Posted by: sopyanmk | 02/03/2009

Workshop Media Pembelajaran


dscn2152Minggu kemarin saya diundang oleh Ibu Manik untuk sharing dengan guru-guru di Bandung. Tempatnya di GSS B Salman ITB tea. Hmmm sekalian mudik… itulah salah satu hal yang muncul di benak saya, tapi hal yang paling penting adalah bertemu dengan para guru-guru yang pasti antusias. Antusiasme itulah yang membuat saya terus bersemangat. Saya sangat bersemangat dan berusaha datang jam 7 pagi supaya bisa melihat suasana daftar ulang dan wajah-wajah penasaran. Jujur saja, saya tidak tahu siapa saja yang akan presentasi selain saya… jadi sempat dag-dig-dug takut saya tidak maksimal. Akhirnya, saya bertemu juga dengan Ibu Manik yang sebelumnya hanya baca pendapat dan opininnya di milis. Serta undangan di Facebook. Wah sosok aktifis dan enerjik dan pasti punya banyak kemampuan mumpuni. Betul juga, dia sosok guru yang rajin dan semua hal terdokumentasi dengan baik.. its great Ibu Manik. You inspire me…

Sesi presentasi dimulai, saya coba dengan video kisah Ibu Thomson dan Teddy Stallard. Wah, peserta sepertinya banyak yang terkesan. Saya pun tetap saja tak bosan untuk mengulang dan menjadi reinforce motivasi saya. Well dengan sedikit ilustrasi ikan dan kodok (dapat slide dari Pak Dr. Bambang Sumintono) presentasi pun running. Presentasi berikutnya oleh Kak Dadang. Seorang guru kreatif dan merangsang para guru untuk menguji seberapa besar kreatifitasnya. Wah, sarjana senirupa ITB ini luar biasa… ide-idenya banyak, dan gaul banget dalam informasi yang update. Siip, mudah-mudahan bisa bertemu lagi. Presenter terakhir adalah Pak Drajat, guru yang smart dan punya keyakinan tinggi untuk berjuang. Dia penulis buku yang hebat. Bisa dimanfaatkan oleh biro KGI Publishing sepertinya. Dia sudah malang melintang di dunia PUSBUK. Buku-buku yang dibuatnya pun sangat kreatif dan menggugah… Lain kali pasti saya borong bukunya buat anak saya.

Setelah itu, ada sesi tanya jawab dan kuis lalu Makan… Wah, service panitia memang luar biasa. Budget yang terjangkau oleh para guru…. dapat snack dan makan siang. Its great job….. Saat makan siang, tak lupa saya berkangen ria dengan dua sahabat di kampus. Sugianto dan Zul sampai hampir terlambat masuk kelas untuk sesi workshop.Pada sesi ini setiap guru diminta membuat konsep RPP yang sudah dimasukkan unsur media pembelajarannya. Ini adalah sesi seru… karena banyak guru yang merasa sudah menyiapkan dan terus beragumen bahwa dia sudah jadi. Padahal, intinya adalah memunculkan ide baru. Beruntung kelas TK/SD sangat hidup dan atraktif. Wonderful pictures… Tantangan buat peserta, mereka baru mendapat sertifikat setelah memberikan RPP yang hebat plus mencantumkan media pembelajarannya. Semoga ini bisa dicontoh oleh KG lain ketika mau memberikan sertifikat. Great job KG Bandung…


Responses

  1. ruar biasa

  2. insya Allah


Leave a Reply

Categories

