Posted by: sopyanmk | 23/07/2008

Dari Kaukus Restoran, White House, dan House of Parliament (1)


Perlananan hari ini dimulai deh, sarapan jam 7.30 untuk melihat siapa teman-teman yang kira-kira satu program. Saya melihat ada orang vietnam dan india. Tapi saya belum berani bertanya takut dikira sok tahu, padahal saya sambil nginget2 gimana ya cara nyapa dalam bahasa Inggris :). Sarapan paginya cukup sederhana, di satu sudut setumpukkan roti yang bervariasi, cornflake, minuman, dan makanan berat (omelet, daging, dan sosis). Dasar orang Indonesia yang itu gak boleh dilewatkan. Setelah mau makan sosis baru kepikiran jangan2 daging gak halal. Terpaksa deh tanya dulu ke waiter yang tugas. Jawabnnya ‘Bacon”, yaaa lemes deh gak jadi makan daging dan sosis hahaha.

Setelah sarapan saya nunggu di lobby sesuai perintah dari “Bapak” (panitia) yang terrnyata cewek semua. Yang datang pertama orang Vietnam (bener nih tebakannya), Orang Cina, Orang Bangladesh, dan terkahir orang India. Akhirnya kami berkumpul, yang menarik adalah kedatangan mahasiswa tahun ke 3 mungkin semester 6. Dia volunteer untuk menjemput kami. Wah lebih terkejut lagi pada waktu mobil yang dipakai ternyata mewah banget (bus limousine). Hmmm pokoknya asyik banget, sambil tegang mau dibawa kemana. Kami berlima dibawa ke gedung AED, Academy for Education Development. Surprise berikutnya adalah jumah panitia yang memang hanya 2 orang. Dua perempuan (Shanon Roe dan Mia Gutierez), bayangkan kalau di Indonesia, itu pasti berjubel panitianya. Setelah kami berkenalan maka kami mendapat gambaran tentang kegiatan yang akan kami lakukan selama di Washington. Untuk kegiatan di Virginia sepertinya akan dijelaskan oleh local Host.

Tidak lama datang Jill dari Department of State mengucapkan salam dan berbicara cukup detail. Setelah itu ada penjelasan teknis yang sangat spesifik sehingga kami para peserta rada-rada kebingungan. Shanon dan Mia sepertinya senyum2 lihat kepolosan kita.

Orang Vietnam cukup pendiam mungkin karena Englishnya, Orang Cina yang berapi-api, yang paling aktif ya orang India dan Bangladesh. Mereka sudah Ibu-ibu, wakasek pula. so, mereka cukup dominan deh. Setelah selesai, Shanon dan Mia mengajak ke ruangan internet dan telephone. Sayang untuk nelpon rumah rada-rada gak ngerti hehehe. Buka email, ada tabakan Mas Ikhsan yang tepat. Yaitu makan Mie pas datang hehehe.

Setelah acara perkenalan selesai maka saya diajak jalan ke Restoran Kaukus, konon di restoran itu tempat para anggota Senat nongkrong dan melakukan lobby. Tempat masuknya kecil dan tidak terlihat mewah, tapi di dalamnya uihhh exclusive banget deh. Banyak orang2 berdasi dan sedang berkumpul, dipikiran saya pasti ada project penting atau hal bisnis lainnya.

Menu? jangan tanya, semuanya berbau tokoh negara di dunia. Ada Napoleon Salad, Beef Medalion, dll. Nah saya coba deh tuh Beef Medalion, karena dah pasti makan seperti itu tidak akan pernah di daparkan di Indonesia. Aji mumpung ya hahaha. Rasanya uih… hampir-hampir tidakhabis itu daging dua potong. Setelah itu datang Mr. Dunn seorang profesor masalah UU Federal. Uihhh keren banget dan sangat inspiratif. Gak nyangka deh, dia bicara hampir gak berhenti. Saya cukup terkejut dengan statemen dia yang mengatakan bahwa Konstitusi itu bukan Kitab suci yang tidak bisa dirubah. Konstitusi adalah acuan bagi suatu bangsa untuk menuju kesempurnaan. Statement itu cukup inspiratif dan membuat keyakinan saya tentang UUD semakin terbuktikan. Bukan masalah dia orang Amrik sih, tapi ya memang begitulah sebuah konstitusi adanya.

Dia juga mengatakan bahwa semua hal yang berkaitan dengan perundang-undangan tidak bisa dilakukan hanya sebatas lobby dan kepentingan sekelompok orang. Pertaruhan bahwa dirinya adalah mewakili siapa benar-benar dibuktikan. Hal prinsip yang pertama di pegang adalah, menjaga hak2 warga yang diwakilinya tetap terjaga. HHAaaaaaaaaaaaaaaa jadi sedih deh kalau dibandingkan ke kita. Siapa mewakili siapa, atas nama rakyat padahal … entah kepentingan siapa. Buktinya, ya sekarang ini betapa banyak wakil rakyat ternyata bejat dan biadab. Naudzubilah.

Yang menarik adalah isu Check and balance dengan teori Trias Politica John Locke. Keren banget, serasa kuliah lagi tapi ini lebih dalem gitu loh… padahal pembicaraan tadi dilakssanakan setelah makan siang, sambil desert gitu… Tapi pembicaraan dalam itu luar biasa. Dia cerita bagaimana 2 orang mewakili tiap negara bagian akan berusaha kerasa membawa issue dari negara bagian tersebut. Dan itu jelas berkenaan dengan harga diri dan prestasi. Dia memberikan contoh, waktu USA mau membuat 15 pangkalan militer, itu dilakukan dengan alot. Karena jelas, kalau ada pangkalan militer, maka ekonomi rakyat disitu mati. Karena akan ada area yang luas dan tidak boleh dimasuki. Nah lobby dalam memilih daerah dan kompensasi dari daerah itulah yang jadi acuan utama.

Patokan mereka, tetep … jangan ada hak-hak rakyat yang terganggu walau untuk kepentingan negara. Rakyat di atas segalanya. Sehingga undang-undang yang dibuat bukan berdasarkan program seenaknya dari para penguasa tapi benar-benar dibutuhkan oleh dan diinginkan oleh rakyat.

Sayang pembicaraan itu terhenti oleh program berikutnya yaitu keliling Wahington…

Ceritanya nanti ya, mau sarapan dulu nih..

Wahington, Carlyle Suites Hotel (23 Juli 2008)


Responses

  1. wah..wah.. asyik juga ya.. n norak..he..he..pake aji mumpung sgala… baru kali ini sy sempet kasih respon..pdhl udah bbrp kali buka n baca2..seru..bagus.. semangat tinggi..bravo! mdh2n bnyak guru yang t’tarik cari ilmu s’bnyak2nya kayak dikau ya..supaya tidak t’kukung spt katak dalam tempurung..oceh?

  2. Wow, keran banget mas,
    Ingin deh perjalanan seperti sampean,
    salam kenal.

    sumintar.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: