Posted by: sopyanmk | 07/05/2009

Kembalikan Otoritas Keulusan Kepada Guru?l


Tadi siang di MetroTV ada ulasan mengenai Ujian Nasional dengan pembicara Wakil Ketua Komisi X. Saya lupa namanya, karena memang saya juga tidak berminat untuk mengingat karena berbicara sangat politis namun gagal membendung UAN. Belakangan eh dibelakang malah ngeyel nyalahin. Kemana aja Pak? Bukankah Komisi X itu punya otoritas juga. Hmmm aneh ya? Beraninya udah mau lengser… jangan-jangan tidak kepilih lagi nih.

Ada satu statement yang menarik dari perbincangan tadi, seperti lazimnya topik ini pasti akan menyarankan supaya kelulusan dikembalikan kepada guru dengan berdasar kepada UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen, serta segala macam peraturan yang saya sendiri belum baca dan baru denger. Hmmm, sebuah alasan logis namun menjadi tidak logis pada waktu ia berkata supaya kelulusan dikembalikan kepada otonomi guru karena guru tahu apakah sesorang itu layak atau tidak untuk lulus. Padahal dia berulang kali mengatakan bahwa standarisasi pendidikan di Indonesia itu belum sama.

Perbedaan kualitas, fasilitas, pengajar, sampai murid jelas berbeda. lalu titik temu standar kelulusan yang akan dikeluarkan oleh guru dimana? Lalu bagaimana supaya standar itu menjadi sama? Ngajar saja tiap guru berbeda bahkan sudah semakin banyak guru yang tidak mau ngajar dan masuk ke kelas. Nongkrong di sekolah namun enggan dan terus mencari alasan kepada murid-muridnya supaya tidak masuk kelas. Apakah pantas guru seperti itu memberikan kelulusan?

Dengan anggaran 20% dari APBN ditambah dengan APBD provinsi dan Kota/Kabupaten, rasanya standarisai itu bisa dicapai bila, 5% dari anggaran itu disiapkan untuk pembangunan penjara. Biar para koruptor pendidikan di Indonesia yang menyelewengkan dana pendidikan digiring masuk ke sana. Tapi, jangan-jangan semua tenaga pengajar dan para pengelola pendidikan pada masuk penjara semua dong…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: