Posted by: sopyanmk | 14/03/2008

Kisah Sopyan Maolana Kosasih Meraih Excellent Award (1)


25-01-2008 03:18 WIBeurope-185.jpg
Kisah Sopyan Maolana Kosasih Meraih Excellent Award (1)
Luncurkan Website Mata Uang Euro, Libatkan Siswa dan Guru
Kesuksesan yang diraih guru SMPN 3 Bogor Sopyan Maolana Kosasih meraih Excelent Award ternyata tidak lepas dari campur tangan teman-teman seprofesi dan para siswanya. Dari kerjasama itu ternyata membuat nama baik dunia pendidikan Kota Bogor semakin mendunia. Bagiamana usaha yang dilakukan Sopyan untuk mencapai prestasi itu?BAGI sebagian orang, menggunakan layanan internet masih terasa asing dan bingung. Karena kebanyakan situs yang ditampilkan menggunakan bahasa Asing, bahkan membuat bosan dan sulit bagi penggunanya. Namun bagi pria yang biasa disapa Sopyan itu, kendala itulah yang ternyata membuat ia mencetus sebuah ide untuk membuat suatu penelitian atau proyek.

Selain itu, bukan hanya bingung menggunakan internet, kadang masyarakat pun takut untuk membuat website. Mungkin karena takut bayar jadi untuk membuat website sepertinya tidak terlalu penting.

Padahal, kata dia, untuk membuat website itu tidak usah takut. Karena tidak semua website itu bayar. Seperti website yang ia buat dan ia lombakan ditingkat internasional yaitu www.asia uero-money.blogsport.com.

Web itu ia buat gratis dan bisa diakses oleh semua negara. Karena untuk mengikuti lomba itu harus membuat website yang bisa dibuka dimanapun. “Selain gratis, situs itu cepat aksesnya, bahkan karena situs itulah saya menjadi juara,” jelasnya.

Namun, lanjut Sopyan, sebelumnya ia mempelajari semua situs yang ada di internet. Namun idenya muncul ketika melihat uang dalam gengamannya, begitu berharga terutama uang Euro. Karena itulah, akhirnya Ia memilih uang sebagai objek proyek.

“Saya ingat biasanya uangkan selalu ada gambarnya, nah gambar itu biasanya mengambarkan daerah atau budaya. Jadi mengapa tidak dikembangkan,” ujarnya.
Kemudian, ia mencari bahan untuk membuat proyek tentang uang tersebut.

Kurang lebih satu tahun ia mempersiapkan proyek tersebut, karena harus mempelajari karakteristik uang yang digambarkan. “Uang kan menjadi salah satu bagian transaksi jual beli, selain itu uang juga menjadi kebutuhan yang mendasar untuk memenuhi kebutuhan hidup,” jelasnya.

Dalam satu tahun persiapan itu, Sopyan tidak bekerja sendiri. Karena untuk penelitian ia harus dibantu orang lain, dan ternyata siswa atau anak didiknya yang dirasa cocok untuk penelitiannya itu.

“Semua siswa yang saat itu duduk dikelas dua, saya ikutsertakan. Dimana mereka ditugasi membuat suatu cerita atau artikel dalam bahasa Inggris yang dipelajari di kelas. Nah, setelah dibuat, anak-anak memasukan tugas itu kedalam situs yang saya buat. Itu dilakukan secara terus menerus. Nah, dari itulah tim juri bisa menilai,” terangnya.

Selain siswa, lanjutnya, guru-guru juga diikut sertakan, bahkan campur tangan mereka begitu membantu. “Prestasi yang saya raih memang tiada lepas dari campur tangan orang terdekat saya. Dan itulah yang membuat saya bergairah mengikuti perlombaan ini,” tandasnya. (*)

(Nellyani)


Responses

  1. canggih kang!!
    omedetou gozaimashita..^-^

  2. aku bangga sama kamu, kang…
    Orang Cianjur ternyata bisa bicara di dunia internasional.
    Selamat dech…
    Terus berkarya ya….

  3. Terima kasih Mas eh Mbak? Aduh maaf nih saya tidak tahu harus panggil apa. Tapi dukungan dari ISPI Banyumas membuat saya termotivasi untuk lebih baik lagi. Semoga kita bisa bersilaturahmi.

    Salam

  4. Saya Deni, adik akang tea. Lagi mengelola blog Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia Cabang Banyumas.

    Hidup kang Sopyan…

  5. waaaah kerenz euy… bisa mengelola isntitusi, itulah kehebatan anak upi euy. mampu beradaptasi dengan baik. Sukses, apa perlu kita ngadain workshop di sana? dengan senang hati saya main ke Banyumas….😉 namanya juga usaha hehehehe

  6. Good!!!!! Perfect!!!!! Bravo….!!!!!

  7. gak nyangka ya. ternyata aku punya kakak angkatan yang bisa dibanggakan. good luck deh

  8. bangga punya temen seperti p sopyan… lanjoooooott…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: