Posted by: sopyanmk | 30/06/2009

Diklat Nasional di Graha Dewi Sartika Bogor


Bogor 28 Juni 2009, saya diundang oleh Tim Edukasi Harapan Ibu yang mempunya program 1000 laptop untuk guru. Salah satu kegiatan yang diadakannya adalah mengadakan sosialisasi dalam bentuk diklat nasional. Pembicara yang diundangpun cukup hebat. Pembicara-pembicara yang kompeten dalam dunia pendidikan. Ini menarik karena tema-tema yang diambil sangat sangat top dan memang sedang menjadi trend yaitu masalah pengembangan ICT.

Sejauh ini ICT di sekolah masih seperti benda magis yang menjadi sangat kaku untuk menjadi bermakna dalam aktivitas kelas. ICT seolah-olah hanya berhak di sentuh oleh guru ICT bukan untuk guru kelas atau guru pelajaran lain. Padahal penggunaan ICT adalah mutlak harus menjadi kebutuhan semua guru dalam berbagai aspek pembelajaran. ini yang harus terus digelindingkan kepada semua guru, sehingga para guru menjadi bersemangat dan terus berinovasi dalam pendidikan.

Saya mendapatkan tugas untuk mempresentasikan kegiatan-kegiatan yang pernah dilakukan, mulai dari Kegiatan Konferensi Guru Asia-Eropa ke-3 di Bogor, ke-6 di Yunani, dan ke-7 di Malaysia. Semoga malah dapat kesempatan Konferensi ke-8 di Denmark Juli yang akan datang, amin. Tidak lupa saya menunjukkan klip-klip yang dilakukan selama di Amerika. Oh iya, saya juga menunjukkan salah satu karya siswa saya tentang Geotopia….. wuih… mereka sepertinya terkaget-kaget. Alhamdulillaah…

Sederhana saja tujuan saya menunjukka ini, supaya guru-guru termotivasi dan mengubah persepsi bahwa penggunaan ICT bukanlah barang mahal dan sulit untuk dilakukan. Ini semua bisa dilakukan oleh semua guru tanpa terkecuali. Susah, bisa ya bisa tidak tergantung dari niatan seseorang apakah ia punya keinginan untuk maju atau hanya sekedar menonton keberhasilan orang dan mengkritik tajam semua inovasi-inovasi yang dilakukan sahabatnya. Tapi, saya garansikan saat ini guru seperti itu sudah tidak ada lagi.

Sebetulnya saya ingin upload file presentasi di sini tapi kapasitas blognya sudah penuh jadi mungkin saya sisipkan saja materi presentasinya di scribd yang bisa diakses oleh semua orang tanpa memberatkan blog ini. Mudah-mudahan bisa menginspirasi, bahwa untuk merancang kegiatan berbasis “Classroom Exchange” dengan berbagai negara bukanlah kegiatan.

Kalau ada temen-temen yang memang tertarik dengan dunia classroom exchange? Just contact me… I am here and ready to help you. Berikut adalah link materi yang saya sampaikan: http://www.scribd.com/doc/17099326/Menata-Dunia-Baru-Melalui-Classroom-Exchange

Salam pendidikan


Responses

  1. Assalamu’alaikum Pak Sopyan, Saya tertarik untuk mendapatkan Materi presentasi Bapak dan saya sudah coba cari di Scribd tapi gak ketemu. Bisa tunjukkan Linknya Pak?

  2. sudah ada ya.. link nya


Leave a Reply

Categories

