Posted by: sopyanmk | 16/08/2008

Bangkitlah Pendidikan


Hingar bingar presiden mau merealisasikan anggaran pendidikan sampai 20 persen menimbulkan sikap optimis dan pesimis secara bersamaan. Mengapa optimis, jujur saja saya senang ketika presiden menyebutkan bahwa gaji guru akan naik juga secara signifikan🙂 wah gak salah nih saya milih PNS!!! pasti temen2 di sekolah lama tambah iri hahaha (joke). Namun tantangannya jelas semakin besar dan itu menumbuhkan sikap pesimisme, tapi bukan kepada presiden tetapi kepada Departemen Pendidikan Nasional dan PEMDA di seluruh Indonesia. Mengapa harus pesimis? Jujur saja, anggaran yang ada sekarang malah gak jelas dan sering menyisakan dana dan dihabiskan untuk hura-hura. saya pikir KPK harus telusuri ini semua. Katanya ini sudah rahasia umum. tapi saya belum tahu dan ngalamin kebagian sisa proyek juga sih🙂.

Tapi kalau melihat gelagatnya jelas mudah ditelusuri. Lihat saja, kata presiden anggaran di departemen sampai bulan Agustus masih numpuk dan belum direalisasikan. Trus buat apa para menteri dan departemen buat anggaran kalau memang dia bingung menyerapnya? Aneh kan…

Dengan dana sebesar itu, saya yakin sampai saat ini pengembangan hanya akan sebatas tumpukkan uang. Sengotot apapun PGRI, saya kurang yakin kalau PGRI mampu menjembatani program itu. Bayangkan saja PGRI sampai saat ini2 tahun jadi PNS, dan beberapa tahun jadi anggota PGRI waktu masih ngajar di sekolah swasta tidak menemukan kegiatan pengembangan guru. Yang ada pungutan doang😦, jangan-jangan setelah 20% turun ikutan ngambil jatah atas imbal jasa ke KPK. Semoga ini hanya sebatas prasangka buruk saya saja, amin. Pertanyaanya adalah, apakah DIKNAS sudah punya program penyaluran dana yang objective bakal diterima oleh dunia pendidikan? Walah, madrasah hancur dengan gaji guru 200ribu, SD negeri hancur dengan diisi oleh para guru yang sudah tua dan tidak berdaya ketika melihat sertifikasi berjalan karena memang mereka tidak lagi sempet kuliah. Lalu, mau diapakan uang sebesar itu oleh DIKNAS?

Beban yang semakin berat juga akan ada di guru, orang tua jelas akan menuntut banyak mengenai hal ini. Orang mereka sudah bayar pajak dan itu digunakan 20% untuk pendidikan, wajar dong kalau orang tua akan berharap banyak. Nah, masalahnya di sekolah dana bantuan dan sebagainya sering tidak transparan. Untuk photo copy soal saja harus merogoh dari kocek sendiri. Ini keterlaluan, karena di sekolah sudah ada dana untuk operasionalisasi hal-hal seperti itu. KPK harus menelusuri itu semua, walau sudah ada BAWASDA yang sudah berganti nama, sepertinya pengawasan yang dilakukan masih sekedar formalitas dan belum lebih dalam mengamati hal tersebut.

Kreatifitas guru sudah seharusnya didukung dan didorong untuk maju. Banyak sekali sebetulnya guru-guru idealis dan sangat hebat dalam mengembangkan pendidikan. Namun sayang semua itu seolah menjadi selingan iklan ditengah gegap gempitanya sinetron. Hampir tidak pernah terekspos dan dikenal diseantero dunia pendidikan. Mediapun sepertinya tidak mendukung penuh dunia pendidikan, lihat saja yang diliput hanya berupa penyelewengan dan kebokbrokan pendidikan saja. Paling-paling kemilau medali olimpiade fisika, matematika atau sejenisnyalah yang diliput. Sedangkan kreatifitas dan event-event di sekolah yang menginspirasi hampir dipastikan tidak diliput karena dianggap tidak komersial. Walah, kalau begini kapan majunya pendidikan kita.

Akhirnya terciptalah image bahwa pendidikan kita buruk, kenapa? Karena memang yang diliput semuanya berita buruk… Ampun deh. Pak Menkominfo, tolong dong dibantu dijelaskan kepada media, bahwa banyak hal di sekolah yang luar biasa bahkan lebih hebat daripada olimpiade sains. Biar adil dan merata, sehingga semakin sering guru atau warga melihat prestasi di sekolah, maka jelas paradigma pendidikan itupun akan semakin meningkat.

Jadi, semoga gaji guru meningkat, dana operasional sekolah lebih transparan, liputan dari media lebih positif, dan dukungan dari berbagai instansi semakin signifikan. Karena pendidikan kalau hanya dibebankan kepada Mendiknas? dijamin tidak akan pernah sukses sampai kapanpun. Perlu stake holder yang kuat dan kritis untuk mendorong ini semua.

Selamat datang 20%🙂

16 Agustus 2008


Responses

  1. Wah enak tuh . . .

    smoga aja dngn naeknya gaji guru, negara kita pun akan naik derajat pendidikannya karena yang saya tau, akhir2 nih bnyk pemuda2 atw ank2 yg putus sekolah hnya karena faktor eknominya . . . .

    Tapi saya sennang akhir2 ini pun terjadi penurunan kemiskinan di negara kita dan smoga saja Setelah negra kita merdeka yg ke 63 ini

    Qta smua bisa menjlni hari2 dan hidup ini scra damai dan tdk lg adanya demo2 dimana2 . . . .

    dan Smoga pendi2kan di negara qta pun akan smkin maju dng terlahir2nya guru2 yg berpotensi dan profesional.

    Oleh karena itu,, Smangat ya Guru2 di negra ini yg telah berjasa u/ anaq negRi . . .
    di tmbh lg mo naek gaji lg.

    he_ (It’s Joke)

    Pokoknya mah . . .

    SmngatLah wahai Guru2 . . . … .

    Kau memang Pahlawan Yg tanpa tnda jasa yg tak pernah mengenal rintangan,,
    baik itu hujan, badai dan apapun yg tlah mereka lalui,
    saya sangat SALUT seKali terhadap guru2 .. . . . .

    Sx lg SMANGAT LAH . . . . . .. . . . . . . . . .. .

  2. Pak Mo nanya nIh???!!!!!!

    kenapa sih di daerah Irian atw Papua bagian sana kurang Pendidikannya???

    Apkah maslah daerah yg terlalu jauh atw bgmn>>

    saya sndri sangat prihatin dngn keadaan pendidikan dsana.

    He_

  3. Tahun 2006 ke Yunani bukan Swiss, programnya adalah Konferensi Guru Asia – Eropa. Bapak buat project, http://www.asiaeuro-money.blogspot.com malahan dapat penghargaan. Gitu lhoo, mengenai Papua? masalahnya sederhana, banyak pejabat yang tidak peduli pada masyarakat dan anak bangsa. Dia hanya peduli pada dirinya sendiri dan korupsi. gitu lhoo

  4. Oo . ..

    iaa iaa . ..

    Wah . . berarti klo k west virgina itu pa??

    pa klnjutan nya???

    PokOknya mah is The beSt Lah . . he_

    Oia pak sewaktu ke Yunani itu dpt sPonsor ga??

    Klo g slah saya Bca Koran, bpk dpt sponsor dr PEMKot???
    bener ga???

    Ekh, penghargaannya pajang dOnk . . .

    Sxan bisa diLiat.
    he_

  5. Oo . .. . SIip Lah . .. . .

    U’r The BEST . ..

    Okey!!!!!!!
    he_

    Oiya,, Yg DI yahOO, jwb ya . .. he_

    KLo bisa sih Scra Jelas n Ter PerinCI . .. .
    ha_


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: