Posted by: sopyanmk | 27/03/2008

Sejarah


kujang.jpgSejarah, dalam bahasa Arab berarti pohon katanya. Secara filosofis bermakna sebuah kiasan. Pohon akan tumbuh menjadi besar, berbuah, buahnya jatuh ke tanah, tumbuh menjadi pohon kecil, tumbuh menjadi pohon besar, berbuah, jatuh ke tanah dan seterusnya.

Dari sana kita bisa mengenal sunatulloh atau kata orang hukum alam. Bagaimana Al-Quran mengajarkan kepada kita bahwa setiap nabi mengajarkan fase beriman, berhijrah, dan berjihad.

bagaimana para pejuang di jalan Alloh hampir dipastikan berkeluh kesah untuk mendapatkan kemenangan. Itu semua sunatulloh.

Saya setuju kalau belajar sejarah bukan hanya tanggal, waktu, dan tempat. Tapi bagaimana kita mengkaji kejadian saat itu untuk selanjutnya diharapkan menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Ini adalah tantangan.

Di Amerika, sejarah begitu dihormati dan menjadi titik balik dalam kemajuan peradabannya. Kalau kita melihat sejarah bangsa ini? Rasanya kita harus mengerutkan kening. Karena, kita sudah kehilangan banyak sejarah akibat kerakusan politik. Baik dan buruk dalam sejarah adalah sejarah. Intinya adalah bagaimana kita mensikapi sejarah itu kedepan. Biarkan zaman objective melihat ada apa di dalam sejarah itu.

Seburuk-buruknya sejarah pasti punya sisi baik, begitupun sebaik-baiknya sejarah pasti ada sisi buruknya. So, guru sejarah perlu bekerja keras untuk membangkitkan kebanggaan bangsa ini lewat sejarah. Bukan hanya lewat pesawat terbang yang akhirnya merugi, bukan hanya oleh prestasi korupsi saja, atau bahkan bukan oleh tsunami saja. apapun yang terjadi di bangsa ini adalah sejarah.

Bayangkan, kita mau mengkaji sejarah Majapahit. Kemana kita harus belajar? Tempat dan buku sangat terbatas, benda2 purbakala pun dirampok. Jadi apa yang tersisa dari bangsa ini untuk menata sejarah? Kita lah yang harus bekerja keras menunjukkan bahwa bangsa ini pernah menjadi bangsa besar seperti juga akan terjadi di masa kini.

Salam,
Sopyan


Responses

  1. Assalamualaikum,salam hormat.
    Kang Sopyan,saya sedang belajar membuat blog..adapun blog saya mengenalkan budaya sunda.Saya meminta izin anda,untuk menampilkan image keris kujang yang anda miliki.Dengan mencantumkan image source di blog saya tentunya.
    Terima kasih…Maju Urang Sunda..!!

  2. wah kang aris… abdi ge mendak ti kang google… monggo aja hehehe

  3. benar Kang Sopyan sejarang memang selalu digunakan untuk kebanggaan suatu bangsa terutama di depan anak dan cucu, tapi kebanggaan itu kadang-kadang di buat oleh suatu rezim yang berkuasa, dan meupakan PR yang berat bagi ahli sejarah jangan terikat dengan rezim yang ada, harus terus menggali.

    http://ceritanovel.wordpress.com/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: