Posted by: sopyanmk | 26/01/2009

Tangan Kiri Tak Perlu Tahu


Puisi ini diambil berdasarkan persetujuan dari Pak Teguh. Kami bertukar informasi di facebook. Semoga bisa menjadi refleksi yang bermanfaat. Untuk bisa mengenal lebih jauh beliau silahkan kunjungi http://www.eduprogcenter.blogdetik.com.
———————-

Sahabat,
hari ini saya membagikan sembako kepada fakir dan miskin,
tapi kamu tidak perlu tahu ya…

Teman,
hari ini saya menyumbang amal jariah di mesjid kampung kita,
tapi kamu tidak perlu saya ceritakan ya…

Saudara,
hari ini saya memberikan workshop gratis kepada guru-guru yang tidak mampu,
tapi saya mohon maaf, tidak saya beritakan kepadamu ya…

Partner,
hari ini saya bersedekah di panti jompo dan panti asuhan seantero Jakarta,
tapi cobalah mengerti, tidak ada informasi untukmu ya…

Kompetitor,
hari ini saya ibadah senyum kepada keluarga, teman kerja dan anak-anak didik
tapi saya harap, kamu tidak kecewa karena saya tidak memberitahukanmu ya…

Mohon maaf sahabat, teman, saudara, partner, kompetitor,
kali ini saya benar-benar egois,
tidak mau berbagi informasi tentang apa yang saya lakukan.

Niatan saya,
biarlah itu menjadi harta saya
biarlah itu menjadi amalan saya
biarlah itu saya pendam rapat-rapat

Sahabat,
kamu pernah mengingatkan saya,
sudahkah kamu ikhlas?

Teman,
kamu pernah menegur saya,
sudahkah kamu ikhlas?

Saudara,
kamu pernah menanyakan kepada saya,
sudahkah kamu ikhlas?

Partner,
kamu pernah menasehi saya,
sudahkah kamu ikhlas?

Kompetitor,
kamu pernah mengkritik saya,
sudahkah kamu ikhlas?

Sahabat, teman, saudara, partner, kompetitor,
kamu pernah mengungkapkan:
Saya memang tak perlu tahu akan kebaikan apa yang kamu perbuat
Biarlah saya tetap menjadi tangan kiri
Tangan kiri yang tidak perlu tahu apa-apa yang tangan kanan kerjakan
Agar keikhlasan terus terjaga dalam nuranimu
Supaya niatan lillahitaala menjadi berkah amalan hidupmu kelak di akherat

*****


Leave a Reply

Categories

