Posted by: sopyanmk | 28/06/2008

Classroom Exchange Part 1


From: mark ogilvie
To: Sopyan Maolana 3vclass@epals.com
Date: 2008-Jun-25 07:46:17
Subject: epals


Hi,

We are a christian School in Darwin Australia. We are studying Indonesian and would like epals from Indonesia. My students would love to write in english and maybe share 1 or 2 phrases in Indonesian.  I have 50 students in year 7  SMP 1  and 50 students in Year 8 SMP 2.

Saya sudah tinggal 9 tahun di Indonesia dan 1 hari akan kembali lagi.

Suatu hari saya mendapat surat dari account yang saya buat tahun 2004 waktu masih  ngajar di Madania. Sekarang account itu masih diaktifkan walau profilnya sudah dirubah, maklum saya sekarang dah ngajar SMP dan SMA. Email seperti di atas masih sering berdatangan mengajak bikin kegiatan supaya murid-muridnya bisa mengerti tentang Indonesia dan budayanya.

Ini menarik sekali,karena fenomena ini terus berkembang. Saat ini mungkin Indonesia hanya sebatas objek karena memang bagi mereka Indonesia memiliki potensi yang besar untuk dikenal. Walau kadang-kadang yang ingin mengajak partneran kegiatan masih dari negara Australia dan Amerika. Kadang-kadang juga Korea. Kegiatan ini sebetulnya sangat bermanfaat bagi siswa-siswi yang kita ajar. Mereka dapat practice their English dan lesson about their culture. So, sekali mengayuh dayung… dua tiga asfek akan tercapai.

Apa sih masalahnya? Dari sekian banyak guru yang merupakan praktisi di bidang ini, sebetulnya kegiatan ini sangat menyenangkan bahkan tidak ada kendala berarti. Yang jadi kendala adalah keinginan guru untuk arrange waktu. Masalah klasik masih diseputar pengadaan jaringan internet, walau anak2 sudah bisa pergi sendiri tanpa harus pake fasilitas sekolah. Ada banyak solusi untuk dipecahkan. Asal, kita mau melangkah dan bergerak.

Implikasi dari belajar bahasa Inggris dengan kegiatan seperti ini cukup signifikan, karena mereka merasa langsung dapat memastikan bahwa English mereka langsung dapat dinikmati. Soal nilai? Jangan tanya dong… kalau mereka sudah dapat menulis surat dan berbalas surat, otomatis dong kosa kata mereka semakin bertambah dan mencari vocabulari buat mereka adalah sesuatu yang menyenangkan karena mereka akan berbagi pengetahuan lewat email dengan temannya di luar negeri.

Mau coba? Ayo…


Responses

  1. I’m interested to join in. My school needs something like this. Advise us, please.

  2. Mr. Rendra,

    What is your school name? Just contact me through email: cecep_sopy@yahoo.com or my number 08179132101. Last Wednesday I share this material at Dwiwarna school

  3. pak Sopyan sndiri msh jd anggota epals? Gmn ya pak cara ngajarin guru spy bs buat kegiatan & kemudian “dititipkan” di website spt epals gitu?
    thanks

  4. Kita bisa buat workshop dan buat simulasinya bu dalam workshop dengan guru-guru. Kalau boleh kirim contact person yang bisa saya hubungi setelah saya pulang dari amerika. Terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: