Posted by: sopyanmk | 27/09/2009

BERI DUKUNGAN UNTUK GERAKAN KREATIF PAK MARJUKI


Salam mulia
Pak Marjuki adalah sahabat saya. Beliau saat ini menjabat sebagai kepala sekolah di sebuah SD di Bekasi, SDN Sukatenang 03. (saya kategorikan SD ini sebagai SD tertinggal karena sarana dan prasarana yang dimiliki masih jauh dari layak)

Namun dengan tekadnya, pak Marjuki membuat sebuah laboratorium kreatif disana, anak-anak SD diajari langsung praktek untuk sebuah kreatifitas, walaupun saya tahu bahwa itu memakai uang pribadi dari pak Marjuki. Bahkan ketika dia harus memberi warna pada tembok sekolah dan menggambar kreatif di tembok sekolah tersebut, ia rela ‘merogoh’ koceknya untuk membuat SD tersebut terlihat terang dan ceria!

Awalnya adalah dari kegiatan saya “Peduli Pendidikan Anak Bangsa”, kegiatan memberikan program kreatif tambahan kepada sekolah SD yang tertinggal. Dari kegiatan tersebut saya bertemu dengan seorang guru SD ( waktu itu belum menjadi kepala sekolah ) yang kreatif. Namun karena keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki, beliau tidak sempat menuangkan ide-ide kreatif dari dirinya untuk dunia pendidikan yang digeluti selama ini.

Pak Marjuki ini ‘gaptek’ computer, banyak ide namun tidak bisa menuangkan dalam tulisan karena belum terbiasa dengan computer, bahkan akses internet juga belum paham.

Saya melihat sebuah ‘aset’ dalam diri pak Marjuki. Ketika dia bertanya pada saya, “Pak Agung, bagaimana caranya supaya bisa menulis?” saya langsung memberikan beberapa langkah supaya pak Marjuki segera menuangkan idenya. Dia bercerita tentang pendidikan kreatif dan bagaimana seharusnya pendidikan untuk anak-anak SD. Bagi saya, ini adalah ide cemerlang dan luar biasa!

Saya berpikir, bagaimana caranya supaya ide pak Marjuki ini bisa dibaca orang banyak, supaya pak Marjuki juga bisa berhubungan dengan orang-orang yang mendukung ‘gerakan’ kreatifnya.

Akhirnya saya usahakan semampu saya untuk mendorong pak Marjuki agar menyelesaikan salah satu ide kreatifnya.

Dan tulisan ini adalah salah satu yang dihasilkan oleh pak Marjuki. Beliau membuka laboratorium menanam di sekolahnya. Dia buka lahan yang tidak terlalu besar dan mengajari murid-murid untuk langsung mengenal tumbuh-tumbuhan dan mendayagunakannya. Bahkan membuat sesuatu yang menarik bagi murid-murid, yaitu satu pohon tetapi bisa berbuah banyak macam.

Saya yakin dalam diri anda para pembaca tulisan ini, anda akan mendukung ‘gerakan’ kreatif pak Marjuki.
Apabila anda punya ide dan gagasan bagaimana mengangkat orang seperti pak Marjuki ini dan menyebarluaskan idenya, silahkan hubungi saya dan kita akan membuat guru-guru menjadi kreatif seperti pak Marjuki sehingga dunia pendidikan akan lebih maju!

Untuk DOWNLOAD tulisan pak Marjuki “MEMBUAT ANEKA BUAH SAYURAN PADA SEBATANG POHON TEKOKAK” dalam bentuk file pdf, silahkan klik di sini; http://www.sakraindonesia.com/?DOWNLOAD

Setelah anda membacanya, saya punya keinginan untuk menerbitkan menjadi buku saku kecil yang bisa dibagikan gratis kepada sekolah-sekolah untuk menjadi sebuah program percontohan, yaitu sekolah SD yang terbatas dan tertinggal saja mampu mengadakan laboratorium seperti ini!

Apabila anda mau mensponsori gerakan ini, silahkan kirim email pribadi ke email saya: agungwebe@sakraindonesia.com
atau ini adalah rekening khusus yang biasa saya gunakan untuk menampung sponsor dan donatur gerakan PEDULI PENDIDIKAN ANAK BANGSA, yang mau berpartisipasi mewujudkan mimpi pak Marjuki, silahkan love offering ke rek Bank MANDIRI a/n Agung Wibowo 116-00-0518605-2

setelah love offering tolong sms ke saya 081 88 73 112 tentang jumlah dan nama anda, karena saya akan membuat laporan terbuka dari semua donatur yang masuk.

salam mulia
Agung Webe


Responses

  1. Assalamu’alaikum Pak Cecep, Slmt Idul Fitri 1430.H. Minal Aidin wal faidzin Mhn maaf Lahir Bathin.
    Saya Baru bergabung di Millis KGI, Saya sangat tertarik dengan salah satu email mengenai gerakan kreatifnya Pak Marjuki seperti yg Bpk posting di blog Bapak ini, Kebetulan sekali lokasi beliau tidak terlalu jauh dari tempat saya, Insya Allah setelah masuk sekolah nanti saya akan berkunjung ke tempat beliau untuk silaturrahmi & sharing dengan beliau. Mdh2an akan menginspirasi saya dan teman-teman agar lebih kreatif dan inovtaf.
    Saya selalu berharap agar suatu saat saya bisa bertemu dan belajar dari Bapak.
    Terima Kasih.

    Maju Terus Pendidikan Indonesia…!!!

  2. Oya ada yg terlupa…….
    Mohon Izin untuk menambahkan Link Bapak di Blog saya
    Terima Kasih

  3. Ass. Pak H. Sopyan sya bertemu pertama dengan bapak sangat berkesan dan saya sangat termotivasi dengan pandangan bapak kedepan dan insaAllah saya akan mendukung pak marjuki

  4. pak Jumarno, saya belum Haji hehehehe…. terimakasih juga sudah mendukung sahabat kita Pak Marzuki


Leave a Reply

Categories

