Posted by: sopyanmk | 15/12/2008

Presentasi Project (AEC 7th Conference) dan belajar dari Gunung Kinabalu


dscn0747Hari Minggu adalah hari yang sangat luar biasa, menegangkan, menyenangkan, serta beragam perasaan bercampur. Perasaan menegangkan datang pada waktu pagi hari karena harus presentasi tentang project yang ditawarkan tahun ini. Project itu adalah ‘After School Activities’. Kenapa tegang, karena saya harus presentasi paling pertama dan belum bisa mensiasati presentasi dengan meniru presentasi orang lain. Hahaha biasa nyontek dan curi ide dari yang lain. Namun seperti biasa, semua masalah dapat diselesaikan… Maju kedepan menjelaskan sekilas presentasi yang hanya menyediakan waktu 7 menit per orang. Dengan kalkulasi sudah ada 8 partisipan untuk project saya, ini sudah luar biasa dan tinggal memperkenalkan project kepada yang belum mengetahui. Beberapa presentasi yang terambil gambarnya bisa dilihat di http://ruhimani.multiply.com/photos/album/36

Presentasi pun berlalu, hanya ada yang lupa… teman saya lupa mengambil gambar saya pada waktu presentasi hahaha. Hilang deh kesempatan untuk narsisnya. Presentasi yang lebih dari 25 Project ini sungguh luar biasa. Beragam cara, pendekatan, sampai dengan gaya dari tiap presenter unik banget. Project dengan background Rome0 and Juliet disampaikan dengan drama menarik sebagai ilustrasinya. Mr. Singapore and Ms. Singapore was amazing. Ini menjadikan inspirasi yang luar biasa. Ada juga kasus hilangnya slide presentasi… Kasihan Svetlana dari Estonia. Tapi semuanya bisa diatasi dan dapat selesai semuanya pukul 12.30 waktu Kinabalu ya…

Makan siang dilaksanakan di ruangan sebelah dengan menu sedikit berbeda, nah kebetulan saya duduk berkumpul dengan Philipino dan Germany teachers. Wah, selalu saja ada perbincangan menarik mengenai makanan dengan membandingkan makanan philipino dan Indonesia. Tapi, menu nasi goreng waktu sarapan pagi kemarin memang luar biasa…. tenang-tenang, semua menu akan saya upload hahahaha😉.

Setelah makan siang saya bergegas untuk sholat dan bersiap-siap mengikusi sesi berikutnya ke gunung Kinabalu. Gunung tertinggi di Asia tenggara dan sudah mendapat anugerah world haritage from Unesco. Saya tidak terlalu berpikir sehebat apa gunungnya. Saya baru merasakan salutnya terhadap anugerah itu setelah merasakan perjalanan dengan jalan mulus walau jalanan menanjak. Ketika mendekati gunung, tidak ada gubuk-gubuk liar yang menjual makanan seperti di Puncak atau di tempat wisata lainnya. Semuanya tertata rapi dengan petugas-petugas yang bertanggung jawab, kenapa begitu? Karena tata kelola yang mereka tunjukkan memang luar biasa. Selain cantik-cantik petugasnya, merekapun melayani dengan baik.

dscn0811Begitu masuk ke gedung utama manajemen yang mengelola Gunung Kinabalu, barulah saya terhenyak. Betapa lengkapnya standar yang mereka miliki. Di sana ada galeri seputar Gunung kinabalu, mulai dari replika pohon, tanaman, binatang, serta semua hal yang berkaitan dengan Gunung ada disana. Termasuk peralatan yang dipakai oleh penduduk asli. Di sana ada ruang multi media untuk menjelaskan seputar Gunung Kinabalu dan cakupan wilayah konservasinya. Fantastic, saya bayangkan itu ada di Kebun Raya Bogor, Gunung Gede, atau dimanapun. Mungkinkah?

Saya tidak takjub lihat bunga mereka, melihat binanatang mereka, pepohonan mereka, yang saya takjub adalah bagaimana mereka menunjukkan hal-hal yang tidak istimewa di Indonesia mampu dikemas dan dijelaskan dengan baik. Kami mendapat penjelasan ada berapa jenis kupu-kupu, beberapa jenis binatang, tumbuhan, dan langkah-langkah pemeliharaan.

Ketika berbicara dengan Ibu Rika mengomentari presentasi dari mereka, saya berkata: Keterbatasan akan menjadi luar biasa jika dikelola dan ditunjukkan, tapi kelebihan akan menjadi sia-sia jika tidak dikelola dan diperdulikan.

Bayangkan  jika semua data itu dipresentasikan di Indonesia, bayangkan dengan keanekaragaman yang ada di Indonesia. Mereka sebetulnya jauh sekali keanekargaman hayatinya. Namun mereka mampu berkomitmen menjaga Gunung Kinabalu sebagai Warisan Dunia. Mungkin balik lagi ke pekerjaan saya sebagai guru, kita harus merubah pola pikir anak dan melakukan gerakan pembersihan birokrasi.

Terakhir yang menarik… mereka yang tampil semuanya masih muda. Itu rada-rada terbalik dengan di Indonesia yang masih suka menunjukkan stok lama, akibatnya stok muda angus…

Salam hangat mentari pagi dari Kota Kinabaludscn0754


Responses

  1. wah enak banget yah ente punya segudang pengalaman untuk share dengan rekan guru dari negara lain. bisa gak yah ane ngikutin langka ente nih. sukses yah jangan lupa kirim beritanya terus ok. seneng ane baca blog ente nih, menarik dan banyak memberikan inspirasi buat ane dan ane yakin buat yang lain juga yang membacanya. bravo lah kang oyan.

  2. eleuhh…
    fantastic trip pisan ieu mah!
    ngiring bangga,
    yosh!! saya juga rek sumanget ngadamel tesis na mun kitu mah! tiada hari tanpa berkarya,
    saya gak mau rugi waktu dan tenaga, shg bener spt kata kang sopyan, sesuatu kelebihan jika tdk dikelola akan sia-sia
    hatur nuhunnn!!
    salam ka sadaya na

  3. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, saya jadi tambah termotivasi nih. Mudah-mudahan saya bisa share dengan guru PKn di Bogor. banyak project yang sejenis dan bisa diaplikasikan oleh guru pkn…. siap ya…

  4. Semoga Teteh sukses, dan mudah-mudahan sang istri bisa dibujuk. amin

  5. assalamualaikum…waduh lagi cari ilmu sambil pelesir tho.. (atau sebaliknya …🙂 ) berapa lama d”negeri orang” nh? …ga kebayang dh ntar CV nya berapa lembar tuh ( belum tambahan yang narsisnya yah…:) …🙂 )tapi lepas dari itu, dikau emang te-o-pe-be-ge-te… eh betewe nich, waktu janjian ogut mau dateng k smpn 3 mau ketemu dikau ko malahan pulang duluan..gimana sih bos ..syusyah nih ketemu orang penting

  6. Wah…ngilang sebentar aja…Oyan sudah jalan-jalan lagi. Selamat deh..jadi kabita euy…jalan-jalannya, tapi kalau kerjanya…bisa gak ya?!

  7. ayo dong… Teteh kan udah berpengalaman… maju terus guru Indonesia….


Leave a Reply

Categories

