Posted by: sopyanmk | 23/02/2009

Workshop Al-Barqi di Cianjur


Kemarin saya diundang oleh Yayasan Satya Karya Tulada yang menyelenggarakan pelatihan Al_barqi. Kerjasama dengan lembaga Pengembangan Al-Barqi dari Bandung. Workshop ini dilaksankaan di Asrama Haji atau gedung dakwah Departemen Agama di daerah Sadewata Cianjur.  Tugas saya adalah memotivasi para peserta untuk memiliki komitmen dan mau menghadapi perubahan metoda. Jadinya semacam pengantar agar mereka terbuka. Hmmm sebuah tantangan yang menarik karena mereka yang terbiasa ada di lembaga pendidikan yang sangat tradisional. Jadi harus sedikit bekerja keras untuk mencairkan suasana. Salah satu kegiatan yang biasanya menarik adalah dengan permainan, tapi saya memilih membagian beberap lembar kertas origami dan hvs. Hasilnya bisa ditebak kalau para peserta hanya membuat lipatan perahu, bunga, rumah, dan hal sederhana lain yang sering kita temui di masa kecil sampai sekarang.

Nah, ini adalah modal untuk membuka wawasan dengan sedikit manipulasi situasi. Saya jelaskan kepada peserta bahwa yang saya minta membuat kreasi bukan mengulang apa yang sudah menjadi rutinitas. Beruntung ada satu peserta yang membuat pesawat dalam bentuk yang benar-benar berbeda. Saya mengumumkan kepada semua peserta bahwa ini adalah karya terbaik dalam sesi ini. Pembuatnya saya minta berdiri dan mendapat applause dari peserta lainnya. Ada beberapa hal yang cukup menarik dalam presentasi ini, diantaranya adalah sikap mereka yang pasif dan hanya mendengar. Mereka sepertinya hanya siap untuk mendengarkan dan mengikuti instruksi.

Saya pun terus menerus membuat mereka bergerak dari satu sisi ke sisi lain sehingga mereka menjadi dinamis. Kasus Coca-Cola, 8 amazing Holes in the world, dan photo Obama dan Bush menjadi hiburan dan membangkitkan antusiasme mereka. Semoga saja mereka mau berubah…. amin.


Responses

  1. Assalamualaikum…

    mohon bantuan no hp/tlp lembaga yang mengadakan pelatihan metode al-barqi,
    thanks a lot…

  2. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Trims bantuannya untuk pengembangan ALBARQY.
    Kantor pusat ALBARQY :
    Jl. Pemuda 82-90 Lantai 2 Surabaya

    Telp. 031-72031200
    081331145052 (romzul)


Leave a Reply

Categories

