Posted by: sopyanmk | 20/12/2008

Presentasi dari Dr. Choong dan Maijaa


Tanggal 15 Desember 2008 kami mendengarkan presentasi yang disampaikan oleh Maija Finlandia dan Dr. Chung dari Malaysia. Mereka menjelaskan prestasi masing-masing negaranya dalam mengaplikasikan ICT dalam pembelajaran. Sejujurnya kami kagum atas keberhasilan mereka, namun ada yang lebih saya kagumi dari kedua negara ini adalah bagaimana program ICT di kedua negara tersebut dapat diaplikasikan. Kalau berbicara mengenai program, apa sih yang tidak ada di Indonesia. Kalau berbicara pelatihan, apa sih yang kurang dari Indonesia. Namun kalau kita mau jujur, semua program pelatihan hanya sebatas program yang bersifat sementara. Seolah-olah sudah tertanam paradigma yang sangat kuat di kalangan oknum (karena hanya sedikit) para guru bahwa program terbaru yang diberikan hanya gertak sambal semata. Setelah itu, hilang tidak berbekas. Orang bilang “hangat-hangat xxxx ayam”. (Padahal saya juga belum pernah megang tuh)😉.

Kita bisa berkaca kepada mereka bahwa, konsistensi adalah salah satu kunci yang bisa merubah semua kendala yang dihadapi Indonesia saat ini. Ada hal menarik menjelasan Maija dari Finland adalah bagaimana lembaga (diknasnya Finland) mampu mendukung dan bersinergi dengan guru di lapangan. Guru bukan menjadi sapi perahan atau institusi target eksploitasi. Keberhasilan guru akan berdampai kepada keberhasilan diknas (kab/kota – nasional). Bukan zamannya lagi kalau untuk mendongkrak keberhasilan dengan cara-cara yang tidak patut dilakukan oleh institusi pendidikan yang memiliki kewajiban untuk mendidik dan mengarakan siswanya menjadi insan yang utama.

Untuk mengurai benang kusut inilah yang sering dikeluhkan orang dari mana kita mulai. Harapan saya sederhana saja, mari bersama-sama kita mulai mengurai benang kusut ini bersama-sama. Kalau guru mampu bersinergi, kedzaliman sebesar apapun bisa kita hadapi bersama tanpa harus takut dan gentar. Bukankah kita bisa bersama-sama seperti barisan dan benteng kokoh untuk melawan itu semua. Saya kadang-kadang miris kalau melihat fenomena ini. Seolah-olah mereka hebat kita jelek, padahal yang benar adalah… kapan kita bisa seperti itu. Kalau departemen menjadi santapan dan konsumsi pollitik, maka hancurlah infrastruktur departemen itu. Semoga itu hanya ketakutan semata dan tidak beralasan.

Kita bisa dan harus menjadi pemenang!


Responses

  1. Selamat

  2. […] Presentasi dari Dr. Choong dan Maijaa Tanggal 15 Desember 2008 kami mendengarkan presentasi yang disampaikan oleh Maija Finlandia dan Dr. Chung dari Malaysia. Mereka menjelaskan prestasi masing-masing negaranya dalam mengaplikasikan ICT dalam pembelajaran. Sejujurnya kami kagum atas keberhasilan mereka, namun ada yang lebih saya kagumi dari kedua negara ini adalah bagaimana program ICT di kedua negara tersebut dapat diaplikasikan. Kalau […] Posted by bebas Uncategorized Subscribe to RSS feed […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: