Posted by: sopyanmk | 05/02/2009

Workshop Blog Bahasa Sunda


Alhamdulillaah hari Selasa (3 Februari) kemarin saya melakukan pelatihan membuat e-mail dan blog untuk guru-guru yang tergabung dengan MGMP Bahasa Sunda kota Bogor. Kebetulan kami diundang oleh Ketua MGMP Bahasa Sunda (Bapak Asep Sudrajat). Beliau sangat ambisius untuk mensejajarkan guru Bahasa Sunda menjadi guru yang melek teknologi. Sehingga dapat meningkatkan performa guru di mata dan guru-guru lainnya. Mengapa e-mail dan blog? Karena dari 10 orang yang datang, 3/4 peserta belum punya e-mail. Untungnya saya sudah mengantisipasi itu dan memulai dengan mengajarkan membuat e-mail. Proses registrasi yang rumit, begitulah kata mereka. Apalagi mereka register dalam bahasa Inggris. Setelah memakan waktu sekian lama akhirnya mulai beberapa orang sukses dan dapat menyelesaikan e-mailnya. Saya pun meminta mereka mengirim email ke teman-temannya yang sudah selesai. Mereka terlihat menikmati mengirim dan membaca. Mereka pun sangat antusias ketika belajar mengirim ke banyak orang (menggunakan fasilitas Cc). Keasyikan mereka bertambah ketika mereka diajarkan cara attachment. Wah sepertinya mereka hampir lupa diri untuk buat blog.

Setelah registrasi blog, kami makan siang dan sholat dzuhur. Kami memulai dengan mengganti tema blog (template). Beruntung akses internet di SMP Negeri 8 Bogor cukup baik.  Setelah memasukan widget dan fasilitas dalam blog untuk asesorisnya, para guru baru diajarkan cara menulis di dalam blog. Sungguh luar biasa, mereka antusias dan menikmati menulis. Tidak lupa saya informasikan juga cara memasukkan tag dan catagories. Sejauh ini mereka paham tahapan-tahapan itu. Semoga mereka terus konsisten untuk menunjukkan performa terbaik mereka dalam cyber class dan high tech teaching methods.

Salam,


Responses

  1. Assalamu’alaikum

    Kumaha damang kang,..masih ingat abdi?…hehehehe…iya ini Basir tea nu di Dapur Ummat..iraha nya urang ngobrol2 deui jeung pateupang?

    Sakedik komentar tentang banyak guru yang ngga ngerti atau belom melek internet tuh mang banyak sekali apalagi dipinggiran. Padahal jika mereka sudah ngerti, banyak referensi bahan untuk pelajaran yang mereka akan ajarkan ke anak muridnya. Sehingga banyak sekali wawasan yang akan mereka dapatkan tidak hanya teks book aza tiap tahun…heee…
    yang seperti itu yang musti kita sosialisasikan kepada semua guru khususnya di Bogor

    wassalam

    visit my web site : http://www.hsqindonesia.com
    blog : dapurummat.blogspot.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: