Posted by: sopyanmk | 14/05/2009

80 persen guru di madrasah mengajar diluar “fak”


Malang, 13/5 (ANTARA) – Sebanyak 80 persen guru di madrasah  mengajar diluar “fak” atau tidak sesuai fak (latar belakang pendidikan) dengan bidang studi yang diajarkan pada siswanya.
Menurut Dirjen Pendidikan Formal dan Informal Departemen Pendidikan Nasional, Dr. Hamid Muhammad, MSc, Rabu, kondisi itu berbeda dengan di sekolah umum, baik negeri maupun swasta. Sebagian besar guru sudah mengajar sesuai dengan fak masing-masing.
“Kondisi ini memang sangat ironis, sebab peran guru sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Kalau guru bahasa Arab dipaksa mengajar bahasa Inggris, hasilnya pasti kacau,” katanya ketika memberikan kuliah umum di “Dome” Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Menurut dia, kondisi semacam itu sangat berbeda dengan sekolah-sekolah umum terutama ditingkat SMP dan SMA.
Ia mengakui, di tingkat SMP dan SMA memang masih ada pengajar yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Namun jumlahnya tidak banyak, hanya pada kisaran 27 persen.
Oleh karena itu, katanya, Departemen Pendidikan Nasional secara kontinyu melakukan program sertifikasi guru, dengan tujuan agar bidang studi yang diajarkan guru tidak lagi terjadi “mismatch” dengan latar belakang pendidikannya.
Dalam program sertifikasi guru tersebut, ada dua jalur yang bisa ditempuh para guru yakni guru yang “mismatch” tersebut melakukan “upgrade” atau guru bersangkutan pindah jalur, sehingga sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki.
Program sertifikasi ini, kata Hamid, tidak hanya berlaku bagi guru madrasah saja, tetapi juga bagi guru-guru di sekolah umum yang masih belum memenuhi standar kualifikasi dan mereka wajib mengikuti program sertifikasi.
Ia mengemukakan, sampai saat ini baru sekitar 52 persen guru SMP yang memenuhi dan sesuai dengan standar kualifikasi, sedangkan 48 persen lainnya masih belum.
“Karena itu, kami terus berupaya memaksimalkan program sertifikasi agar kualitas pendidikan semakin baik dengan terkuranginya jumlah guru yang mengajar diluar bidang studinya,” kata Hamid menegaskan. (E009)
(T.E009/B/C004/ C004) 13-05-2009 15:53:21


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: