Posted by: sopyanmk | 29/01/2008

Kullu nafsin daaiqatul Maut!


Hingar bingar kematian sang legenda di tanah air tercinta sepertinya mengalahkan semua kepentingan dan situasi yang semakin rumit dan pahit bagi masyarakat. Betapa tidak, harga cabai naik pesat, harga minya goreng hampir tak terkejar, gas, minyak tanah, bahkan sekedar mencari tempat untuk tertawa dan menghilangkan penat saja semakin susah. Saatnya kita mendapat ibroh agar tidak menjadi manusia sombong dan terkutuk.

Dalam kehidupan sejarah dunia sudah tercatat dalam berbagai kitab suci, orang mengenal:

  • Fir’aun (the Faraoh)
  • Jalut (Goliath)
  • Namruz
  • Hitler
  • Mussolini
  • Napoleon
  • Marcos

Ternyata jika sudah waktunya maut datang memaksa, tiada orang mampu mengelak walau dikelilingi para dokter spesialis handal dengan dukungan teknologi canggih. Kekuasaan yang terserak semuanya ditinggalkan. Harta kekayaan yang berlimpah ternyata tidak menjadi jaminan keabadian. Semuanya ada kapasitas dan waktunya, jadi mengapa kita harus sombong dan merasa menjadi manusia hebat dengan menindas sesama manusia dan berbangga diri di bawah keterpurukan.

Ternyata, kita bisa melihat dari zaman ke zaman, abad ke abad, tahun ke tahun siapapun yang rakus dengan kehidupannya tetap tak berdaya menghadapi kekuasaan Alloh Swt. Jika saja kita renungi lagi masa kecil kita waktu belajar mengaji aqidah Asma wa Sifah betapa malunya kita dengan sifat Alloh SwT: Wujud, Qidam, Baqa, Mukholafatul Lilhawaditsi, Qiyamuhu Binafsihi, wahdaniyah, Qudrat, Irodat dan seterusnya. Lalu apa yang bisa kita banggakan disaat sebuah kekuasaan yang menggenggam seluruh alam dan tidak akan ada yang luput dari pengawasannya, walau itu semut yang bergerak menjadi klandestein.

Saudaraku, jalan Alloh selalu terbuka lebar untuk mencari kedamaian dan kesempurnaan makhluk. Qur’an sudah menjadi alat untuk berjalan dan berkarya di muka bumi. Alat problem solving, jalan hidup, serta pandangan hidup yang sudah terbukti keampuhannya dan bisa dibaca dalam sejarah para Nabi dan Rosul.

Hitunglah, berapa menit lagi, berapa detik lagi, berapa lama lagi akan bergelimang dosa dengan harta-harta yang kita miliki, dengan waktu yang merasa kita miliki, dengan denyut nadi dan hembusan nafas yang tidak pernah kita syukuri. masihkah kita mau bersombong menentang kekuasaan Alloh?

Semoga kita terhindar dari semuanya…. amin


Responses

  1. Jika semua orang mempersiapkan kematian, maka tak akan ada korupsi lagi

  2. Betul sekali… tapi sering kali kita lupa akan fase itu. Akibatnya kita sering sombong dan arogan bahkan menindas dan menyakiti yang lain… Naudzubillah. Salam kenal Bu El-Mawardi

  3. Kematian hanya rahasia Allah sekaligus ‘judge’ baik buruknya amalan. ga ada yang bisa mengira letak keagungan Allah. Allah maha pemaaf… Penilaian terakhira hanya ada di tanganNya….

  4. Thats right sister😉 Thanks ya dah mampir, aku dah buat link lho di http://www.englishsmpn3bogor.blogspot.com. Makanya, sebaikan manusia bersiap dan berlomba untuk kebaikan. Jangan terlena oleh iming-iming kemegahan duniawi. Semua akan lenyap dan sirna jika memang Alloh sudah menunjukkan rahasianya kepada kita.
    Hidup prajabatan Kelas A hehehehe, eh udah dapat undangan Ida? Gank siberat pada kecewa tuh… hahahah

  5. termasuk ….he he. akhirnya.. tuh jodoh emang masuk kriteria rahasiaNya ya!! ya deh selamat dengan kecewanya..
    Oh bu ida….maskot prajab kita!

  6. Betul, bu Ida nu eta. Tapi menurut saya maskot prajab bukan Bu Ida, tapi Bu…. ada deh hahahaha jadi pingin prajab lagi ya. Seru, lihat peserta cewek ketakutan lewat kuburan hiiiiiiiii syereeeeeeeeemmmm.

  7. alhu a’lam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: