Posted by: sopyanmk | 14/03/2008

Guru MI Dilatih


11-03-2008 12:41 WIB
KEMANG – Prasasti imani foundation melakukan terobosan. Lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang pendidikan ini menggandeng lembaga asing dari Australia learning assistance program for Islamic school (LAPIS), melakukan pendampingan dan pelatihan bagi guru-guru madrasah ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Bogor.Tahap awal, kedua LSM itu telah membinaan 90 guru dari 15 MI di wilayah Parung, Kemang dan Bojonggede pada setahun terakhir ini. Sedangkan metode pembelajarannya mengadaptasi dari sekolah-sekolah internasional. ”Selama ini sistem mengajar guru hanya berpatokan pada buku, kita berusaha mengubah hal itu secara konvensional, yakni menggunakan alat bantu atau media apa saja yang berada dilingkungan kita,”ungkap salah seorang pelatih atau trainer, Hartanto Jati.

Pelatihan ini mendapat antusias dari peserta yang seluruhnya guru MI tersebut. Dari pantauan Radar Bogor, pada tiga kelas yang melakukan pelatihan masing-masing menggunakan media berbeda dengan mata pelajaran yang berbeda pula. Misalnya pada pelajaran ilmu kewarganegaraan, peserta melihat pemutaran film animasi tentang binatang. Setelah menonton film itu kemudian dilakukan presentasi mengenai contoh karakter dari masing-masing binatang, untuk membentuk pribadi bagi anak didiknya.

Meski pelatihan hanya satu kali dalam seminggu dan selalu berbeda tempat, Ketua Prasasti Imani Sopyan Maolana Kosasih tetap terus dilakukan pendampingan dalam penerapannya disekolah masing-masing.”Kita lihat mereka mengaplikasikannya pada anak didiknya, dan ternyata dari hasil pantauan kami ada perubahan yang menggembirakan dari siswa lebih kreatif dan berani berinovasi,”ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Jumhardi peserta pelatihan sekaligus guru MI Nurul Atfal Kemang. Dirinya merasakan manfaat dari penggunaan metode pembelajaran baru tersebut.Tak berbeda dengan Akhmad Syaifudin dari MI Miftakhul Atfal 01, Parung, ia berharap program semacam ini terus berlanjut karena memberikan rasa percaya diri pada guru dan menumbuhkan motivasi dalam kegiatan belajar mengajar.(rp2)

(Redaksi)


Responses

  1. Hallo pak Sopyan,
    Kami juga berkeinginan memberikan workshop kepada guru-guru MI.
    Kebetulan baru saja diterbitkan buku MI seperti Bina Fiqih, Bina Akidah dan Bina Al Quran dan Hadis.
    Nara sumber kami juga memberikan pelatihan menulis Ilmiah dan motivasi

  2. Terima kasih Pak Dharma telah berkenan mampir dan memberikan tawaran yang menyegarkan buat sekolah Madrasah. Semoga kita bisa bekerja sama.

    Salam

  3. Mengenai Guru MI Dilatih itu bagus sekali. Saya harap bisa diadakan juga di Jakarta. Terima kasih
    Salam

  4. Buat Pak Dharma, Kapan workshop untuk guru-guru MI diadkan. Mohon infonya lebih lanjut.
    Terima kasih
    Salam

  5. Salam kenal Mas Helmi. Untuk mengadakan di Jakarta saya pikir lapis akan sangat dengan senang hati menerima proposal itu. Asalkan sekolahnya itu MI dan di bawah DEPAG. Mungkin kita bisa bekerja sama menyusun proposalnya. Terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: