terbiasa di hotel. Aji mumpung dot kom😉. Sayang, mau tidur kenapa sulit ya… padahal acara tv gak ada yang rame. Di daftar chanel sih banyak banget saluran luar negeri, tapi begitu di klik semua nomor, isinya chanel Indonesia + CNN dan WIMAX… halah…. Bête deh. Aneh ya