Posted by: sopyanmk | 18/06/2009

Mengubah Paradigma: Menghadapi Tantangan – Menggapai Keberhasilan


Refleksi:

  • Apakah anda ingin menginginkan keberhasilan?
  • Apakah anda bosan dengan pola kehidupan yang monoton?
  • Apakah anda ingin tantangan untuk meningkatkan prestasi?
  • Apakah anda ingin berubah?

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah sebuah tantangan yang bisa memacu adrenalin dan menjadi pertanyaan mendasar atas eksistensi yang selama ini kita jalani. Pertanyaan-pertanyaan ini harus selalu kita kumandangkan untuk meyakinkan langkah-langkah apa yang akan kita lakukan kedepan atau kita cukup bersyukur dan bertahan dengan segala prestasi yang sudah dicapai.

Di tengah arus perubahan yang cukup kencang, rasanya kita tidak bisa berhenti walau sejenak karena di belakang kita gelombang perubahan sudah menggunung siap melindas siapapun yang lalai dan tidak waspada. Kita harus meyakinkan bahwa kita selalu siap bertarung dan bersaing memposisikan diri menjadi mahluk terbaik sesuai dengan kapasitas diri masing-masing. Tidak ada kata pecundang untuk seorang pejuang yang selalu berusaha maksimal dalam menjalankan peran hidupnya. Jadi berkomitmenlah untuk menjadi pejuang!

Pendidikan dan Perubahan Paradigma

Pendidikan sebagai sebuah institusi dan pusat peradaban sebuah negara sudah seharusnya menjadi lembaga yang paling dinamis. Kita tidak bisa bangga dengan kondisi stagnan walau secara teoritis sudah digandrungi dan dikagumi oleh lembaga pendidikan lain yang setara. Kita harus terus mencari dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Berhenti berbarti tertinggal! Lihatlah disekeliling kita, setiap sekolah sudah mengejar trend terbaru bahkan tak jarang yang siap membayar mahal demi sebuah standar yang dianggap bergengsi. Sekali lagi, disinilah peran guru dan institusi diuji, apakah ia akan berpuas diri atau terus menerus bermetamorfosa.

Menjelang akhir tahun ajaran dan awal tahun ajaran 2009-2010 sudah seharusnya para sekolah mempersiapkan amunisi pertempuran yang akan berlangsung setahun. Segala sesuatunya harus sedini mungkin dipersiapkan baik silabus, RPP, program kerja, serta segala faktor non teknis harus dipersiapkan. Satu hal yang harus diperhatikan, bagaimana sekolah memastikan bahwa persiapan tahun ini harus berbeda dan menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi mutaakhir. Guru tidak boleh lagi berkata bahwa murid sekarang lebih malas, lebih tidak disiplin, tidak menghormati guru dibandingkan dengan siswa beberapa tahun yang lalu. Yang harus diperhatikan adalah bagaimana guru bersiap menghadapi anak yang lebih malas, lebih tidak disiplin, tidak menghormati guru, dan segala kekurangannya. Karena di sanalah kunci keberhasilan sebuah institusi pendidikan. Bukan bagaimana guru memaksa murid mengikuti kehendak guru namun bagaimana guru mempersiapkan segala sesuatunya yang akan membuat siswa lebih baik dan semakin baik dari hari kehari.

Mengubah Paradigma adalah Solusi

Tantangan itu harus dihadapi suka atau tidak suka. Masalah itu harus dipecahkan mampu atau tidak. Harapan dan target itu harus dicapai kita bisa atau tidak. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya supaya semua program-program itu bisa terwujud. Jawabannya adalah sangat sederhana yaitu guru harus dirubah paradigmanya. Paradigma statis menjadi dinamis, paradigma biasa menjadi luar biasa, paradigma konservatif menjadi kreatif. Di sanalah setiap guru harus bersiap dan bekerja keras berlatih dan menerima tantangan.

Kita semua bisa melakukan hal yang tidak mungkin jika ditopang oleh niat dan harapan untuk menjadi manusia terbaik. Berlatih, berlatih, dan berlatih…

Bentuk pelatihan

Mengubah paradigma adalah solusi yang kami tawarkan dengan bentuk workshop yang dilakukan dalam beberapa tingkatan;

  1. Basic, yaitu: ….
  2. Intermediate, yaitu: …
  3. Advance, yaitu: ….

Kegiatan yang kami tawarkan bisa dilakukan dalam bentuk in house training atau berkolaborasi dalam event besar yang mengundang ratusan peserta sehingga akan meringankan dalam pembiayaan secara keseluruhan. Kami siap bekerjasama dengan berbagai pihak demi kemajuan dan perubahan pendidikan di Indonesia. Kalau kita bisa bersama-sama berubah, maka semuanya akan menjadi mungkin.

The Trainer:

Bapak Agi Rahmat

Contact person:

Paradigm.shifting@yahoo.com

Sopyan MK

08179132101

Novita Ismulyati

081310527769


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: