Posted by: sopyanmk | 03/03/2008

Mimpi MI yang hebat Menjadi Kenyataan


img_0189.jpgSudah hampir setahun saya dan teman2 berbagi dengan 15 Madrasah Ibtidaiyah di Kec. Kemang Bogor. Mereka yang dulu begitu lugu, kurang percaya diri, mengeluhkan kurangnya fasilitas, serta kesejahteraan yang rendah seolah menjadi alasan untuk tidak melakukan proses pembelajaran yang hebat. Mengajar yang hebat adalah mimpi di siang bolong sepertinya. 

Ketika kegiatan dimulai, diskusi bagaimana merubah paradigma dengan cara yang sangat sederhana, bagaimana menentukan visi dan misi ke depan. Rasanya hal itu hanya 50-50 peluang untuk berhasil. Tantangan mereka dan keluhan mereka hampir selalu datang dan perlu terus dimotivasi walau mereka sudah mau menjelang pensiun. Serasa sok tahu…  

Namun setelah berjalan, membuka cakrawala kurikulum dengan kegiatan bedah kurikulum, workshop intensif 7 bidang studi (PKn, Math, B. Indonesia, B.Inggris, IPA, IPS, dan Writing Workshop) terus menerus 2 minggu sekali menjadi santapan akhir pekan mereka.  

Malu-malu, penasaran, mendekat, dan aktif bertanya adalah fenomena yang paling menyenangkan. Diakhiri dengan sikap kritis, seolah menyadarkan bahwa lebih dari 90 orang guru sudah bangun dari tidur dan siap untuk berkarya di dunia pendidikan dan maju sejajar dengan guru-guru lainnya. Sekarang, dengan percaya diri mereka berani bersaing dengan guru2 SD yang sudah makan asam garam di dunia pendidikan yang selama ini mereka anggap luar biasa. 

Sekejap, statement ini hanya omong kosong belaka terpompa motivasi workshop. Namun pada waktu kunjungan ke sekolah, ternyata mereka mengaplikasikan semua materi workshop kedalam kegiatan kelas. Amazing… ternyata mereka bisa, padahal mayoritas dari mereka hanya lulusan Aliyah atau SMA dan sederajat. Hanya segelintir dari mereka yang PNS, dan hanya segelintir dari mereka yang S-1 dan rajin ikut pelatihan. Kini semuanya sudah nyata di depan mata. Mereka menjelma menjadi yang terbaik di sekolahnya…  

Semoga mimpi ini tidak hanya mimpi sekejap, dukungan dan perhatian dari berbagai pihak memang sangat diperlukan. Semoga pihak terkait mampu melihat walau dengan sebelah mata. Setelah itu, bukalah lebar-lebar bahwa 15 MI di kec. Kemang sudah bukan MI yang biasa. 

Terima kasih kami ucapkan kepada LAPIS (Learning Asisstance Program for Islamic School), team Prasasti Imani, dan Mapenda Kab. Bogor. Tak lupa siapapun yang berjasa dan berperan penting, semoga mendapat balasan dari Alloh SWT dengan balasan berlipat ganda. Amin


Responses

  1. Assalamu alaikum wr wb

    Pak Sofyan yang baik, perkenalkan saya Nining Pak, sekarang sdg Master di Nagoya University Jepang. Saya sangat ingin berdiskusi dg Bapak sebelum saya berkunjung ke sana krn memang saya baru ada rencana ke Indonesia bulan Agustus tahun ini.
    Pak Sofyan, kebetulan background saya science saat S1 tp skarang ambil education Masternya. Profesor saya walau org Jepang tp interestnya dibidang pendidikan ISlam. khususnya di Indonesia. Beliau meminta saya menulis tesis (di jepang tesis tdk seberat di Indonesia dari segi isi/ tuntutan dosen, tp beratnya harus dalam bahasa Jepang,wuihhh asa lalieur lah heheh) tentang kurikulum (pilih science) di sekolah level SD Islam (berarti madrasah juga bisa). Nah…saya sangat ingin terlibat dengan kegiatan bapak, at least saya ingin mengangkat keberhasilan bapak dkk ini siapa tau menjadi bahan kunjungan sensei saya kelak. Atau rekan saya dosen di Malaysia yang interest dibidang science dan teknologi utk sekolah dasar ISlam. Nah tapi tesis saya sendiri tdk harus melulu ttg science nya (krn sejujurnya background sensei saya sekarang bukan science) , beliau bidangnya antropology pendidikan, khususnya budaya Islam. Nahh…seandainya..saya bisa melndapatkan bagaimana kegiatan ini berawal, bagaimna proses di tengah jalannya dalam setahun kok sukses, bagaimana dg keterbatasan sebuah madrasah ko bisa maju, adakah data dari jumlah, nama MI yang terlibat, schedule workshop, patokan kesuksesannya/ prestasinya apa…itu semua cukup sekali utk menjadi bahan tesis saya yang harus mulai saya susun saat ini, dan selanjutnya saya translate nanti.
    Pak Sofyan, walau saya bukan orang Bogor, tp Bogor kota ke dua buat saya krn kakak2 saya 2 keluarga tinggal di GRaha Indah dan Pagelaran Ciomas. Yang satu di Telkom yang satu lagi dosen IPB dan istrinya guru di Bogor International School. MEreka semua sangat interest dg pendidikan ISlam terutama yg di IPB. Dr. K.A Ahmad Dahlan, wakil dekan FMIPA.
    Ohh..rasanya sangat senang sekali jika saya bisa juga membantu pak Sofyan mengembangkan kegiatan ini.
    Plisss…dibales ya pak email singkat eh panjang saya ini. Soalnya kalo via milis science kadang suka kowai (sieun) lagi pada gelut melulu masalah bahasa HEheh..

    Hatur nuhun (tenk kyu) sekali ya pak..^-^
    Wassalamu alaikum wr wb
    Ning

  2. aduh maaf ada yang kelewat,
    di blog bapak ini saya bisa liat nggak pak kegiatan setahun itu apa saja?..dan LAPIS itu apa?kerjasama dengan DEPAG nya bagaimana?..waduhhh pakk..saya mendadak jadi semangat begini yah? baru saja saya berdoa Ya Alloh…mohon ditengah kesibukan sensei saya sehingga beliau tak punya waktu utk berdiskusi dg saya beberapa bulan ini, tidak menutup leuang saya utk terus bergerak mempersiapkan tesis saya nanti. AMinnn…dan akhirnya saya dapat email bapak. mudah2an ini suatu jalan…

  3. kegiatan ini memang tidak di publish disini, tapi di http://www.prasastiimani.org namun itu juga sedikit sekali informasinya karena pengelola website sedang banyak sekali pekerjaannya. Maklum kita di kampung jadi kadang2 akses internet lancar, upload masalah karena akses byar pet… jadinya dingin sekali…. hehehe… tapi data2 semua ada lah….🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: