Posted by: sopyanmk | 23/06/2009

Seharian Review KTSP dan Pre Test


Rabu, 23 Juni 2009 kegiatan workshop pengembangan KTSP dimulai. Kegiatan ini dilakukan di Isola Resort, pusat training yang dimiliki UPI sekaligus hotel yang cukup nyaman. Sayang, kami semua menginapnya di Male Dormitory. Keren banget UPI sekarang, dimana-mana directionnnya menggunakan Bahasa Inggris. Sayang, petunjuk gedungnya masih minim dan gedung-gedung baru banyak yang belum bernama. Ada satu kejanggalan di UPI, saya melihat direction tapi bersponsor rokok… wah apa gak salah ya… atau semua demi pendanaan? Hanya rektor yang tahu sepertinya.

Walau sedikit terlambat, pemaparan tentang seputar KTSP cukup menarik untuk dicerna walau saya harus berusaha kuat untuk menahan kantuk. Sesi ini pun dapat dilalui dengan segenap pertanyaan yang sulit untuk ditanyakan karena memang peminat yang mau bertanya cukup banyak dengan kapasitas waktu yang kurang. Maklum pemaparan materi yang cukup banyak dan perlu penjelasan dengan lengkap. Setelah sesi pertama selesai, para peserta sedikit kebingungan mencari tempat snack akan diberikan. Maklum, kami semua tidak memiliki jadwal dan penjelasan dari panitia yang kurang jelas. Akhirnya, saya dan Kang Toni (kakak angkatan di HMCH) memutuskan snack di kantin MIPA.

Tempat yang cukup nyaman. Sesi kedua lebih ke persiapan bagaimana sebuah kurikulum dibuat. Segala macam syarat-syarat dan ketentuan berlaku (halah… seperti iklan saja) semuanya disampaikan. Sepertinya KTSP menjadi rumit sekali ya. Tapi, saya berpendapat bahwa ini adalah landasan yang memang harus dikuasai. Tapi kalau saya jadi penceramah mungkin kata pertama yang akan saya sampaikan adalah KTSP mudah dan tidak dibebani dengan standar-standar yang berat. Tapi bukan berarti syarat dan ketentuan berlaku itu hilang, hanya akan menjadi lebih nyaman kalau guru tidak merasa terbebani dengan hal-hal yang sebenarnya bisa lebih disederhanakan dan menggunakan pendekatan informal. Ini menurut saya lho… Tapi semuanya menyenangkan sekali.

Jam 12 adalah jeda makan siang dan shalat sampai jam 13.30 WIB. Kesempatan ini saya gunakan untuk mengantar Kang Toni berfoto. Maklum semalam Kang Toni nganter saya ke Gerlong (Geger kalong) Girang untuk ngeprint photo yang sudah ada di flash disc. Lumayan juga sampai ke tempat makan siang dan istirahat di kamar sudah pukul 13.00 jadi masih ada jeda istirahat setelah shalat dzuhur 15 menit.

Sesi berikutnya adalah menganalisa KTSP. Lucunya saya baru ketemu dengan tim yang diutus dari Kota Bogor. Maklum sebagai new comer saya rada kuper dan jarang ketemu sama para pejabat MGMP mata pelajaran lain. Wah, hampir 2 jam analisa tidak selesai karena adu pendapat yang cukup menyegarkan. Maksudnya sih banyak bercandanya…. Setelah selesai kami berbagi dengan Kabupaten Bandung mengenai hasil evaluasi. Wah yang dari Bandung Ibu yang presentasinya serius banget dan sangat birokrat. Keren… tapi presentasinya sangat meyakinkan jelas sedikit kontradiktif dengan kami yang membahas analisa dengan lebih santai dan kita memang menganalisa KTSP yang statusnya zero. Tapi, tetep saja seru setelah dievaluasi oleh mentor. Lalu kami semua kabur menjelang maghrib karena harus siap-siap melaksanakan pretest jam 7.30 WIB.

Sebetulnya sih sebel banget karena tidak bisa menonton debat cawapres… maklum guru PKn, selalu penasaran sekali. Hanya menonton pra debat di TV one.

Test pun dilalui dengan sedikit stress, wah teoritis banget dan semua teori perkembangan Piaget, Psikonalisa, Multiple Intellegence, Contextual Learning, dan masih seabreg teori bermunculan dalam jumlah 60 soal silih berganti. Wakkkkk udah lupa tuh Piaget, waktu kuliah saja sudah lieur apalagi sekarang yang sudah lama tidak dibaca dan dikaji. Sejauh ini menjadi sangat opportunis hanya sekedar mencari informasi dan membaca yang diperlukan untuk pembelajaran. Evaluasi yang hebat…. jadi termotivasi baca-baca lagi.

Setelah selesai, kami dari Bogor nongkrong dulu di atas gedung Perpustakaan… sambil menikmati sejuknya angin Bandung Utara yang sudah melegenda dan sedikit bernostalgia. Sampe dormitory? Wah ada party malam terakhir yang prajabatan dari Kabupaten Subang… berisik deh… gak bisa tidur tapi lumayanlah lihat yang pada joget hahaha…

Semoga besok bisa lebih seru karena kajian KTSPnya spesifik Mata Pelajaran….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: