Posted by: sopyanmk | 15/01/2008

Pembelajaran Kewarganegaraan Kelas X


Saya punya mainan baru yaitu mengajar di salah satu SMA Boarding yang cukup terkenal di Bogor/Jakarta. Saya harus mengjar subjek Kewarganegaraan. Lumayan menantang dan harus betul-betul menunjukkan konsep pembelajaran yang akomodatif dan visioner untuk dapat diaplikasikan oleh siswa di masa yang akan datang. Namun seperti pepatah, tak ada gading yang tak retak pasti ada banyak kekurangannya. Untuk itu saya mohon masukan mengenai cara saya menterjemahkan SK dan KD menjadi indikator dan kegiatan. Mohon masalah bahasa inggrisnya jangan di complain ya saya lagi belajar dan membiasakan menulis dalam bahasa inggris hehehehe. Tolong komentar dan masukannya di tulis di koment supaya saya mudah untuk mengingatnya. Terima kasih

!--more--

PKN Kelas X Semester Genap

SK:

4. Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

KD:

4.1 Mendeskripsikan hubungan dasar negara dengan konstitusi

Indikator:

· Siswa mampu mengetahui sejarah terbentuknya Pancasila

· Siswa mampu merasakan suasana kebatinan terbentuknya Pancasila

· Siswa mampu memahami polemik piagam jakarta dan mengambil hikmah dari sejarah tersebut

Kegiatan Kelas:

  • Brai n storming, penugasan (internet research)

· Research dan Role play sidang penetapan Pancasila

· Debat pro piagam Jakarta dan pro perubahan

KD:

4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara

Indikator:

· Siswa mampu memahami hakikat konstitusi di setiap negara (sosialis, kerajaan, kapitalis, ketuhanan)

· Siswa mampu melakukan perbandingan konstitusi dari berbagai negara (sosialis, kerajaan, kapitalis, ketuhanan)

· Siswa mampu mengkritisi dan melakukan kajian konstruktif terhadap konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kegiatan Kelas:

· Library dan internet research

· Library dan internet research presentasi (power point)

· Constitution research dan presentation

· Library dan internet research

· Library dan internet research presentasi (power point)

· Constitution research dan presentation

KD:

4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia

Indikator:

· Siswa mampu mengetahui isi pembukaan UUD 1945

· Siswa mampu memahami isi dan makna pembukaan UUD 1945 secara kontekstual

· Siswa mampu menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 dalam struktur perundang-undangan

Kegiatan Kelas:

· Library research

· Analisa dan bedah pembukaan UUD 1945

· Library dan internet research

KD:

4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara

Indikator:

· Siswa mampu memahami aplikasi konstitusi secara kontekstual dalam kehidupan sehari-hari

· Siswa mampu menganalisis bagian-bagian dari konstitusi yang belum dilaksanakan secara maksimal

· Siswa mampu melakukan evaluasi diri terhadap kegiatan-kegiatan yang merupakan pengamalan konstitusi negara republin indonesia.

Kegiatan Kelas:

· Renungan dan diskusi interaktif

· Constitution research

· Renungan dan diskusi interaktif

SK:

5. Menghargai persamaan kedudukan warga negara dalam berbagai aspek kehidupan

KD:

5.1 Mendeskripsikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia

Indikator:

· Siswa mampu memahami konsep warga negara

· Siswa mampu memahami konsep pewarganegaraan

· Siswa mampu menganalisis undang-undang kewarganegaraan di Indonesia

· Siswa mampu menganalisis kasus anak hasil kawin campur dengan warga negara asing

· Siswa mampu memahami syarat-syarat menjadi warga negara Indonesia dan hal-hal yang menyebabkan lepasnya kewarganegaraan Indonesia

Kegiatan:

· Internet research

· Presentation

· UU Kewarganegaraan research

· Cases Study

· Ahmadiyah and PKI case, Museum walk activities

KD:

5.2 Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara

Kegiatan:

· Siswa mampu memahami hak dan kewajiban warganegara

· Siswa mampu menganalisis kesenjangan perlakuan pemerintah terhadap warga negaranya

· Siswa mampu menunjukkan kasus-kasus ketidak adilan di Indonesia antara warga negara vs warga negara, pemerintah vs warga negara

· Siswa mampu menunjukkan peraturan-peraturan yang hanya menguntungkan salah satu golongn

· Siswa mampu menunjukkan aparat atau lembaga-lembaga yang sering berlaku tidak adil terhadap warga negara

· Siswa mampu memberikan solusi dari kasus-kasus di atas

Kegiatan:

· Internet/library research

· Kliping

· Analytical Cases

· Analytical Cases

· Debate Competition in the classroom

· Debate Competition grade X

KD

5.3 Menghargai persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku

Indikator

· Siswa mampu memahami keanekaragaman ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia

· Siswa mampu mengklasifikasikan kebudayaan dan karakteristik masyarakat Indonesia

· Siswa mampu menunjukkan tindakan-tindakan pelanggaran hukum yang berdasarkan perbedaan keanekaragaman ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia

· Siswa mampu mengapresiasikan sikap positif terhadap teman yang berbeda ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia

· Siswa mampu menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat yang kurang beruntung walaupun berbeda ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku di Indonesia

Kegiatan:

· Making tribe profile

· Making Religion profile

· Making Gender profile based on local tradition

· Analyze against human right cases in Indonesia

· Appreciation day

· Appreciation day

SK:

6. Menganalisis sistem politik di Indonesia

KD:

6.1 Mendeskripsikan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia

Indikator:

· Siswa memahami konsep supra struktur politik di Indonesia

· Siswa memahami konsep infra struktur politik di Indonesia

· Siswa memahami kinerja supra dan infra struktur politik di Indonesia

· Siswa memahami kelemahan kinerja supra dan infra struktur politik di Indonesia

· Siswa mampu memberikan solusi dalam upaya memperbaiki kelemahan supra dan infra struktur politik di Indonesia

Kegiatan:

www.kpu.go.id/peraturan_uu/uu_susduk.htm research


KD:

6.2 Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara

Indikator:

· Siswa mampu melakukan komparasi sistem politik di berbagai negara berdasarkan ideologi dan sistem pemerintahannya

· Siswa mampu menganalisa signifikansi antara sistem politik dengan kebijakan politiknya

· Siswa mampu menganalisa perbedaan ideologi partai dengan kebijakan politiknya ketika memimpin negara (studi kasus partai demokrat dan partai republik di USA, partai buruh dan partai republik di Australia)

· Siswa mampu menganalisa perbedaan kebijakan publik parpol pada waktu berkuasa (studi kasus PNI, Golkar, PDIP, dan Partai Demokrat di Indonesia)

Kegiatan:

· Invite the ambassadors to the school

· Presentation report

· Invite political analyst keynote speaker

· Invite the representative of political party

KD:

6.3 Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia

Indikator:

· Siswa mampu mengetahui nama-nama partai politik yang telah mengikuti pemilu tahun 2004

· Siswa mampu mengetahui ideologi partai politik serta program-program partai yang bersangkutan

· Siswa mampu menganalisa kelebihan dan kesesuaian ideologi partai politik dengan program-program yang merakyat

· Siswa mampu membuat partai politik yang dianggap paling sesuai dan dapat diterima oleh rakyat.

Kegiatan:

· Creating political Party projec

About these ads

Responses

  1. Bagus kang.
    Kebetulan itu kan materi semester besok, jadi bisa buat perbandingan dan memperkaya RPP saya di kelas.

    Pembelajaran dengan melibatkan siswa secara optimal akan lebih asyik bagi anak dan juga kita (guru) tentunya.

    kalau boleh usul kang, pada saat pembelajaran nanti didokumentasikan (photo/film) sehingga bagi-bagi untuk yang lain atau bahkan yahun depan bisa ikut LKDP (Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran ) tingkat nasional.

    Saya lagi pusing nyusun modul untuk semester
    besok, materinya yang akang bikin di atas.

    Kali bisa bantu…
    Modul baru 50 % jadi, tinggal setengah lagi. Daripada pakai modul orang lain, kan lebih baik bikin sendiri.

    makasih.

  2. Nyusun modul seperti apa Deni? kenapa mesti pusing? Ah Deni bisa aja, itu kan gampang…. apa sih yang bikin sulit, toh kita yang ngatur…! telpon aja kalau mau dibantu.

    Untuk dokumentasi sih udah pasti, malah sekolahnya dukung buanget buat publikasi sekolahnya…. dan juga buat pelatihan dan sharing ke para guru, kali aja rencana bikin konferensi guru PKn se Indonesia jadi. hehehe

    Ikut lomba LKDP? males ah takutnya tidak fair, motivasi udah hebat eh malah dikadalin. Mending aja share langsung ke temen2 kan malah asyik
    dasar orang takut kalah ya…

  3. Kang Sopyan,

    saya barusan menulis agak panjang lebar, tetapi langsung saya klik ‘submit’, padahal nama dan alamat e-mail belum saya isi. ketika saya kembali ke halaman ini, eeeh, semua tulisan hilang.

    intinya,
    KD = kompetensi dasar.
    kompetensi = sesuatu yang dapat dilakukan atau dikerjakan orang.
    hasilnya harus bisa dilihat, diamati, didengar (ungkapan lisan).

    jadi rumusan indikator hendaknya mengungkap apa yang bisa dilakukan seseorang dan bisa kita lihat, dengar, atau amati.

    contoh
    “mampu mengetahui nama partai politik”
    dari mana kita tahu bahwa dia tahu?
    >> mampu menyebutkan/menuliskan

    ‘mengetahui’ sebaiknya JANGAN digunakan untuk rumusan indikator.

    Anda minta, bahasa jangan di”complain”. kalau Anda mengajar 200 siswa sesuatu yang keliru, maka 200 orang akan berbuat keliru seumur hidupnya. terus, gimana dong?

    contoh kecil:
    merubah atau mengubah?
    kata dasarnya apa? rubah atau ubah?
    awalannya apa?
    ini contoh hal sepele, tapi jika kita kita keliru, satu generasi akan berbuat kekeliruan yang sama.

    inilah beratnya beban tanggung jawab orang yang berprofesi GURU.

    sampai jumap & salam,
    bag

  4. ikut lomba, ya don’t pesimis!
    Justru ajang pembuktian apakah inovasi dan kreativitas kita betul-betul memenuhi standar panitia gak?

    Soal dikadalin gaknya, ya ga tau selama belum atau tidak ada bukti.

    Lomba semacam itukan, bisa untuk nambah kantong akang juga, total hadiah 1 miliyar kan lumayan toh…

    Peserta yang dipanggil ke Jakarta dapat 6 juta, yang juara 1 dapat 15 juta. katanya sih…

    Inovasi pembelajaran apa aja nih yang udah dikembangkan? khususnya untuk PKn agar pembelajaran lebih menyenangkan dan berhasil.

  5. ya lihat saja di atas, itu kan sudah menarik buangettttttttttttttt menurut abdimah… (narsis buanget ya) itu kan berbasis aktifitas siswa. Siswa bukan lagi subjek tapi objek, coba aja diamati dengan seksama, mungkin ada beberapa hal yang bisa diaplikasikan.

    ya mudah-mudahan saja salah mengenai lomba, abis ketua MGMP suka bilang bahwa ia berhasil melobi juri agar utusannya menang… kan jadi malesss. Alasan lain, jarang terinformasikan tuh. Mending cari aktifitas berbagi dengan sekolah lain atau temen2 lain.

    Lagi setting konferensi PKn dengan kang Yayat Den, mau ikutan? tapi harus ke bogor dong…

  6. Abdi di Purwokerto, tebihhhhh…
    Ngiring beri support aja…

    Abdi kecewa dengan IKA UPI, gak dewasa ya…

  7. Salut buat Mr. Sopyan….!!!
    Semoga semua mimpi indah jadi kenyataan.
    Terima kasih infonya ya.

    Teruslah berkarya, jangan pernah mengeluh dan menyerah sebab Yang Maha Kuasa sangat Adil.

    Salam

    Ayu
    SBI Madania.

  8. Terima kasih Ibu Ayu, aduh dah lama gak main ke Madania. Bagaimana murid-murid agama Hindu nya. Buku yang dulu dipinjamkan cukup menginspirasi Bu, Terima kasih

  9. boleh nanya gak???
    “dasar-dasar hukum kedudukan warga negara dalam kehidupan dan sosialisasi berdasarkan suku” apa???
    Tolong cepat di jawab,iia……
    soalnya ini tugas pkn untuk hari senin.

    a million thanks before………….!!!

  10. Halo sari, apa ya? tapi kalau mau lihat perundang-undangan silahkan buka UUD 1945 BAB X pasal 26 dan 27 atau silahkan cari di UU No. 12 tahun 2006. Sari sedang belajar dimana? Salam kenal ya

  11. ehm………………

    baca tulisan bapak guru lumayan wat motivasi tuk ngajar lebih baek lg………….

    cayo……………..

  12. oya pak guru leh donk share wat mata pelajarn Kn, coz saya guru Kn ds’buah SMA yg jauh dipedalamn kalimantan selatan yang jauh dari hiruk pikuk ramenya kota n’ canggihnya IPTEK, gmn yah mmberikan pembelajarn yg bs mmberikan nilai lebih pada mereka agar gx terkesan teori aj, tp bs diaplikasikan dalam kehidupan sehari2………………
    kadang biz ngajar duuuuuuuuuuuuuuuh rasanya gregetan bgt coz sarana n’ prasarananya minim bgt.

    thx ya pa’

  13. wah ide menarik, di kalsel pasti punya banyak resource lokal yang bisa diperdayakan. Silahkan jika ada hal2 yang ingin ditanyakan. Semoga kita bisa bertukar informasi.
    Salam

  14. Salam Kenal Pak Guru…
    Wah senang banget nih pas lihat situs anda, kaya menemukan oase di tengah padang pasir, coz saya guru PKn dan lumayan membosankan banget bagi anak-anak untuk menyimak pelajaran PKn.
    Tolong dong kasih masukan biar anak-anak happy dalam belajar PKn di sekolah.
    Thank’s banget ya.. Mudah-mudahan ini menjadi sumber inspirasi bagi saya guru PKn. Boleh juga tuh kalo ada pertemuan guru PKn se-Indonesia biar bisa berbagi pengalaman.

  15. Salam kenal juga Ibu Mariyamah, sebetulnya kita akan melakukan pembelajaran yang menyenangkan jika kita mau meneliti kurikulum dan membaca SK/KD dan mau merancang sendiri indikator sesuai dengan situasi dan kondisi siswa. Saya lebih membiarkan siswa menemukan hal baru di luar buku paket dibandingkan dengan mereka hanya terkungkung di buku paket. Nah… kalau sudah begitu anak2 menjadi tidak bosan karena tidak buku paket oriented :). Setuju kan? Itu langkah awalnya.

  16. salam kenal pak Sopyan.. saya ilham, kira2 apa yang musti diprepare untuk jadi seperti bapak? dan how can i goes to America to continuing my studies. i’m graduated from Darul Muttaqien. Bogor.. maksih pak.

  17. Assalaamualaikum Mas Ilham,

    Ada banyak hal yang harus kita siapkan untuk bisa maju,

    * berdoa
    * komitmen
    * berusaha
    * bekerja keras, dll

    Sehingga program apapun atau cita-cita apapun mampu kita capai. Mungkin tidak hari ini, tidak bulan ini, tidak tahun ini, bahkan mungkin tidak kita dapatkan dalam hidup ini. Tapi Allah akan selalu mencatat setiap niat dan usaha kita.

    Mas Ilham sudah bekerja dimana?

  18. saya mahasiswa jurusan pkn neh….. saya binguuuuuuuung baged. kenapa ya dosen pkn tu nyebelin semua!!! masa tugas yang kita buat dengan susah payah dibuang ke tenpat sampah. kurang ajar banged kan…..

  19. Mas Obet,

    PKn di Universitas apa? Hal tersebut menurut saya jangan dijadikan masalah. Biar tugas-tugas kita tidak dibuang begitu saja. Simpan file selama kuliah di blog. Jadi walau oleh dosen dibuang. Oleh kita tetap bisa diabadikan.

    Jangan pernah menggantungkan kebutuhan dan kehormatan kita kepada orang lain. Bangunlah citra diri menjadi lebih baik oleh diri kita, setelah itu biarkan orang lain yang menilai kita.

    Bagaimana?

  20. Saluuut buat akang Sopyan….. tp yang kls XI dan XII nya manaaa….?

  21. ada… belum sempet upload aja Pak, kalau Bapak punya… kirim saja nanti saya upload hehehehe

  22. wah asyik nih dapat banyak pengunjung jadi bermanfaata banget yah tulisannya. om kok gak nulis untuk SMP sih, kan sekarang dah ngaja PKN lagi di Schoolnya. oh ya om sumbang saran nih, kegiatannya setiap KDnya banyak banget apa gak kerepotan ngatur waktunya tuh. emang disetting untuk berapa kali pertemuanmasing-masing KD nya Om. oh ya untuk KD terakhir tentang peran serta dalam sistem politik, saya juga pernah melakukan tuh, asyik juga anak-anak reatif buat parpolnya. dan lebih asyik lagi kalau kita setting debat antar partai politik yang mereka buat. biar mereka sekaligus merasakan kalau terjun k ke dunia politik menjadi seorang juru kampanye. ditunggu yah untuk tingkat SMp nya buat bahan sharing gitu loh

  23. Hehehehe… biasa, kadang-kadang kita buat kalau ada order. Untuk disekolah, santai saja nih… Habisnya, dulu pernah buat dengan konteks yang berbeda gak ada yang mau. katanya susah ngajarnya kalau gak ada di buku. Gimana dong…?

  24. minta advise pembuatan modul yang yahut dan aplikatif dan memuat nialai-nilai kepemimpinan Islam

  25. Wah Ibu Muni yang baik hati, sepertinya proyek ini cukup menggiurkan untuk menjadikan generasi muda kita menjadi pemimpin yang idealis dan realis. Saya jadi tertarik… bagaimana atuh kalau kita kolaborasi. Sepertinya pasti akan lebih baik…

  26. di sekolah saya, pkn kalah minat sama mafikibi, tahu senduirikan? IC kan ipa mainded.
    kapan mau ke Alkausar lagi? kemarin pas diobservasi ngajar, sy sma sekali gak pake media apapun loh

  27. ass,,,
    ku seorang pelajar SMA N 2 pematang siantar,,,
    aku tuh sebel ngelihat guru pkn,,
    ku bukan sebel lht pelj nya,,,
    guru kami itu krja nya nanya melulu,,
    ketika baru mazuk klz,,
    dia lgzung nanya topik pelaj nya,,,
    kan kmi lom tau,,,
    itu yg bikin ku sebel,,,

    tp klo dia nyuruh buat pr ku senang bgt,,
    apalagi pr nya disuruh buat makalah…
    klo disuruh buat makalah,,diantara temen2 ku pazti aku yg di suruh mempersentase kan,,,

  28. Aduh, sedih juga Bapak dengarnya…
    Lalu, kenapa Ricky tidak bilang kalau hal ini tidak menyenangkan? Kan bisa dikomunikasikan…
    Ayo… kamu pasti bisa menyelesaikan masalah itu.
    BTW… keren juga kalau kamu sudah jago presentasi. Keep going.

    Salam,

  29. Aku puny guru pkn super ga berguna.
    Soalny yg dy kerjain cuma baja apa yg tertulis d buku cetak.
    Tanpa dijelaskan, tanpa ditambahkan info lainny, cuma plek dibaca doang.
    Sebel bgt. Mkany klo pljaran pkn biasany sy mlah tdur aj skalian, toh kalo cuma baca, saya jg bisa sndri. >.<

  30. beruntung aku bs kenal sesama guru pkn,artx qt bs brtukar pkiran

  31. ass. lam kenal pak..sya ngajar pkn di tingkat MA di Banjar. saya ingin punya banyak temen sharing tentang pembelajaran PKn, termasuk bapak. apalagi di banjar masih minim guru yang kualifikasi akademiknya dari Pkn, termasuk saya salah satunya. mungkin kita bisa share banyak hal kedepannya..

  32. makalah pkn tentang ketidak adilan penerapan hukum di indonesi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: