Posted by: sopyanmk | 02/09/2008

Duduk di Samping Pak Onno


Tanggal 31 Agustus akan menjadi salah satu tanggal bersejarah dalam hidup saya. Betapa tidak saya diundang untuk melakukan presentasi tentang pembelajaran dengan memanfaatkan ICT di Gedung Indosat Jakarta. Panitianya tentu dong Klub Guru Indonesia. Kegiatan ini dimulai pukul 9.00 am. Saya menuju Indosat jam 6 dari rumah dan harus menunggu sekitar 40 menit untuk naik KA Express pakuan. Sampai di gambir langsung naik ojek karena naik bajaj terlalu beresiko kesiangan. Dengan Rp7.000 akhirnya kurang dari 10 menit saya sudah masuk ke Gedung Indosat.

Begitu naik ke atas langsung disambut Mas Habe yang komplain karena saya lupa kirim power poitnnya 2007 bukan 2003. Untung saya sudah menyiapkan slide baru yang ada gambar sedang salaman dengan Barack Obama😉, bener gak ya. Tapi itu menjadi salah satu kejutan buat peserta. Di ruang registrasi saya bertemu sama Deni HP temen dari Madania yang dulu pernah sama-sama ikut konferensi Guru Asia Eropa ke-3 di Bogor bersama guru Agama Madania. Sayang, lupa namanya euy! Tak lama disamperin Pak Rezki dari Ar-Rahman. Jadinya seru deh sedikit bernostalgia dengan posisi dan kegiatan yang berbeda. Eh ternyata ada Nina yang datang mengikuti kegiatan ini. Sampai bu Novi teriak2 ada Nina😉.

Saat-saat menegangkan semakin bertambah setelah sesi penyerahan simbolis SUS (Sepeda Untuk Sekolah), ketika dipersilahkan maju saya sedikit grogi juga apalagi saya harus disamping Pak Onno yang ketika presentasi cukup simple namun banyak hal yang didapatkan. Inti dia adalah bagaimana melalui ICT ini bisa menghasilkan produk yang bisa dibanggakan oleh anak didik. Kalau hanya download dia bilang itu masiuser. Rasa grogi saya bertambah setelah dia beberapa kali menyebutkan bahwa He hate windows hahaha, dia emang linux sejati. Tampilan dia aja ubuntu edisi muslim. Keren deh… sebetulnya aku juga ingin pake linux sayang resolusi zyrex ku jelek. Huh…

Disela-sela presentasi orang saya asyik ngobrol dan meng-copy file dari external hardisc beliau. Wah lumayan juga jadi punya file BSE (buku sekolah elektronik) sampai muslim library. Dia bilang, ambil saja semua karena tidak ada yang bajakan, semunya free. Ambil saja sampai baterei laptop habis. Saya jadi senang dan tertawa-tawa.

Saya lagi nunggu nih photo yang bersama beliau untuk di upload. Tapi saya persilahkan para pembaca blog untuk download makalah presentasi saya.

Nah materi yang disampaikan ada di bawah, silahkan di download:

http://www.ziddu.com/download/2068964/MemanfaatkanICTdalamPembelajaran.ppt.html

2 Ramadhan 1429 H (2 September 2008)


Responses

  1. samapi sebegitu surprised nya ketemu seorang nina. apalah artinya nina…

  2. coba dong bikin buku unbuntu muslim edition dan di jualnya disertai dengan cd linuxnya, oh iya ahli ahli linux suruh bikin driver semua hardware komputer dari yang murah s/d yang mahal, dari desktop s/d laptop, jadi pada saat install linux nggak perlu bingung cari drivernya di internet (itu juga kalo ada),
    para ahli tersebut juga suruh bikin linux untuk komputer dengan spec. setara pentium I s/d pentium yang paling canggih.

  3. Terima kasih mas atas kunjungannya ke blog saya. Ide menarik untuk menulis linux ubuntu serta driver-drivernya. Sayang saya hanya user untuk komputer. Seminar itupun seminar untuk pembelajaran dan kebetulan saya guru yang hanya menjelaskan aplikasi dan pembelajaran dengan menggunakan teknologi komputer.
    Tapi, ide mas akan saya sampaikan ke Pak Onno W. Purbo.

    Salam,
    Sopyan


Leave a Reply

Categories

