Posted by: sopyanmk | 11/06/2009

Seminar Internasional dan Workshop di UNJ


Tanggal 6 Juni 2009 sepulang dari Bali saya harus mempersiapkan makalah untuk disampaikan pada Seminar Internasional dan Workshop yang diadakan oleh Program Studi PKn Fakultas Ilmu Sosial di UNJ. Kegiatan ini diawali dengan seminar internasional yang menghadirkan pembicara-pembicara handal, diantaranya:

  1. Prof. Dasim Budimansyah, M.Si, seorang guru besar PKn UPI Bandung. Kehormatan bagi saya untuk mendengarkan presentasi yang bernas dan bisa jadi pertama kali setelah beliau mendapat anugerah guru besar. Penjelasan yang unik dan khas mampu mengobati kerinduan saya semasa kuliah dulu. Mr. Smiling kami selalu memanggilnya, karena memang beliau tidak pernah marah dan selalu atraktif ketika pembelajaran sedang berlangsung. Tema tentang substansi kewarganeraan global pun ia jelaskan dengan gamblang dalam suasana yang menyenangkan. Peserta pun sangat antusias… it’s a wonderful presentation.
  2. Kimberley Barber, seorang guru civics yang berasal dari Inggris. Ia dengan lancar menjelaskan bagaimana pembelajaran Civics dari masa ke masa. Berbagai pendekatan dan metode yang digunakan di Inggris pun ia sampaikan. Gayanya yang enerjik sangat membantu para peserta untuk memahami penjelasannya walau harus melalui seorang translator. Maklum, walaupun ia sudah tinggal selama tiga tahun di Indonesia. Ia bekerja di salah satu sekolah internasional di Jakarta sehingga lingkungan ia tetap berbahasa Inggris. Terimakasih Kim…
  3. Agi Rahmat, seorang trainer yang sudah melanglang Indonesia dan sangat peduli terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia. Materi yang disampaikan sangat mendalam dalam mengajak guru untuk berubah. Statemen beliau yang pertama adalah: ilmu dan pengetahuan tidak berguna jika tidak dilaksanakan. Tema yang ia usung cukup unik, yaitu “We cannot Not Change The World”. Statement yang menantang dan menggoda untuk dikaji. Penjelasan-penjelasan yang disampaikan sangat atraktif dan menginspirasi para guru. Kepedulian inilah yang sedang beliau usung. Beliau pun sangat terbuka untuk diundang ke sekolah-sekolah untuk berbagi tentang mengubah paradigma guru. Harapannya adalah, jika semua guru mau dan mampu bergerak untuk berubah bersama. Maka kemajuan pendidikan di Indonesia hanya tinggal menunggu waktu.

Sesi tanya jawab pun sangat luar biasa, para peserta sangat antusias menyampaikan pertanyaan yang dijawab dengan sangat akurat oleh para pembicara.

Sesi Makan siang? Wah… sepertinya ini adalah sesi yang sangat menyenangkan juga. Everything is perfect for the lunch.

Sesi selanjutnya adalah Salam civic yang disampaikan oleh Bapak Yuyus Kardiman, M.Pd. Seorang dosen muda yang sangat idealis dan atraktif untuk memberikan instrumen berbeda dalam workshopnya. Semuua mengarah kepada alur perubahan dan inovasi. Inovasi adalah salah satu kata yang sangat sering disebutkan. Membangkitkan motivasi dengan simulasi dan video-video yang dipilih sangat menggugah dan membuat para peserta mampu bertahan di kursi.

Setelah sesi itu selesai, dilanjutkan dengan presentasi model pembelajaran PKn yang disampaikan oleh saya. Sebuah beban berat mengingat para peserta yang hadir adalah para senior angkatan yang sudah berkecimpung mengajar di dunia civic puluhan tahun. Presentasi saya diawali dengan memperkenalkan diri dengan narsis melalui pemunculan photo yang sedang bersalaman dengan Obama serta video saya menjadi seorang reporter newseum di Capitol Hill. Ternyata tampilan itu sangat membantu dalam mencairkan suasana hati saya yang memang nervous dari pagi. Selanjutnya, peserta disuguhi dengan suara Bung Karno yang membacakan teks proklamasi. Peserta pun semakin terkesima ketika mendengarkan pidato spektakuler Bung Tomo.

Tampilan-tampilan itu saya siapkan untuk menunjukkan kepada guru PKn bahwa ada berjuta resources yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran PKn. Diujung, saya mencoba menantang para guru untuk berani tampil berbeda melakukan perubahan dalam peningkatan mutu mengajar serta menarik minat para siswa untuk mau belajar dan berminat mendalami PKn.

Kita mulai melakukan perubahan yuk…


Responses

  1. Salam kenal Pak Sofyan. Wah acara yang sangat menarik, sayang aku baru tahu sekarang

  2. Terima kasih Mas/Mbak Dahli…semoga kita bisa berkolaborasi di masa yang akan datang

  3. hi friend,…..

    aku lagi buka email dan twitter dan ketemu ente di sana. Wah selamat ya kawan dapat kesempatan dan pengalaman yang teramat mahal bisa ke mana – mana ke manca negara. aku jadi pingin, mau kasih tips-tipsnya. aku boleh tahu donk makalah presentasinya. tq friend and good luck !!!

    Hadi Suroso
    Math Teacher


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: